Pemetaan KD

Pemetaan KD Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1 2 3 4 5 6 Revisi 2021 Terbaru

Pemetaan KD Kurikulum 2013 SD Kelas 1 2 3 4 5 6 adalah pekerjaan awal pendidik mempersiapkan desain pembelajaran interaktif berdasarkan kelas masing-masing.

Penggunaannya sangat penting dalam merancang setiap KI dan KD yang ada pada Silabus K13 sesuai Revisi tahun ajaran 2017/2018, 2019/2020, atau 2021 Terbaru.

Pengertian Kompetensi Inti dan Dasar

Kompetensi adalah kemampuan dasar yang dapat dilakukan oleh para siswa pada tahap pengetahuan, ketrampilan, dan sikap.

Setiap butir kompetensi dasar merupakan sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi.

Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) tingkat satuan Sekolah Dasar (SD) ialah bagian terpenting dalam merancang perangkat pembelajaran. Pemetaan KD Kurikulum 2013 SD merupakan awal dari proses pengembangan kurikulum yang akan diterapkan didalam RPP Kurikulum 2013 satuan pendidikan sekolah dasar masing-masing.

Pemetaan KD Sebagai Acuan Kemampuan Siswa

Menganalisis dan mengidentifikasi kemampuan siswa dan situasi kondisi sekolah dasar (SD) sangat mempengaruhi Kompetensi Dasar apa yang akan sekolah gunakan.

rpp_inspiratif_sd_diskon

Pemetaan Kompetensi Dasar dijadikan sebagai acuan mendasar yang sesuai dengan pendidikan nasional dalam memulai proses pendidikan di sekolah.

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 SD/MI sendiri mengacu kepada beberapa kemampuan dari materi pembelajaran yang akan/harus siswa raih dari aspek pengetahuan dan keterampilan setiap satuan mata pelajaran yang mereka pelajari.

Jika siswa berhasil lulus dalam suatu pelajaran, maka dapat kamu artikan bahwa siswa sudah memiliki kemampuan berdasarkan target kompetensi dasar. Selanjutnya hasilnya akan berubah menjadi penilaian sesuai dengan standar KKM Kurikulum 2013 SD.

Bapak dan Ibu guru harus berhati-hati dalam menentukan Kompetensi Dasar dari setiap mata pelajaran SD yang akan siswa pelajari.

Merancang Pemetaan KI KD Kurikulum 2013 SD merupakan langkah terpenting untuk melakukan analisis dengan bijaksana sesuai aspek sarana prasarana sekolah, sumber daya siswa, dan kondisi lingkungan sekitar.

Mengidentifikasi kemudian merancang Kompetensi Dasar dapat kamu lakukan secara mandiri dengan memperhatikan kemampuan pribadi siswa. Namun, penetapannya harus sesuai dengan standar isi dari amanah pendidikan nasional.

Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)

Dalam penerapan kurikulum 2013, kompetensi Inti (KI) menjadi pengikat antar mata pelajaran. Adapun isi dari kompetensi tersebut terbagi menjadi 4 jenis, yaitu:

  1. Kompetensi Sikap (K1) : Menjalankan ajaran agama masing-masing.
  2. Spiritual (K2) : Berinteraksi dengan masyarat dengan menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli lingkungan dan lain-lain.
  3. Kompetensi Pengetahuan (K3) : Mampu memecahkan masalah dengan pengetahuan yang siswa miliki.
  4. Keterampilan (K4) : Menciptakan suatu karya dengan menggunakan setiap aspek pengetahuan.

Sedangkan Pemetaan KI KD Kurikulum 2013 (K13) SD merupakan gambaran dari Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus siswa raih dan capai dalam setiap program-program pendidikan.

Kompetensi Dasar berbagai mata pelajaran dapat kamu lihat langsung penyebarannya dari buku guru terbitan kemdikbud. Memetakannya secara manual dari setiap subtema yang ada merupakan salah satu cara yang dapat kamu lakukan.

Tapi, bagi kamu yang ingin instan. Dapat langsung mendownloadnya melalui website gurusekali.com.

Unduh Contoh Format Pemetaan KD Kurikulum 2013 SD

Berikut adalah beberapa contoh Pemetaan Kompetensi Dasar yang dapat download secara gratis oleh Bapak dan Ibu Guru:

Selain kompetensi dasar tematik, kami juga membagikan beberapa perangkat pembelajaran bidang studi lainnya. Jika tertarik, silahkan telusuri link berikut:

Selanjutnya apa?

Sekarang Anda pasti sudah memiliki format penyebaran dari kompetensi dasar kurikulum 2013 SD. Langkah selanjutnya harus kamu lakukan adalah merancang silabus pembelajaran untuk setiap tema yang ada. Silahkan mendapatkan filenya melalui artikel berjudul PROTA K13 SD Revisi Terbaru

Jika Anda punya pendapat berbeda atau pertanyaan mengenai Pemetaan KI KD Kurikulum 2013 Sekolah Dasar, silahkan cantumkan dalam kolom komentar.

rpp_inspiratif_sd_diskon

Related posts

3 Comments

  1. Ronald

    Perangkat pembelajaran administrasi kelas untuk Sekolah Dasar (SD) sangat cocok sekali Pemetaan KD-nya. Terima kasih kak. Terus berkarya dengan berbagi postingan untuk guru lainnya

    1. guru malas

      Syukur kalau RPP yang kamu download sesuai. Senang jika membantu

  2. ronald surbakti

    Terima kasih kompetensi dasar yang dibagikan

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *