Senin, Juni 27, 2022
Home » Silabus » Silabus PKn Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 [Format Terbaru]

Silabus PKn Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 [Format Terbaru]

by Ronny Tobing
0 comment

Silabus PKn Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi – Guru membutuhkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) saat melakukan tatap muka dengan siswa SMP. Sehingga bisa susunan kegiatan mengajar menjadi lebih sistematis dan efektif. Namun RPP merupakan perencanaan yang bersumber dari Silabus. Ayo segera lengkapi salah satu perangkat pembelajaran ini, sobat dapat mendownloadnya di akhir artikel.

Tiga tugas penting yang wajib dilakukan saat bekerja sebagai seorang guru. Adapun tugas tersebut adalah sebagai perencana, pelaksana, dan penilai. Maka ketiganya memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda-beda.

Namun, pada postingan ini lebih membahas dan berbagi salah satu tugas guru PPKn Kelas 8 tersebut sebagai “sosok perencana“. Jika kita lihat dari istilahnya kata “perencana” berasal dari kata dasar “rencana”.

Perencanaan menurut wikipedia adalah suatu proses. Proses perencanaan merupakan rangkaian urutan rasional di dalam penyusunan rencana. Proses mempunyai sifat-sifat sebagai berikut:

  • Sesuai dengan tujuan
  • Sesuai dengan keterbatasan yang ada
  • Pengembangannya sesuai dengan teknik dan kebutuhan tertentu

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita ketahui bahwa. Sosok pengajar memiliki tanggung jawab untuk menyusun langkah-langkah urutan yang tetap saat melaksanakan tugasnya yaitu mendidik dan mengajar siswa.

Sedangkan salah satu bagian dari perencanaan tersebut adalah Silabus PKn Kelas 8 Kurikulum 2013. Di mana merupakan langkah awal untuk menghasilkan perangkat pembelajaran SMP. Sehingga proses belajar siswa di tahun ajaran semester 1 dan 2 menjadi lebih maksimal.

Review Silabus K13 SMP

Meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai bagian dari upaya menghidupkan masyarakat Indonesia. Beberapa cara pencapaiannya adalah dengan menanamkan nilai-nilai norma Pancasila sedini mungkin dalam insan sanubari siswa SMP.

Siswa sekarang merupakan generasi muda penerus bangsa, karena menjadi bagian dari Sumber Daya Manusia (SDM) berarti menjadi pondasi bangsa.

Oleh karena itu, lembaga pendidikan formal seperti Sekolah Menengah Pertama (SMP) dapat melakukan upaya minimal. Yaitu dengan membuat perencanaan pendidikan pada pelajaran PPKn yang matang bagi mereka.

Salah satu bagian dari perencanaan tersebut adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran. Di mana salah satunya adalah Silabus PKn Kelas 8 Kurikulum 2013.

Sehingga dapat menciptakan kegiatan mengajar semester 1 dan 2 dengan memprioritasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Dengan demikian, siswa memahami lebih jelas nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Melalui silabus tersebut, tenaga pengajar akan dengan mudah mengukur dan mencapai tujuan impian dari Kurikulum 2013. Tentunya dalam merumuskan suatu kurikulum harus melihat dan mempertimbangkan komponen-komponen lingkungan pendidikan.

Silabus PPKn Kelas 8 adalah dokumen yang masuk akal yang dirumuskan untuk tujuan pembelajaran semester 1 dan 2 yang lebih efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan siswa dan masyarakat.

Jadi berdasarkan hasil analisis sistematis perkembangan siswa, dan menyediakan sumber daya dan prosedur untuk mempromosikan pengembangan siswa. Sehingga sistem pengajaran mata pelajaran PKn berjalan melalui proses yang sistematis.

Kemudian melaksanakannya dengan mengacu pada sistem perencanaan yang ada menurut perangkat pembelajaran yang telah guru kelas 8 susun sebelumnya.

Download Silabus PPKn Kelas 8 Semester 1 dan 2

Perencanaan pembelajaran merupakan bagian dari proses pengembangan Kurikulum 2013 Revisi. Jika pembelajaran itu sistematis, terutama dalam teori pembelajaran. Maka dapat guru dapat menghasilkan kualitasi pengajaran terbaik.

Dalam mengembangkan Silabus PKn Kelas 8 Kurikulum 2013 ini dilakukan dengan melakukan analisis kebutuhan pembelajaran. Jadi prosesnya mengikuti prosedur yang sistematis, untuk mencapai tujuan pembelajaran, termasuk evaluasi pengajaran dan kegiatan transfer ilmu pengetahuan.

Setiap file administrasi kelas ini, telah gurusekali.com simpan menggunakan format .doc (dokumen). Dengan demikian, sobat memerlukan software Microsoft Office Word untuk membuka dan mengeditnya.

Kami mengharapkan kepada Bapak dan Ibu guru yang mendownload file ini, untuk mengembangkannya lebih lanjut. Karena silabus ini hanya merupakan bahan referensi untuk menambah wawasan.

Silahkan mengunduhnya melalui link tautan berikut:

File Silabus PPKn Kelas VIII

Akhir Kata

Untuk mengantisipasi sobat agar tidak canggung saat mengajar, sewajarnya memiliki perangkat pembelajaran. Salah satu langkah awalnya adalah dengam mengembangkan Silabus PKn Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi.

Sehingga bisa memprediksi setiap tindakan dan kegiatan yang terjadi saat bertatap muka. Demi mensukseskan siswa-siswa yang berprestasi dan mampu lulus di atas nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Selanjutnya, sobat dapat melakukan perancangan administrasi yang lain, yaitu Pemetaan KD PPKn Kelas 8 Semester 1 dan 2. Jadi dapat terlihat tiap-tiap Kompetensi Dasar (KD) yang akan peserta didik capai dalam tujuan pembelajaran.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Artikel Favorit:

Leave a Comment