Model Pembelajaran

Simak 6+ Profil Pelajar Pancasila Abad 21

Bukan hanya skil abad 21 yang siswa peroleh di bangku sekolah. Namun ternyata juga harus memiliki pencapaian karakter. Pencapaian ini merujuk pada profil pelajar pancasila bagi seluruh siswa Indonesia loh.

Bukan hanya sampai situ loh, profil pelajar pancasila sudah menjadi bagian dari inti skil hidup abad 21. Jadi setiap siswa harus terus memupuk dan mengasah kemampuan ini agar menjadi bagian dari karakter kamu nantinya.

Dalam rangka membentuk SDM yang unggul dan memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Kemendikbud berupaya membentuk profil pelajar Pancasila.

Apa itu Profil Pelajar Pancasila?

Ayo simak beberapa karakter yang harus siswa miliki sehingga dapat menjadi pelajar pancasila sepanjang hayat.

Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.

Tentu pelajar Indonesia yang beriman dan berakhlak mulia merupakan salah satu pelajar yang percaya akan hadirnya Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga dalam bertingkah laku selalu mematuhi ajarannya dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

5 Kunci Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia yaitu:

rpp_inspiratif_sd_diskon
  1. Akhlak beragama
  2. Akhlak pribadi
  3. Berakhlak kepada manusia
  4. Akhlak kepada alam
  5. Akhlak bernegara

Beberapa akhlak ini sudah pasti sering kita praktekkan dalam kehidupan sehari-harikan?

Contohnya seperti taat beribadah, menghormati orang yang lebih tua, menghargai perbedaan, taat pada kewajiban sebagai warga negara Indonesia, dan masih banyak lagi.

Berkebhinekaan Global

Era globalisasi profil pelajar Pancasila juga harus bisa beradaptasi dengan budaya lain, tanpa melupakan budaya bangsa dan identitasnya. Dalam hal ini termasuk seperti: mengenal dan menghargai berbagai budaya, mampu berkomunikasi dan mengenal keunikan masing-masing budaya,

Mempunyai pengalaman dalam berkebhinekaan agar menghargai dan menghormati budaya lain. Sehingga pelajar Indonesia mampu mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dengan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya budaya baru yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa.

Elemen Kunci Berkebinekaan Global:

  1. Mengenal dan menghargai budaya
  2. Kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama
  3. Refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebhinekaan

Gotong royong

Elemen yang satu ini pasti sudah sangat melekat pada kehidupan sehari-hari ya.

Bukan hanya sekedar bekerja bersama dengan orang lain. Gotong royong yang baik adalah selalu bersikap positif untuk berkolaborasi dan bekerjasama, peduli dan menghargai pendapat orang lain, peka terhadap lingkungan sekitar, serta mau berbagi segala hal yang bisa mencapai keberhasilan bersama.

Pelajar Indonesia memiliki kemampuan gotong-royong, yaitu kemampuan untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar mudah dan ringan.

Elemen Kunci Gotong Royong:

  1. Kolaborasi
  2. Kepedulian
  3. Berbagi

Gambaran sebagai profil pelajar Pancasila yang selanjutnya adalah

Mandiri

Pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri, yaitu pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya.

Walaupun terdengar mudah dan sudah merasa menjadi bagian dalam diri. Ternyata salah satu sikap mandiri yang baik dalam kehidupan sehari-hari adalah:

  • Sadar atas kemampuan dirinya,
  • Bisa mengendalikan emosi, dan
  • Tahu apa yang diperlukan untuk pengembangan dirinya.

Tak hanya itu pelajar Indonesia yang mandiri juga mampu mengatur pikiran dan perasaannya untuk mencapai sebuah tujuan.

Elemen Kunci Mandiri:

  1. Kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi
  2. Regulasi diri

Bernalar kritis

Profil pelajar Pancasila juga harus bisa menerima informasi secara objektif. Kemudian menganalisa, mengevaluasi, baru menerapkan informasi tersebut. Sehingga dapat terbiasa dalam berpikir tingkat tinggi.

Contoh yang sangat mudah kita harus memiliki keingintahuan yang tinggi saat menerima informasi. Kita harus menganalisis secara kritis sebagai dasar mengambil keputusan.

Siswa yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya.

Elemen Kunci Bernalar Kritis:

  1. Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan
  2. Menganalisis dan mengevaluasi penalaran
  3. Merefleksi pemikiran dan proses berpikir
  4. Mengambil keputusan

Elemen yang terakhir adalah…

Kreatif

Mampu memodifikasi atau menghasilkan sesuatu yang orisinil, serta bermanfaat merupakan cerminan pelajar Pancasila yang kreatif.

Hal sederhana yang bisa kita praktekkan yaitu dengan tidak malu untuk mengutarakan ide-ide baru. Bukan cuma itu menghasilkan sebuah karya yang bermanfaat untuk sekitar juga harus kita lakukan.

Pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak.

Elemen Kunci Kreatif:

  1. Menghasilkan gagasan yang orisinal
  2. Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal

Baca Juga: Elemen Pembelajaran Kooperatif

Selanjutnya Apa?

Dari keenam aspek itu apakah kamu udah lakukan semuanya?. 6 elemen ini harus banget kamu aplikasikan dalam hidup kamu, agar menjadi satu kesatuan yang saling mendukung dan berkesinambungan satu sama lain

Semoga keenam aspek itu dapat kamu praktekkan dan aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Agar karakter profil pelajar Pancasila ini akan selalu melekat dalam kepribadian generasi muda Indonesia. Jadilah pelajar Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan menjadi pelajar sepanjang hayat.

Sumber: http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

rpp_inspiratif_sd_diskon

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *