10+ Sifat Orang dengan Kecerdasan Emosional Tinggi
Uncategorized

10+ Sifat Orang dengan Kecerdasan Emosional Tinggi

Postingan berikut akan membahas tentang 10 Sifat Orang dengan Kecerdasan Emosional Tinggi. Kecerdasan Emosional (atau EQ) adalah topik hangat akhir-akhir ini, terutama dalam dunia kerja.

Jika kita melihatnya secara luas, memang benar bahwa seseorang dengan kecerdasan emosional yang tinggi. Cenderung lebih baik dalam mengelola kesulitan dan tekanan yang sering sobat hadapi saat bekerja.

Berdasarkan nobaproject.com Emotional intelligence is The ability to monitor one’s own and others’ feelings and emotions, to discriminate among them and to use this information to guide one’s thinking and actions. (Salovey & Mayer, 1990).

Jika menerjemahkannya kedalam bahasa indonesia: Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk memantau perasaan dan emosi diri sendiri dan orang lain, membedakannya dan menggunakan informasi ini untuk memandu pemikiran dan tindakan seseorang

Jika sobat mampu memanfaatkan sifat-sifat ini dan menerapkannya setiap hari. Tentu sangat membantu sobat berhasil ketika banyak orang lain yang telah gagal.

Berikut adalah sifat-sifat yang orang miliki dengan kecerdasan emosional tinggi.

Sifat Rendah Hati

Ada sebuah anggap “sifat rendah hati merupakan kelemahan diri. Namun sebaliknya, orang dengan kecerdasan emosional tinggi, sangat menghargai kerendahan hati. Ini berarti mereka akan cepat menerima kritik/saran dan mempelajarinya untuk terus mengembangkan diri.

Rendah hati bukan berarti kurang percaya diri atau tidak memiliki prinsip untuk membela pendapatnya. Sebaliknya, orang dengan kecerdasan emosional yang tinggi, sadar bahwa dia tidak tahu segalanya dan mau belajar dari orang lain.

Sifat Sadar akan Dirinya Sendiri

Sebelum seseorang dapat berinteraksi secara efektif dengan orang lain, mereka perlu memiliki pengetahuan yang sadar tentang karakter, perasaan, motif, dan keinginan mereka sendiri. Bagian “perasaan” dari persamaan ini sangat penting.

Ketika perasaan itu tidak positif, memiliki kemampuan untuk mengendalikan emosi sangat penting untuk mengelola interaksi dengan sukses.

Sehingga seseorang sadar diri dan mampu mengontrol diri di bawah tekanan, cenderung memiliki hasil yang lebih sukses. Maka mereka lebih sedikit penyesalan dalam hidup.

Selaras dengan Perasaan Orang Lain

Orang dengan kecerdasan emosional yang lebih tinggi tampaknya jauh lebih selaras dengan pola pikir orang-orang di sekitar mereka. Mereka dapat dengan cepat merasakan apakah seseorang dalam keadaan pikiran yang positif atau negatif, dan kemudian bertindak sesuai dengan itu.

Jika seseorang tampaknya berada dalam keadaan emosional negatif, orang dengan sifat kecerdasan emosional tinggi akan tahu untuk tidak memperdebatkan suatu sudut pandang. (Baca Juga: Prinsip dan Tujuan Belajar)

Sifat Ringan Tangan

Dengan membantu orang lain merupakan cara tercepat untuk menginspirasi orang-orang sekitar. Sifat ringan tangan merupakan salah satu sifat seseorang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. Mereka tidak iri terhadap kesuksesan orang lain, tetapi ikut bangga untuk membantu orang lain mencapainya.

Ketika memberikan bantuan kepada orang lain, mereka akan menunggu waktu yang lebih tepat. Sehingga dapat memberikan hasil yang lebih baik. Mereka tampaknya dapat memahami orang-orang di sekitar mereka, khususnya bagaimana perasaan orang lain.

Sifat Pendengar yang Baik

Mereka yang memiliki EQ tinggi telah mengembangkan kemampuan untuk mendengarkan dengan baik. Mereka menaruh minat yang tulus pada orang yang berkomunikasi dengan mereka.

Sehingga mereka menyerap terlebih dahulu informasi permasalahan seseorang, sebelum memberikan solusi pemecahan terhadap masalah tersebut. Sehingga dapat memberikan solusi terbaik dan menghasilkan hasil yang lebih baik lagi.

Kunci interaksi manusia adalah komunikasi, namun membutuhkan keterampilan mendengarkan yang baik. Tanpa itu, komunikasi menjadi terbatas dan kurang efektif.

Sifat Peka

Kepekaan terhadap sekitar adalah kemampuan untuk melampaui perasaan sederhana dan benar-benar menangkap suasana hati dan tingkat energi dalam kelompok.

Sifat peka adalah salah satu dari beberapa kualitas yang membuat orang dengan kecerdasan emosional tinggi menjadi pemimpin yang hebat.

Jadi ereka dapat mengambil energi tim mereka dan mengarahkannya ke arah yang benar. Serta menawarkan dorongan dan motivasi ketika suasana hati sedang rendah atau mengadakan rapat tim ketika frustrasi sedang tinggi.

Sifat Jujur

Orang dengan sifat memiliki kecerdasan emosional tinggi mampu melakukan lebih dari sekadar mengatakan apa yang mereka yakini dengan tulus. (Baca Artikel Lainnya: Contoh Tindakan Manusia Sebagai Makhluk Individu)

Mereka juga tidak memberikan informasi dengan setengah kebenaran. Namun berusaha menyajikan informasi sejujur-jujurnya, supaya tidak disalahartikan. Sehingga orang-orang sekitarnya memberikan kepercayaan kepada mereka.

Mengantisipasi Secara Efektif

Sementara banyak orang menjalani hidup dengan bereaksi terhadap apa yang terjadi pada mereka. Orang yang memiliki sifat dengan kecerdasan emosional tinggi berpikir secara proaktif dan mengembangkan rasa antisipasi yang tajam.

Mereka mampu mengantisipasi kemungkinan buruk yang akan muncul, karena mereka memiliki kesempatan untuk mempersiapkan mentalnya. Jadi semakin antisipatif orang, semakin besar kemungkinan mereka akan tetap memegang kendali.

Sifat Empati

Sebelum sobat benar-benar dapat memahami apa yang dirasakan orang lain, sobat harus dapat menempatkan diri pada posisi mereka. Sobat harus bisa merasakan emosi yang sama seperti yang mereka rasakan.

Hanya dengan begitu dapat benar-benar dapat berhubungan dengan mereka pada tingkat yang akan beresonansi secara bermakna dengan mereka. Demikianlah apa yang dimaksud dengan empati.

Sobat tidak harus memiliki banyak kesamaan dengan seseorang untuk dapat berhubungan secara empati dengan mereka.

Namun hanya perlu memahami sudut pandang mereka, di mana mereka secara emosional, apa yang penting bagi mereka dan bagaimana caranya dapat membantu mereka saat ini.

Tenang Menghadapi Tekanan

Setiap orang menghadapi beberapa bentuk tekanan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Bahkan paling sering dalam dunia kerja, karena tidak ada seseorang yang kebal terhadap tekanan.

Namun beberapa orang bisa dengan tenang saat menghadapi tekanan, namun banyak juga orang lain merasa tertekan menghadapinya. Mereka yang mampu tetap tenang, pasti telah mengembangkan keterampilan belajar untuk mengontrol diri saat berhadapan dengan tekanan.

Melakukan hal itu tidak selalu mudah dan terkadang seseorang mungkin harus gigit lidah untuk berhenti mengatakan sesuatu yang kemudian mereka sesali.

Orang dengan sifat kecerdasan emosional tinggi mampu melewati situasi tekanan dengan lebih mudah, daripada mereka yang tidak mengembangkan keterampilan ini.

Semakin sering seseorang berhasil mengontrol diri dalam situasi yang penuh tekanan, semakin mudah mereka untuk melewatinya.

Akhir Kata

Kecerdasan emosional bukanlah sesuatu yang dapat sobat peroleh secara instan. Kecerdasan ini perlu dikembangkan dari waktu ke waktu dan membutuhkan banyak usaha.

Kecenderungan seseorang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, diperoleh dengan bimbingan orang tua dan/atau wali, dan orang sekitar.

Dengan demikian EQ merupakan keterampilan yang dapat semua orang miliki. Namun membutuhkan waktu yang lama untuk mengembangkan dan mengasahnya.

Semakin banyak upaya yang sobat lakukan untuk meningkatkan EQ, semakin banyak pula pengalaman yang diperoleh. Semoga postingan artikel berjudul 10 sifat orang dengan kecerdasan emosional tinggi dapat bermanfaat bagi sobat.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *