4+ Teknik Penilaian Autentik
Teori Pembelajaran

4+ Teknik Penilaian Autentik

Sobat pasti lagi bingung mengenai teknik apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan penilaian autentik terhadap siswa.

Penilaian autentik sebenarnya adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan metode alternatif. Artinya sobat perlu melakukan pendekatan yang berbeda, untuk melakukan penilaian terhadap siswa..

Sehingga dapat memungkinkan sobat memahami kemampuan siswa, jadi mereka dapat menunjukkan kemampuan dalam menyelesaikan tugas, memecahkan masalah, atau memaparkan pengetahuan yang mereka miliki.

Caranya adalah dengan mensimulasikan situasi yang mungkin mereka hadapi di dunia nyata atau di luar lingkungan sekolah.

Sebagai seorang guru, sobat harus mampu merancang dan menerapkan strategi penilaian yang memenuhi standar isi materi, keragaman siswa.

Namun, pada saat yang sama juga bisa memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan apa yang mereka ketahui, termasuk bagaimana menggunakannya di dalam dan di luar sekolah.

Oleh karena itu, guru melakukan penilaian. Sehingga bisa menilai sejauh mana pengetahuan dan keterampilan mereka telah berkembang.

Penilaian adalah upaya untuk memperoleh, secara teratur, terus menerus dan menyeluruh, berbagai informasi tentang proses dan hasil pertumbuhan dan perkembangan siswa melalui program kegiatan pembelajaran.

Hal ini sangat sesuai dengan tujuan penilaian, yaitu untuk memberikan informasi yang valid/benar dan akurat, mengenai apa yang benar-benar diketahui dan dapat dilakukan siswa terhadap kualitas suatu program pendidikan.

Tidak ada strategi penilaian yang benar atau salah, yang paling penting adalah bagaimana kita memilih beberapa metode penilaian untuk mencoba dan menentukan apa yang siswa ketahui dan apa yang mereka lakukan.

Berbagai alat atau strategi pengukuran hanya berguna jika relevan dengan tujuan dan ekspektasi dampak pada topik tertentu.

Perancangan sedemikian rupa ini, untuk mendorong berbagai strategi penilaian yang akan mengukur prestasi siswa dan membahas pengetahuan dalam kegiatan pembelajaran.

Untuk itu, bagi sobat yang lagi bingung memilih cara menilai apa yang paling sesuai dengan kebutuhan. Sobat ada di tempat yang tepat, berikut adalah 4 teknik penilaian autentik:

Portofolio

Teknik penilaian portofolio adalah kumpulan dari berbagai keterampilan, ide, minat, dan keberhasilan atau prestasi siswa selama periode waktu tertentu, memberikan gambaran perkembangan siswa setiap saat.

Jadi, teknik penilaian autentik ini tidak harus dalam bentuk catatan atau tulisan. Karena siswa dengan kemampuan menulis yang terbatas juga dapat mengkomunikasikan pemahaman dan kinerjanya melalui penggunaan gambar, model fisik atau berbagai jenis alat peraga.

Teknik Penilaian Autentik dengan Observasi Sistematik

Penilaian ini sangat tepat guru terapkan untuk mengetahui perubahan aspek sikap seorang siswa. Oleh karena itu, pengamatan atau observasi bisa membantu guru untuk memberikan informasi tentang dampak kegiatan pembelajaran terhadap sikap siswa.

Dalam hal ini, semua siswa telah guru amati secara teratur dan sering. Guru akan mencatat setiap perubahan sikap khusus atau tidak. Bagi pengamat perlu untuk merenungkan dan menjelaskan apakah instruksi siswa sesuai dengan tujuan dan dampaknya.

Kunci dari kegunaan observasi adalah sistematis. Oleh karena itu, observasi berguna jika data yang tercapat dan telah terevaluasi, bisa berguna untuk meningkatkan prestasi yang merupakan hasil kinerja siswa.

Membuat Sebuah Jurnal Penilaian

Jurnal menyediakan cara bagi siswa untuk merefleksikan atau menghubungkan pemikiran mereka dengan pemikiran sebelumnya. Selanjutnya guru akan menguji refleksi ini untuk melihat seberapa baik siswa memahami pemikiran mereka.

Jurnal sangat bagus untuk mendokumentasikan perubahan persepsi siswa tentang diri mereka sendiri dan kemampuan mereka.

Teknik penilaian autentik dengan jurnal adalah proses reflektif di mana siswa merefleksikan proses pembelajaran. Kemudian menuliskan hasil dari pemikiran, minat, dan pengalamannya.

Jadi, sebuah jurnal dapat membantu siswa mengatur cara berpikir mereka dan mengungkapkannya dengan jelas dalam bentuk gambar, kata-kata, dll.

Proses penilaian dengan menggunakan jurnal membutuhkan waktu yang lama, tetapi sangat bermanfaat untuk menilai persepsi siswa terhadap pengalamannya.

Ini juga bisa menjadi alat komunikasi yang berharga/bermakna bagi guru dan siswa. Sedangkan penilaian ini terbagi menjadi 2 jenis yang berbeda. Yaitu jurnal arahan pribadi dan jurnal arahan guru.

Teknik Penilaian Autentik Kinerja

Perancangan penilaian kinerja untuk menguji siswa yang menunjukkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam berbagai situasi praktis dan konteks tertentu.

Evaluasi kinerja ini dapat menyingkatnya atau memperluasnya dalam bentuk pertanyaan terbuka atau pilihan ganda. Jadi, dalam arti yang lebih luas, penilaian kinerja dapat berupa membaca, menulis, proyek, proses, pemecahan masalah, tugas analitis, atau bentuk tugas lain yang memungkinkan siswa untuk menunjukkan kemampuan mereka untuk mencapai tujuan dan hasil tertentu.

Akhir Kata

Setelah mengetahui 4 teknik penilaian autentik tersebut, sekarang sobat dapat lebih memahami apa-apa yang diperlukan untuk menilai pencapaian seorang siswa.

Jadi sobat dapat menerapkannya sesuai kondisi dan kebutuhan masing-masing. Sebelumnya, sobat juga bisa mengetahuai pengertian penilaian autentik, melalui link tautan tersebut. Selamat mencobat.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *