RPP 1 Lembar SMP Semester 1 dan 2 K13 Revisi Terbaru
RPP

RPP 1 Lembar SMP Semester 1 dan 2 K13 Revisi Terbaru

Guru sebagai perencana memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menyusun rancangan kegiatan mengajar RPP 1 Lembar SMP Semester 1 dan 2 untuk kelas 7, 8, dan 9 sesuai kurikulum 2013 revisi yang sekolah pakai.

RPP K13 SMP adalah persiapan yang guru rancang untuk menciptakan kegiatan pembelajaran Kurikulum 2013 kondusif sehingga siswa merasa tertarik dan nyaman menempuh pendidikan.

Tanpa adanya perencanaan pembelajaran, kegiatan mengajar tidak akan berjalan dengan lancar.

Oleh karena RPP merupakan bagian penting dari pelaksanaan pendidikan sekolah. Maka perencanaan itu memegang peran penting dalam setiap kegiatan dan itu sudah termasuk kedalam kurikulum.

Dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar, perencanaan pembelajaran mengacu pada proses penyusunan berbagai keputusan yang terbaik bagi siswa, keputusan tersebut akan sobat susun dalam RPP 1 Lembar SMP Kurikulum 2013 Revisi.

Sehingga siswa dapat mencapai kemampuan belajar dan menerapkannya. Dalam proses kegiatan pembelajaran tersebut bertujuan untuk mencapai setiap Kompetensi Dasar (KD) yang telah guru pilah sebelumnya.

Kegiatan merancang Perangkat Pembelajaran Semester 1 dan 2 adalah langkah awal yang harus guru wajib lakukan untuk mengembangkan kegiatan proses belajar mengajar (PBL).

Oleh karena itu, sobat sebagai tenaga pengajar harus memiliki keterampilan dan kemampuan perencana mengajar yang baik.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mempunyai arti sebagai sebuah tindakan untuk meningkatkan mutu pendidikan yang bersumber dari Silabus Kemdikbud.

Guru SMP memiliki tanggung jawab untuk merancang dan menyusunnya sesuai dengan mata pelajaran yang mereka ajarkan.

Semoga Contoh RPP 1 Lembar SMP Kelas 7, 8, 9 yang gurusekali.com share dapat membantu Bapak dan Ibu. Sehingga tidak mengalami kesulitan dalam membuat perangkat administrasi guru untuk semester 1 dan 2. 

Namun sebelum mendownloadnya pada akhir artikel, mari sobat mengetahui beberapa info berikut:

Review RPP Kurikulum 2013

Salah satu Adminitrasi Kelas yang penting bagi guru miliki adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Setiap pengajar profesional harus mampu merancang atau merencanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sebelum proses tersebut terjadi.

Tentunya dengan perencanaan yang baik, pembelajaran akan berjalan secara sistematis dan terprogram.

Sebab pada hakekatnya dalam merancang RPP adalah sebuah tindakan guru untuk memaksimalkan siswa mendapatkan pengalaman belajar.

Alasan mengapa rencana ini penting adalah bahwa mereka dapat membantu tenaga pendidik untuk memikirkan tindakan yang tepat saat mengajar, sehingga dapat memprediksi kesulitan belajar dan mampu menemukan solusi yang paling tepat.

KBM merupakan Kegiatan Belajar Mengajar yang terdiri dari proses aktif bagi siswa dan guru untuk mengembangkan potensi siswa. Hasilnya, mereka dapat “mengetahui” pengetahuan dan akhirnya “mampu” melakukan sesuatu.

Adapun dasar dari KBM harus juga tertuang kedalam RPP SMP yaitu mengolah seluruh potensi yang siswa miliki.

Agar dapat meningkatkan pemahamannya terhadap fakta/konsep/prinsip terhadap materi pelajaran. Sehingga siswa dapat mengasah kemampuan berpikir logis dan kemampuan berpikir kritisnya, serta kreatifitas.

Supaya dapat menumbuhkan kreativitas siswa, sobat perlu merancang kegiatan mengajar yang berpusat pada mereka.

Sobat perlu menciptakan kondisi yang menarik dan menantang, menumbuhkan berbagai kemampuan yang berharga, memberikan pengalaman belajar yang beragam.

Format RPP 1 Lembar

Paling sedikit Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mempunyai beberapa komponen. Beberapa diantarnya antara lain:

  • Identitas sekolah
  • Kelas/Semester
  • Kompetensi Inti
  • Kompetensi Dasar
  • Alokasi waktu
  • Indikator pencapaian siswa
  • Materi/Topik pelajaran.
  • Selain itu ada juga: Kegiatan belajar mengajar, penilaian, media/bahan/alat, dan sumber belajar sekolah.

RPP 1 Lembar SMP adalah versi perangkat pembelajaran sesuai dengan Buku Kurikulum 2013. Khususnya buku-buku yang sering sobat gunakan selama proses belajar mengajar berlangsung.

Namun akibat munculnya Permendikbud Nomor 14 Tahun 2019 mengenai penyederhanaan bentuk RPP. Dalam penyusunannya menjadi lebih singkat. Karena hanya perlu memuat 3 komponen penting, seperti: Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Mengajar, dan Evaluasi penilaian.

Sobat dapat mengembangkan perangkat pembelajaran tersebut baik secara mandiri atau juga berkelompok. Bisa melalui kegiatan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) atau KKG (Kelompok Kerja Guru).

Setiap satuan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/ Madrasah (MTs) harus memfasilitasi kegiatan itu agar terjadi peningkatan kualitas kita dengan melakukan supervisi.

Selain itu, sobat juga harus mampu menggabungkan berbagai prinsip kegiatan belajar mengajar diatas dengan metode dan teknik dalam suatu rencana yang disebut RPP 1 Lembar SMP.

Agar memungkinkan semua siswa dapat menggunakan inderanya sesuai dengan karakteristik sendiri, sehingga mencapai efek yang sebesar-besarnya.

Download RPP 1 Lembar SMP Semester 1 dan 2

RPP bukanlah hanya sekedar sebagai pajangan belaka, namun menjadi sebuah bukti tertulis tentang apa-apa saja yang guru dan siswa laksanakan untuk meraih sebuah tujuan pembelajaran.

Bukti dokumen ini yang akan menjadi bahan referensi guru meningkatkan keprofesionalan dengan cara mengajar. Memungkinkan kita untuk mengetahui kekurangan saat mengajar, sehingga dapat memperbaiki kesalahan tersebut.

Merancang Administrasi RPP Kelas 7, 8, 9 biasanya sobat buat sebelum mulainya tahun ajaran baru pada semester 1 (ganjil) atau semester 2 (genap).

Akan tetapi seiring berjalannya waktu, salah satu perangkat administrasi tersebut perlu sobat mengupgradenya. Supaya lebih memacu peningkatan kompetensi pedagogik sobat menjadi lebih berkembang.

Ayo segera lengkapi setiap perangkat pembelajaran sobat, salah satunya adalah RPP Kurikulum 2013 Revisi Terbaru. Untuk mendownloadnya telusuri lebih jauh melalui link dibawah ini:

Melalui perencanaan yang baik, guru akan belajar lebih mudah, dan siswa akan mendapatkan lebih banyak bantuan dan belajar lebih mudah.

Untuk merumuskan RPP 1 Lembar SMP Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 harus sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa, sarana prasarana sekolah, dan mata pelajaran.

Akhir Kata

Perencanaan yang matang dapat mendorong guru SMP untuk lebih mempersiapkan diri dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, setiap kali di kelas, sobat harus membuat rencana.

Dengan perencanaan yang baik itulah maka pelaksanaan proses tatap muka dapat berjalan dengan tertib, tepat sasaran dan sistematis.

Jadi faktor terpenting bagi siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran adalah karena guru telah merumuskan setiap komponen RPP 1 Lembar SMP Semester 1 dan 2 dengan baik dan jelas.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *