RPP

RPP 1 Lembar Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi

Ayoo buruan download perangkat pembelajaran RPP 1 Lembar Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru. Sesuai dengan Permendikbud Nomor 14 Tahun 2019 yang Mendikbud Nadiem Makarim sahkan.

Apa itu RPP? Merupakan bagian dari perencanaan guru untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Sehingga dapat mencapai kompetensi lulusan siswa sesuai target.

RPP Kelas 9 adalah rencana tertulis yang tenaga pendidik buat sebelum kegiatan pembelajaran. Selain itu, juga berisi gambaran tentang hasil yang akan siswa raih. Jika kegiatan pembelajaran telah berakhir, maka RPP tersebut juga ikut selesai.

RPP Kurikulum 2013 tersebut guru susun berdasarkan pedoman pada silabus yang telah Kemdikbud tetapkan sebelumnya. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) meliputi standar kompetensi, kemampuan dasar, mata pelajaran/materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kemampuan, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar.

Sebenarnya bukanlah perkara yang sulit untuk membuat RPP Kelas 9 yang dapat dipakai saat mendidik siswa di semester 1 dan 2. Namun membutuhkan waktu yang lumayan banyak. Sebab guru perlu memperhatikan beberapa komponen penting dalam proses pengerjaannya.

Bagaimanasih cara merancang RPP Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum Revisi?

Perlu sobat guru ketahui, bahwa untuk membuat RPP 1 Lembar memerlukan bantuan dari perangkat pembelajaran lainnya. Mula-mula guru akan memperhatikan “Apa kompetensi dasar (KD) yang mau siswa capai?”.

Kemudian, mengubah KD tiap bidang studi menjadi bentuk tujuan pembelajaran dan indikator. Sehingga bisa memetakan hasil belajar siswa dan alat ukur yang guru pakai dalam mengevaluasi dan menilai mereka.

Langkah selanjutnya yang terpenting adalah menentukan Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, Model, Desain Pembelajaran yang paling cocok dan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Maka guru dapat menyusun kegiatan mengajar yang terbaik untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Beberapa langkah-langkah tersebut merupakan bagian dari cara guru mempersiapkan diri mengajar siswa SMP. Ayo simak informasi berikut untuk menambah wawasan mengenai salah satu perangkat administrasi kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru.

Review RPP Kurikulum 2013 SMP

Menjadi tugas dasar guru dalam menyusun RPP Kelas IX SMP Semester 1 dan 2. Namun, apa jadinya jika untuk membuatnya, malah menjadi beban. Coba bayangkan jika salah satu perangkat pembelajaran ini membutuhkan 10 sampai dengan 15 lembar untuk setiap pertemuan tatap muka.

Penyebabnya tidak lain adalah karena penyusunannya harus menyertakan semua komponen RPP secara lengkap. Terdapat 13 komponen utama RPP sesuai Permendikbud No 22 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah.

Namun semuanya berubah sejak Nadiem Makarim menanda-tangani Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Sehingga memberikan keringanan bagi guru dalam menciptakan RPP yang hanya membutuhkan 1 halaman saja.

Format RPP Kelas 9 SMP
Terdapat 3 hal penting yang diperlukan untuk membuat RPP. Yaitu tujuan, kegiatan, dan penilaian

Jika sobat perhatikan pada contoh gambar tersebut. Merupakan bentuk dari RPP Inspiratif yang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan centuskan untuk menjadi paduan bagi para guru. Agar dapat mengekspresikan berbagai pemahaman dan pedagogik skil menyusun rancangan kegiatan mengajar yang tepat sasaran.

Format RPP 1 Lembar Kelas 9

Adapun tetap sasaran yang dimaksud adalah kegiatan belajar siswa sesuai kebutuhan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Jika dilihat dari contoh format RPP 1 Lembar Kelas 9 Kurikulum 2013 tersebut lebih efektif dan mudah memahaminya. Karena hanya mencantumkan 3 komponen penting dalam perancangannya.

Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang ingin dicapai siswa sesuai KD. Oleh karena itu, perumusan tujuan pembelajaran harus mengacu pada KI, KD dan indikator.

Selain daripada itu, juga perlu menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur. Sehingga struktur tujuan pembelajaran dapat mencakup semua KD atau diadakan pada setiap pertemuan.

Kegiatan pembelajaran yang termasuk dalam silabus dijelaskan dalam langkah-langkah yang lebih rinci dan dapat ditindaklanjuti. Kegiatan pembelajaran meliputi langkah persiapan, kegiatan inti dan kegiatan akhir.

  • Pendahuluan: Mendeskripsikan upaya memotivasi siswa. Sehingga dapat memusatkan perhatian siswa dan mereka dapat berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
  • Kegiatan inti adalah proses belajar untuk memperoleh keterampilan dasar. Maka dalam kegiatan ini, guru perlu menjelaskan realisasi metode pembelajaran secara rinci.
  • Penutup merupakan kegiatan yang mengakhiri proses tatap muka. Pelaksanaannya seperti merefleksikan kegiatan, umpan balik dan tindak lanjut. Setiap langkah kegiatan pembelajaran harus sesuai dengan alokasi waktu. Maka dari itu, dalam menyusun RPP, guruharus mampu memprediksi alokasi waktu yang dibutuhkan.

Guru melakukan Evaluasi dengan mengacu pada indikator-indikator yang telah ada sebelumnya, meliputi prosedur dan alat evaluasi serta hasil belajar dalam proses evaluasi.

Jadi, yang perlu sobat perhatikan adalah proses penilaian terhadap spritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Memerlukan lampiran yang terperinci mengenai apa saja yang menjadi indikator penting untuk memberikan nilai dan skor siswa.

Download RPP Kelas 9 Semester 1 dan 2

Setiap file perangkat pembelajaran yang gurusekali.com bagikan untuk sobat guru. Tersimpan dalam format .doc (dokumen). Artinya untuk membukanya perlu memakai software Microsoft Office Word atau sejenisnya.

Silahkan download RPP 1 Lembar Kelas 9 SMP dengan mengklik link pada tiap semester 2 atau semester 1 dari beberapa mata pelajaran berikut ini:

RPP Bahasa Indonesia Kelas IX
RPP Bahasa Inggris Kelas IX
Format RPP IPA Kelas IX
Format RPP IPS Kelas IX
RPP Matematika Kelas IX
RPP PAI Kelas IX
Format RPP PJOK Kelas IX
RPP PKn Kelas IX
Format RPP Prakarya Kelas IX
Format RPP Seni Budaya Kelas IX

Agar menghasilkan RPP 1 Lembar Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru yang sesuai kebutuhan sekolah dan anak didik. Gurusekali.com anjurkan untuk melakukan pengeditan sebelumnya. Terutama pada bagian kegiatan mengajar dan nama dan NIM kepala sekolah serta guru.

Akhir Kata

RPP 1 Lembar Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari tugas dan tanggung jawab seorang guru SMP. Setelah sobat mengunduhnya, jangan ketinggalan untuk menyusun perangkat pembelajaran yang lain.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *