Ketahui Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran Saat Mengajar
pedagogik

Ketahui Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran Saat Mengajar

Fungsi dan manfaat media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat merangsang rasa ingin tahu dan minat baru, membangkitkan motivasi dan keinginan lebih giat untuk belajar, serta memberikan dampak positif terhadap psikologis siswa.

Jadi, fungsi dan manfaat media pembelajaran akan sangat membantu guru dalam memotivasi siswa. Sehingga bisa mentransfer pesan dari isi mata pelajaran kepada siswa menjadi lebih mudah dimengerti.

Selain dari pada itu, fungsi dan manfaat media pembelajaran juga bisa menolong siswa, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahamannya terhadap pengajaran guru. Jadi proses belajar menjadi lebih menyenangkan.

Fungsi Media Pembelajaran

Jika kita melihat dari prosesnya, fungsi media pembelajaran adalah sebagai pembawa informasi dari sumber yang guru berikan kepada penerima yaitu siswa.

Sebelum mengunakan media, ada baiknya guru harus mempersiapkan pengajaran dengan baik dan benar. Karena, melalui pendekatan dengan media mengajar akan menjadi sebuah proses yang bisa membantu siswa menerima dan mengakses informasi untuk mencapai tujuan belajarnya.

Berikut adalah beberapa pendapat dari para ahli mengenai berbagai fungsi dari media pembelajaran. Ayo simak lebih lanjut penjelasannya.

Fungsi Media Mengajar Menurut S. Gerlach & P. Ely

Jika sobat melihat dari perspektif proses kegiatan interaktif antara siswa dan lingkungan. Berdasarkan keunggulan media dan hambatan komunikasi yang mungkin terjadi saat proses pembelajaran, fungsi media pembelajaran terbagi menjadi tiga. Yaitu:

1. Media Bersifat Fiksatif

Media memiliki kemampuan untuk menangkap, menyimpan, kemudian menampilkan kembali objek atau peristiwa. Dengan kemampuan ini, objek dan peristiwa dapat digambar, difoto, direkam. Sehingga hasilnya kemudian dapat tersimpan, ditampilkan dan diamati kembali bila diperlukan.

2. Media Pembelajaran Bersifat Manipulasi

Fungsi media pembelajaran ini dapat mengacu pada berbagai manipulasi perubahan pada suatu objek atau peristiwa sesuai kebutuhan.

Seperti perubahan: ukuran, objek besar dapat diperkecil, objek kecil dapat diperbesar, kecepatan, warna, dan pengulangan. Jadi dapat mengatur dan memperlihatkannya dimuka kelas.

3. Media Bersifat Distributif

Artinya media dapat digunakan untuk menjangkau sasaran yang lebih luas atau media dapat menjangkau khalayak yang besar dalam satu rangkap pada waktu yang bersamaan. Adapun contohnya: koran, televisi, dan radio.

Fungsi Media Pembelajaran Menurut Derek Rowntree

Menjelaskan fungsi media pembelajaran sebagai berikut:

  1. Merangsang semangat siswa untuk menerima informasi.
  2. Membangkitkan tanggapan siswa terhadap rangsangan yang terdapat dalam media. Memudahkan siswa untuk mengulang informasi yang terdapat dalam media.
  3. Mampu memberikan masukan (feedback).
  4. Mampu memotivasi siswa untuk berlatih.

Fungsi Media Visual Menurut Levie & Lentsz (1982)

Selain itu, Levie & Lentsz (1982) menjelaskan fungsi lain dari media pembelajaran. Yaitu:

1. Fungsi Atensi Media Visual

Fungsi ini sangat sentral untuk menarik dan mengarahkan perhatian siswa pada isi mata pelajaran. Sehingga dapat mengaitkan topik materi dengan makna visual dari teks mata pelajaran yang akan guru ajarkan.

Seringkali pada awal proses pembelajaran, siswa tidak tertarik dengan topik atau mata pelajaran, karena mereka tidak menyukainya. Jadi tidak memperhatikan apa yang guru saat mengajar. Baca Juga: Cara Memanfaatkan TIK Untuk Merencanakan Pembelajaran.

Untuk itu, fungsi media pembelajaran visual dapat menenangkan mereka dan mengarahkan perhatian mereka pada pelajaran. Sehingga, ada kemungkinan lebih besar untuk memperoleh dan mengingat isi materi pembelajaran.

2. Fungsi Afektif Media Visual

Dapat terlihat dari sejauh mana siswa senang belajar dengan membaca dan melihat teks bergambar.

Gambar atau simbol visual dapat membangkitkan emosi dan sikap pada diri siswa. Misalnya, informasi tentang masalah sosial atau ras.

3. Fungsi Kognitif Media Visual

Media ini memiliki kegunaan untuk membantu siswa mengetahui, mengingat, memahami informasi yang terdapat dalam simbol dan gambar visual. Sehingga tujuan pembelajaran dapat siswa capai dengan lebih mudah.

4. Fungsi Kompensatoris Media Visual

Dapat melihatnya dari temuan, media visual memberikan konteks untuk memahami teks dan membantu siswa dengan keterampilan membaca yang lemah mengorganisir dan mengingat informasi dalam teks.

Oleh karena itu, fungsi media pembelajaran adalah untuk melayani siswa yang lemah dan lamban dalam menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan secara tekstual atau lisan. Untuk memaksimalkan fungsi dari berbagai media, guru juga harus memiliki keterampilan abad 21.

Manfaat Media Pembelajaran

Secara umum, manfaat media dalam pembelajaran adalah untuk memfasilitasi interaksi antara guru dan siswa dengan tujuan membantu siswa belajar dengan cara yang terbaik. Baca Juga: Apa itu pembelajaran 5m?

Manfaat Menurut Kemp dan Dayton (1985)

Namun secara khusus, gurusekali.com mengutip manfaat media pembelajaran menurut Kemp dan Dayton (1985) yaitu:

1. Penyampaian materi pembelajaran dapat menyatu.

Guru dapat memaknai sesuatu secara berbeda. Melalui media, interpretasi yang berbeda ini dapat menyederhakan dan mengkomunikasikannya secara seragam kepada siswa.

2. Proses belajar mengajar menjadi lebih menarik.

Manfaat media pembelajaran dapat menyampaikan informasi baik yang dapat didengar (audio) maupun yang terlihat (visual). Jadi penyampaiannya menjadi lebih jelas dan lengkap.

3. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif.

Tentunya, jika sebuah media terancang dan terlihat dengan baik. Maka media pembelajaran dapat membantu guru dan siswa menjalin komunikasi dua arah yang positif. Tanpa media, guru mungkin cenderung berbicara dengan siswa “satu arah” saja.

4. Dapat mempersingkat durasi waktu belajar mengajar.

Guru biasanya terlalu banyak mengalokasikan waktu yang terbuang sia-sia dalam mengajarkan materi pelajaran. Namun, jika memanfaatkan media pembelajaran dengan benar, pengolahan waktu mengajar menjadi lebih efektif.

5. Dapat meningkatkan kualitas belajar siswa.

Manfaat media pembelajaran tidak hanya membuat proses belajar mengajar menjadi lebih efisien. Tetapi juga membantu siswa menyerap bahan ajar lebih jelas dan lengkap.

6. Proses belajar bisa terjadi kapan saja, di mana saja.

Perancangan media pembelajaran perlu memperhatikan kondisi dan kebutuhan siswa. Sehingga mereka dapat belajar kapan saja, di mana saja tanpa bergantung pada kehadiran guru.

7. Meningkatkan sikap positif siswa terhadap proses pembelajaran.

Dengan bantuan media, proses pembelajaran menjadi lebih menarik. Jadi siswa lebih apresiasi untuk giat mempelajari ilmu pengetahuan yang guru ajarkan. Selain itu, mereka juga menjadi cinta terhadap mata pelajaran tersebut.

8. Kinerja guru menjadi lebih berkembang dan produktif.

Sobat tidak perlu bersusah payah untuk mengulangi penjelasan materi pelajaran secara berulang-ulang. Karena dengan adanya media pembelajaran tugas guru menjadi lebih ringan.

Sehingga bisa memfokuskan diri untuk tanggung jawab lainnya. Seperti: remedial, bimbingan khusus siswa yang lebih pandai, motivasi, dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Media berfungsi untuk tujuan pengajaran. Jadi informasi yang terkandung dalam media harus melibatkan siswa dalam pemikiran dan dalam bentuk kegiatan aktual. Supaya pembelajaran dapat berlangsung ke arah lebih baik dan benar.

Sedangkan manfaat penggunaan media pembelajaran dapat sobat ketahui, yaitu untuk memperjelas informasi dan penyajian informasi, meningkatkan dan mengarahkan perhatian, mengatasi kendala seperti ruang dan waktu. Sehingga bisa memberi siswa kesempatan untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *