Pemetaan KD

Pemetaan KD Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi

Pemetaan KD Kelas 6 Semester 2 memegang peranan penting untuk menjamin kegiatan proses belajar mengajar (PBM) Kurikulum 2013 (K13) Revisi. Selain itu juga wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya siswa.

Pemetaan KD Kurikulum 2013 SD Kelas 6 Semester 2 adalah usaha untuk mewujudkan suasana dan proses pembelajaran siswa. Adapun tujuannya adalah untuk dapat mengembangkan potensi penuh dari siswa.

Persaingan dunia global menuntut pemerintah melahirkan generasi muda yang dapat bersaing dengan dunia luar. Pemerintah berupaya membuat sebuah sistem pendidikan yang mampu memberikan efektifitas dalam mempersiapkan siswa bermutu tinggi.

Lahirlah Standar pendidikan kurikulum 2013 yang mengasah kompetensi inti (KI) siswa dalam aspek spiritual, sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Dengan munculnya kurikulum baru memberikan perubahan dalam penyusunan perangkat pembelajaran. Seperti halnya dalam merancang Pemetaan KD Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi.

Kurikulum 2013 Revisi memiliki posisi sentral dan strategis dalam seluruh proses perancangan kompetensi dasar kelas 6. Kurikulum mengarahkan semua bentuk kegiatan pendidikan untuk pencapaian tujuan pendidikan.

rpp_inspiratif_sd_diskon

Dengan kata lain, Pemetaan KD K13 Kelas 6 Semester 2 sebagai masukan berperan untuk mencapai tujuan pendidikan adalah pembangunan manusia sesuai dengan falsafah pendidikan nasional berdasarkan penerapan Kurikulum 2013 Revisi.

Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Tematik

Pemetaan KI KD Kurikulum 2013 SD merupakan salah satu alat untuk mencapai tujuan pendidikan nasional harus mampu mengantarkan siswa menjadi manusia yang beriman dan takut Tuhan Yang Maha Esa.

Berakhlak mulia, sehat, berilmu, terampil, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab ( UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional).

Pemetaan KD Kelas 6 Semester 2 K13 Revisi adalah bagian dari strategi untuk meningkatkan pencapaian pendidikan. Pengembangan Kurikulum 2013 mampu memberikan jawaban atas beberapa masalah yang melekat dalam kurikulum 2006.

Juga bertujuan untuk mendorong siswa dapat lebih baik melakukan observasi, pertanyaan, penalaran, dan komunikasi (sekarang), apa yang mereka peroleh setelah menerima materi pembelajaran.

Karena pada dasarnya, orientasi Pemetaan KI-KD Kelas 6 Kurikulum tahun 2013 merupakan peningkatan keseimbangan antara kompetensi dan sikap (attitude), keterampilan (skill) dan pengetahuan (knowledge). Kurikulum 2013 di tingkat sekolah dasar menggunakan terintegrasi pembelajaran tematik.

Pembelajaran Tematik Kelas 6

Tematik adalah memadukan berbagai jenis mata pelajaran yang saling berkaitan dengan tema tertentu. Pendekatan tematik ini merupakan satu usaha untuk mengintegrasikan pengetahuan, kemahiran dan nilai pembelajaran serta pemikiran yang kreatif dengan menggunakan tema.

Dengan kata lain pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang menggunakan tema dalam mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi siswa.

Dikatakan bermakna karena dalam pembelajaran tematik, peserta didik akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang telah dipahaminya.

Pendekatan ini berangkat dari teori pembelajaran yang menolak proses latihan/hafalan (drill) sebagai dasar pembentukan pengetahuan dan struktur intelektual anak. (Sumber: radarkudus.jawapos.com)

Adapun tahapan pembelajaran tematik sekolah dasar yang guru lakukan adalah:

  • Menetapkan dan menggabungkan bidang studi dalam tema tertentu
  • Memetakan kompetensi dasar dalam setiap mata pelajaran
  • Menentukan hasil dan indikator dalam setiap mata pelajaran
  • Menetapkan tema dan hubungan kompetensi dasar
  • Menyiapkan silabus untuk pembelajaran tematik
  • Mengembangkan RPP Tematik

Hal pertama yang harus guru perhatikan dalam melaksanakan pembelajaran tematik adalah pandangan jauh ke depan. Terutama dalam mengidentifikasi dan membangun KD Kelas 6 dan indikator setiap kombinasi pelajaran.

Download KD Kelas 6 Semester 2 Kurikulum 2013

Bukan menjadi tugas yang mudah bagi guru untuk membuat penyebaran dari kompetensi dasar yang ada pada buku tematik. Guru harus memahami isi dari masing-masing kompetensi dasar dan kombinasi dari setiap indikator.

Bagi kamu yang ingin melengkapi Pemetaan Kurikulum 2013 KD Kelas 6 Semester 2 dengan cepat, silahkan klik link berikut:

Pemetaan KD Kelas 6 Semester 2Download

Selanjutnya Apa?

Bagi guru, perangkat pembelajaran mempunyai peran penting dalam membuat kegiatan belajar dimana siswa lain dapat fokus mencapai tujuan. Pemetaan kompetensi inti dan dasar adalah salah satu contohnya.

Kamu pasti sudah memiliki perangkat pada postingan kali ini. Selanjutnya jika kamu masih ingin mengunduh PROGRAM TAHUNAN, silahkan kunjungi link PROTA Kelas 6 Kurikulum 2013.

Atau kalau misalnya kamu belum memiliki kompetensi inti dan dasar pelajaran matematika. Kamu hanya mengklik link KD Matematika Kelas 6.

rpp_inspiratif_sd_diskon

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *