1001+ Soal Olimpiade IPA SD (OSN/KSN) Pembahasan & Diktat
Soal

1001+ Soal Olimpiade IPA SD (OSN/KSN) Pembahasan & Diktat

Download soal olimpiade IPA SD untuk persiapan menempuh ujian OSN/KSN. File dengan format pdf dan doc, telah dilengkapi pembahasan, diktat, dan panduan juknis.

Olimpiade Sains Nasional atau sebutannya adalah OSN adalah perlombaan antar siswa-siswi Indonesia untuk tingkat pendidikan SD, SMP, SMA sederajat. Tetapi, untuk jenjang SD terbagi hanya pada mata pelajaran matematika dan IPA.

Kita semua telah tahu, bahwa OSN untuk SD sudah ada sejak tahun 2003. Olimpiade IPA SD ini merupakan ajang pertandingan strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

Namun akibat munculnya pademi covid 19 pada tahun 2020, menyebabkan perubahan nama Olimpiade Sains Nasional (OSN) menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN).

Sehingga, dalam usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan di bidang IPA. Maka Pusat Prestasi Nasional menyelenggarakan Kompetisi Sains Nasional (KSN).

Dengan demikian, selama proses pembelajaran IPA ke depannya menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain itu, bisa memberikan harapan agar generasi penerus bangsa memiliki kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis dan kreatif.

Tahapan Olimpiade IPA SD (OSN/KSN)

KSN IPA SD atau Kompetisi Sains Nasional mata pelajaran IPA merupakan kegiatan berkelanjutan dengan penyelenggara Puspernas. Pertandingan olimpiade dengan menyelesaikan soal IPA antar siswa SD/MI sederajat.

Terdapat 2 tahap utama proses olimpiade yaitu: tahap penyisihan dan tingkat nasional. Babak penyisihan merupakan tahap awal kegiatan kompetisi.

Sehingga seluruh siswa SD dapat bertanding untuk memperebutkan tiket menuju Seleksi Kompetisi Sains Tingkat Nasional (KSN). Soal yang akan diujikan terdiri dari soal pilihan jamak, soal isian, dan soal observasi.

Sedangkan, tingkat nasional merupakan babak final kompetisi. Jadi, siswa pada tahap itu akan mengerjakan soal-soal ujian olimpiade IPA SD untuk memperebutkan juara KSN

Kompetisi Sains Tingkat Sekolah

Pihak sekolah akan melakukan seleksi untuk mencari siswa-siswi yang bisa menjadi peserta untuk mengikuti OSN/KSN ke tingkat kabupaten atau kota. Oleh karena itu, peserta yang akan mengerjakan soal olimpiade IPA SD terdiri dari siswa-siswi kelas 4, 5, dan 6

Adapun penanggung jawab kompetisi adalah kepala sekolah dan sumber dana dapat berasal dari komite sekolah, sponsor, dan lain sebagainya. Sedangkan lokasi ujian berada pada sekolah masing-masing.

Olimpiade IPA SD Tingkat Kabupaten/Kota

Penanggung jawab panitia seleksi tingkat ini adalah Dinas Pendidikan Kota. Setiap soal ujian olimpiade IPA SD berasal dari Tim Pembina KSN/OSN.

Setiap Sekolah Dasar (SD) yang akan mengikuti pelaksanaan olimpiade IPA dapat mengirim peserta setelah berhasil lulus dalam Kompetisi Sains Tingkat Sekolah (KSS). Dengan demikian, jumlah peserta sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sedangkan hasil akhir ujian akan Dinas Pendidikan Kota masing-masing, dengan menggunakan penilaian tiap soal secara transparan.

Kompetisi Sains Tingkat Provinsi

Setiap lembaga pendidikan sekolah dasar (SD) hanya dapat mengirim siswa yang menyelesaikan soal OSN/KSN sebanyak 3 orang untuk olimpiade bidang studi IPA (Ilmu Pengetahuan Alam).

Sedangkan setiap Provinsi hanya bisa mengirim peserta olimpiade sebanyak jumlah kota atau kabupaten dikalikan dengan 3. Atau bisa mempunyai jumlah peserta minimal 10 siswa dan maksimal 75 siswa.

Selain itu, pelaksanaan Kompetisi Sains Tingkat Provinsi (KSP/OSP) akan terjadi secara serentak dan menyeluruh. Dengan demikian penanggung jawab pelaksanaan adalah Dinas Pendidikan Provinsi.

Maka tim pembina kompetisi OSN/KSN akan mempersiapkan soal-soal olimpiade IPA yang sesuai dengan ketetapan Dewan Direktorat Pembina SD. Jadi hasil akhir ujian akan dewan juri umumkan melalui proses penilaian soal secara transparan setelah proses seleksi telah berakhir.

Kompetisi Sains Tingkat Nasional (KSN)

Hasil seleksi akan menetapkan juara dan penyerahan medali Peraih Medali KSN SD melalui mekanisme sebagai berikut:

  1. Panitia juri akan menentukan pemenang berdasarkan evaluasi seluruh jawaban siswa (tes tertulis dan praktek).
  2. Untuk masing-masing bidang akan diberikan 3 piala dan sertifikat elektronik sebagai berikut: juara tes teori terbaik, observasi terbaik, dan juara terbaik kategori IPA SD.
  3. Kompetisi Sains Nasional (KSN) IPA tingkat SD memberikan 10 medali emas, 20 medali perak dan 30 medali perunggu.
  4. Semua pemenang medali akan menerima piagam penghargaan dan uang tunai.
  5. Peserta peringkat 61-100 akan menerima sertifikat kehormatan.
  6. Semua peserta akan memperoleh e-sertifikat sebagai bukti mengikuti KSN IPA SD.

Topik Soal Olimpiade OSN/KSN IPA SD

Soal-soal yang akan diujiankan pada olimpiade OSN/KSN untuk bidang studi IPA tingkat SD terdiri dari beberapa topik materi berikut ini:

  • Keterampilan dan Metode Ilmiah
  • Klasifikasi mahluk hidup berdasarkan makanan, anatomi, sistematik dan habitat
  • Manusia, Hewan, Tumbuhan dan Mikroorganisme
  • Ekologi dan Keanekaragaman hayati
  • Bioteknologi
  • Pelestarian SDA hayati
  • Pencemaran lingkungan dan penanggulangannya
  • Mekanika (Terdiri dari: Gerak Benda, Gaya, Momentum, Energi Mekanik, Tekanan, Gravitasi)
  • Sifat benda padat, cair, dan gas
  • Listrik dan Magnet
  • Gelombang dan Optik
  • Suhu dan Kalor
  • Energi dan Perubahannya
  • Bumi, Tata Surya dan Antariksa
  • Atom

Kompetensi Sains Nasional (KSN) sangat kita perlukan demi terciptanya lingkungan pembelajaran yang kompetitif. Jadi dapat lebih mempersiapkan siswa-siswi dengan baik untuk menguasai dan menciptakan teknologi masa mendatang.

Download Soal OSN/KSN IPA SD dan Pembahasan

Berikut adalah kumpulan soal-soal OSN atau KSN IPA SD mulai dari tahun 2005, 2006, 2007, 2008, 2009, 2010, 2011, 2012, 2013, 2014, 2015, 2016, 2017, 2018, 2019, 2020, 2021, 2022. Setiap file gurusekali.com telah menyimpannya dengan format pdf dan doc. Semoga bermanfaat..

Kumpulan soal-soal meliputi kompetensi inti dan kompetensi dasar pada pembelajaran kelas 4, 5, dan 6. Selain itu materi pengembangannya berdasarkan International Science Olympiade.

Bagi sobat yang sedang mencari materi soal olimpiade matematika SD, dapat mengujungi link tersebut.

Akhir Kata

Semoga dengan mendownload soal OSN/KSN IPA SD diatas, sobat semua dapat mempelajarinya dengan semaksimal mungkin. Jadi bisa memperoleh hasil yang terbaik.

Gurusekali.com juga mengharapkan dengan adanya wadah seperti KSN dapat membawa manfaat dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Sehingga bisa mengembangkan siswa yang mencintai ilmu pengetahuan dan unggul dalam kompetisi di tingkat internasional, sebagai bagian dari upaya membangun generasi emas Indonesia.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

3 Comments

  1. Avatar
    Josua

    Like ipa

  2. Avatar
    Jaki P

    Terim kasih

  3. Avatar
    Hendro Gurdianata

    izin sedot

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *