Silabus PKn Kelas 9 Semester 1 dan 2 K13 Revisi [Format Terbaru]
Silabus

Silabus PKn Kelas 9 Semester 1 dan 2 K13 Revisi [Format Terbaru]

Silabus PKn Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 RevisiSebelum mengajarkan siswa belajar PPKn, guru seharusnya sudah memiliki rencana yang tepat. Sehingga bisa memaksimalkan siswa untuk mempelajari sikap, pengetahuan, dan keterampilan dari setiap pertemuan.

Gak segampang itu membuat rencana mengajar yang tepat. Apalagi jika guru tersebut masih baru dan minim pengalaman. Namun, berbeda bagi guru-guru senior yang sudah punya jam kerja yang tinggi dan banyak pengalaman.

Sehingga bisa memadukan berbagai pengetahuan dan pengalaman yang mereka miliki. Jadi bisa menghasilkan perangkat pembelajaran yang cocok untuk tiap topik berbeda dari bidang studi PPKn.

Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan atau PPKn merupakan mata pelajaran yang menitikberatkan pada mendidik siswa-siswi SMP agar memahami hak dan kewajibannya. Sehingga dapat menjadi warga negara Indonesia yang arif, cakap, dan berkarakter melalui amanat Pancasila dan UUD 1945.

Banyak komponen yang berkaitan untuk dapat menyusun perencanaan silabus tersebut. Mulai dari kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD), model, metode, pendekatan, media, dan bahan pembelajaran.

Semua hal tersebut harus bisa sobat padukan kedalam kegiatan tatap muka di kelas 9. Sehingga siswa mudah memahami isi materi PKn yang diajarkan. Ujung-ujungnya hasil belajar mereka dapat meningkatkan.

Bagi sobat yang sedang mencari berbagai sumber referensi untuk jadi bahan menyusun Silabus PKn Kelas 9 Kurikulum 2013. Sobat datang ke tempat yang tepat, karena di akhir artikel ini dapat mendownloadnya secara gratis. Dengan demikian tatap muka semester 1 dan 2 dapat terlaksana dengan baik dan benar.

Review Silabus K13 SMP

Pengertian silabus menurut wikipedia adalah salah satu komponen perangkat pembelajaran dari rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu, yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan.

Kendala sebagian besar peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran PKN adalah kurangnya pemahaman dalam berpikir tingkat tinggi (HOTS). Terutama kemampuan mereka yang rendah dalam mengolah informasi melalui literasi.

Hal ini dikarenakan minat baca siswa masih rendah. Kurangnya minat membaca akan menyebabkan cacat dalam berpikir, kontrol dan pemahaman siswa. Maka perlu perencanaan mengajar yang memprioritaskan literasi.

Mereka menjadi kurang aktif dan kurang kreatif dalam kegiatan pembelajaran, jadi hanya bisa menguasai teori saja. Tetapi tidak memahaminya dengan baik dan ini akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Maka sebagian besar siswa tidak mengikuti nilai KKM.

Oleh karena itu, guru perlu merancang kegiatan mengajar yang menarik untuk bisa memotivasi siswa lebih memahami pelajaran yang di ajarkan. Perancangan ini dapat guru lakukan dengan membuat perangkat pembelajaran Silabus PKn Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi.

Dengan demikian adanya silabus tersebut, guru kelas 9 dapat dengan mudah merancang kegiatan mengajar. Karena administrasi pengajar ini dapat berguna sebagai pemandu, yang bisa mempermudah guru menyelesaikan tugasnya sebagai sosok perencana.

Maka Silabus PKn Kelas 9 ini telah mengikuti prinsip-prinsip dasar penelitian tindakan. Sebab, rancangan kegiatan mengajar yang paling sesuai untuk setiap topik. Untuk itu, silabus ini dimulai dengan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi, dan berulang.

Desain pengajaran semacam ini dapat bermanfaat untuk membuat RPP 1 Lembar PKn Kelas 9. Setiap guru dapat memilih cara belajar yang tepat dan efektif untuk mencapai tujuan pendidikannya sendiri. Seperti: desain, bahan ajar, panduan bahan ajar PKn, dan lainnya.

Download Silabus PPKn Kelas 9 Semester 1 dan 2

File silabus ini telah menggunakan format .doc atau document. Jadi untuk bisa membukanya memerlukan aplikasi microsoft office word sejenisnya.

Gurusekali.com menghimbau kepada sobat, untuk mengedit dan mengembangkan Silabus PKn Kelas 9 ini dengan memperhatikan kondisi sekolah tempat mengajar dan karakteristik siswa. Maka dapat menciptakan proses belajar mengajar yang sesuai dengan bakat, minat, dan sumber daya yang ada.

Agar lebih jelasnya, tanpa basa-basi lagi. Sobat dapat mengunduhnya melalui link tautan di bawah ini:

Silabus PPKn Kelas 9 Kurikulum 2013

Akhir Kata

Jadi silabus sangat cocok dan berguna dalam pembelajaran PKn, karena program ini memiliki keunggulan memungkinkan siswa untuk bertukar keyakinan, nilai-nilai kehidupan, keinginan pribadi dengan teman atau orang lain.

Bahkan mereka yang memiliki keyakinan, untuk berlatih untuk menyelesaikan masalah dengan problem solving. Selain itu, siswa kelas 9 juga bisa berlatih menerima atau tidak menyetujui keputusan kelompok. Berpartisipasi dalam pengambilan keputusan, atau membela atau mengabaikan keyakinan sendiri.

Setelah sobat memiliki perangkat pengajaran ini, tidak boleh ketinggalan untuk menyusun perencanaan lainnya. Yaitu membuat Pemetaan KD PKn Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *