Selasa, Juni 28, 2022
Home » pedagogik » 10+ Cara Mengajar yang Efektif bagi Guru

10+ Cara Mengajar yang Efektif bagi Guru

by Ipan
0 comment

Apa saja cara efektif mengajar di kelas?. Cara mengajar yang efektif, tentu bisa menerapkannya untuk kelas mana pun, tidak peduli berapa usia siswa atau topik pelajarannya.

Menurut wikipedia, Pengajaran efektif adalah proses pengajaran yang melibatkan berbagai macam teknik pengukuran yang melibatkan beberapa perilaku tertentu dari seorang guru seperti kehangatan, kejelasan dan kesopanan disaat mengajar siswa.

Ketika seorang guru menerapkan kombinasi model, metode, strategi,teknik, pendekatan pengajaran yang tepat. Tentu, siswa akan bisa belajar menjadi lebih efektif.

Dari mengkombinasikan hal tersebut, tentu dapat sobat gunakan saat mengajarkan pelajaran kepada siswa. Sehingga akan memberikan hasil positif dalam hal meningkatkan efisiensi keseluruhan kelas.

Beberapa cara efektif mengajar di kelas adalah sebagai berikut :

Perkuat Ilmu Dasar

Mengajar adalah seni. Oleh karena itu, cara mengajar yang efektif berbeda-beda setiap guru.

Secara umum, saat mengajar guru harus menetapkan tujuan pembelajaran untuk setiap kelas. Kemudian menyiapkan beberapa pertanyaan yang akan menyalakan minat siswanya.

Selanjutnya, menumbuhkan rasa ingin tahu siswa atas jawaban pertanyaan.

Namun yang paling penting dari semua itu adalah memperkuat konsep dasar siswa.

Guru tidak boleh berasumsi bahwa siswa telah mengetahui dasar-dasarnya. Sobat harus mengembangkan topik pelajaran dengan tingkat kesulitan yang berbeda.

Setelah itu, sobat juga bisa menguji dengan latihan yang mendorong diikuti siswa dengan cara yang menantang.

Berikan Contoh yang Jelas

Beberapa siswa perlu melihat lebih dari satu contoh untuk mendapatkan pemahaman yang baik.

Pastikan sobat menyertakan beberapa demonstrasi berbeda untuk setiap materi pelajaran. Karena contoh pengulangan merupakan cara efektif mengajar dengan memasukkan ide-ide baru ke dalam memori siswa.

Sobat akan melihat perbedaan besar dalam nilai tes siswa secara langsung, ketika sobat menerapkan metode ini.

Gunakan Media Pembelajaran

Mengajar dengan menggunakan media adalah cara terbaik yang efektif. Namun untuk memilih media yang tepat, sobat harus menyesuaikannya dengan topik pelajaran.

Media pembelajaran sangat bagus untuk mengembangkan keterampilan kognitif awal pada siswa, tetapi sobat harus hati-hati memilih media yang sesuai.

Sengaja Membuat Kesalahan

Cara yang bagus untuk melakukan ini adalah membuat kesalahan yang disengaja dan meminta kelas untuk memperbaikinya.

Metode mengajar ini termasuk efektif dalam menuntut anak-anak untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh.

Ini juga memberikan sobat kesempatan untuk mengevaluasi seberapa baik setiap siswa memahami topik pelajaran. (Baca Juga: Teknik Penilaian Autentik)

Buat Suasana yang Seru

Masalah besar yang mengganggu sistem pendidikan Indonesia adalah bahwa sebagian besar guru peduli dengan nilai dan bukan apakah siswa mereka belajar.

Jadi, belajar bukan hanya tentang mempelajari sesuatu.

Jika seorang siswa mempelajari sesuatu yang baru dengan cara yang menarik. Maka mereka dapat memahami konsep pelajaran dengan lebih baik, daripada hanya mengingat dan menghafal saja.

Belajar secara Berkelompok

Membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang berbeda untuk menyelesaikan tugas adalah cara mengajar yang terbukti efektif berhasil.

Apalagi kelompok yang terdiri dari beberapa siswa yang kompak, karena termasuk dalam lingkaran pertemanan mereka.

Tugas kelompok mendorong kerja tim dan membantu kelas Anda untuk berhasil.

Belajar dari Pengalaman

Cara mengajar yang efektif sering terjadi di luar kelas. Ajak siswa untuk terlibat ke dunia nyata. Sehingga bisa menawarkan perspektif baru bagi anak-anak dan dapat membantu mereka memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang apa yang terjadi.

Hindari Pengulangan

Mempraktikkan apa yang siswa ketahui adalah cara efektif mengetahui pengajaran yang sobat berikan berhasil atau tidak. Sehingga bisa memeriksa apakah siswa benar-benar memahami suatu konsep.

Tetapi mengajarkan topik pelajaran yang sama berulang kali dapat membuat belajar menjadi membosankan, itu tidak efektif sama sekali.

Jika seorang siswa terus menjawab pertanyaan dengan salah. Sobat harus mencari tahu letak kesalahan siswa dan membantu mereka memahami konsep, sehingga bisa menyelesaikannya.

Biarkan Siswa Mengajar

Cara mengajar yang efektif selanjutnya dapat dilakukan dengan membiarkan siswa memimpin kelas. Artinya: siswa mengajarkan kepada teman-temannya tentang materi pelajaran.

Sobat bisa membuat tugas yang harus diselesaikan satu per satu atau membagi siswa menjadi beberapa kelompok.

Jadi, tujuan dari strategi ini adalah untuk membuat siswa menampilkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki dan membaginya dengan teman sekelas mereka. (Baca Juga: Metode, Strategi, dan Taktik Pembelajaran)

Memberi Motivasi

Ini adalah bagian terpenting yang harus dilakukan seorang guru. Karena, seorang guru harus menginspirasi orang untuk terus mau belajar. Sehingga membuat siswa berani mencoba.

Mendorong siswa untuk terlibat.

Hargai siswa saat mereka menyelesaikan tugasnya. Usahakan untuk mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam berbagai kompetisi yang berkaitan dengan pelajaran. Selain itu, sobat bisa minta mereka untuk berpartisipasi dalam proyek.

Kenalkan kepada siswa, orang-orang yang pernah gagal.

Cara mengajar yang efektif adalah dengan memberikan motivasi.

Salah satu cara memotivasi siswa adalah dengan menceritakan kepada mereka tentang kisah-kisah tokoh terkenal yang gagal tetapi tidak berhenti berjuang.

Selain itu, sobat bisa menggunakan kutipan, video yang menginspirasi dan memotivasi mereka selalu.

Nilai bukanlah skala segalanya.

Tolong jangan menganggap nilai siswa sebagai kemampuannya. (Baca Juga: Apa Itu Penilaian Autentik)

Akhir Kata

Setiap guru memiliki gaya mengajarnya masing-masing. Oleh karena itu, ketika gaya pengajaran tradisional berkembang dengan munculnya instruksi yang berbeda, semakin banyak guru yang menyesuaikan pendekatan mereka tergantung pada kebutuhan belajar siswa mereka.

Jadi untuk membuat perubahan yang luar biasa dalam diri siswa, sobat dapat mencoba beberapa cara mengajar yang efektif dalam postingan ini.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Artikel Favorit:

Leave a Comment