Silabus

Silabus PJOK Kelas 9 Semester 1 & 2 [Format Terbaru]

Untuk membuat siswa mau belajar, sehingga pelajaran olahraga kurikulum 2013 menjadi lebih interaktif dan mampu menginspirasi mereka. Guru harus mempunyai Silabus PJOK Kelas 9 Semester 1 dan 2 sebagai alat bantu mendesain pembelajaran.

Silabus PJOK Kelas 9 Semester 1 dan 2 merupakan bagian dari perangkat pembelajaran yang guru susun sebelum proses tatap muka. Selain itu, silabus ini telah jadi administrasi guru SMP menunjukkan bukti fisik kegiatan belajar mengajar telah terjadi.

Supaya bisa meningkatkan kualitas, ketepatan, efisiensi dan efektivitas strategi pembelajaran demi menghasilkan siswa mencapai kompetensi lulusan. Maka, setiap guru PJOK harus merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, serta melakukan penilaian proses pembelajaran.

Bagi sobat yang sedang mencari berbagai sumber referensi untuk menyusun salah satu administrasi kelas 9 ini. Sobat bisa mendownload secara gratis diakhir postingan artikel.

Review Perangkat Pembelajaran Kelas 9

Memenuhi kebutuhan pendidikan siswa dengan cara yang interaktif, menginspirasi, menyenangkan dan menantang.

Kurikulum 2013 memberikan kerangka mengontekstualisasikan pengembangan silabus. Sehingga para guru kelas 9 dapat memahami dasar-dasar pengembangan kurikulum 2013.

Perangkat pembelajaran PJOK SMP adalah alat bantu seorang pendidik yang bekerja di Sekolah Menengah Pertama (SMP), maka pekerjaan mengajar siswa menjadi lebih terarah dan terencana.

Saat mengajarkan mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), perangkat ini sangat berguna untuk menciptakan situasi dan kondisi siswa belajar dengan baik.

Zaman now, perangkat pembelajaran telah menjadi administrasi kelas yang terbagi-bagi berupa: Silabus, PROTA, PROMES, KKM, Pemetaan KD, dan RPP.

Silabus PJOK Kelas 9 adalah inti sari perencanaan mengajar guru yang isinya garis-garis besar setiap komponen penting pendidikan. Sedangkan tujuannya yaitu agar bisa menghasilkan siswa yang sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan.

Guru PJOK Kelas 9 tentu mempunyai pemikiran awal tersendiri untuk mengelola proses pengajaran mata pelajarannya.

Pemikiran dapat berupa catatan-catatan mengenai apa yang perlu dilakukan guru, apa yang siswa kerjakan, bagaimana cara mencapainya, apakah perlu memakai media atau tidak.

Catatan guru kelas 9 ini merupakan hasil dari pengalaman mendidik dan mengajar sebelumnya. Sehingga bisa menjadi acuan yang perlu sobat perhatikan dalam merancang Silabus PJOK Semester 1 dan 2.

Hal-hal yang perlu guru perhatikan yaitu:

  1. Kemampuan dasar siswa dan kompetensi yang mereka miliki
  2. Pendekatan pembelajaran yang paling sesuai
  3. Pemilihan metode dan media, agar siswa dapat belajar secara nyata
  4. Sistem penilaian yang selaras dengan kurikulum sekolah ampu

Berbeda dengan perangkat pembelajaran yang lain, silabus mencakup apa yang siswa lakukan agar bisa memiliki kompetensi secara utuh.

Oleh karena itu, terkadang dalam silabus hanya menjelaskan kompetensi secara umum yang menyatu satu sama lain dan predisi alokasi waktu belum tentu tepat.

Jadi, guru bisa merincikan lebih detail lagi pada perangkat pembelajaran lain seperti program semester, pemetaan kompetensi dasar, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Download Silabus PJOK Kelas 9 Kurikulum 2013

Berhasil tidaknya suatu kegiatan tergantung pada perencanaannya. Proses kegiatan menjadi mudah terlaksana, terkontrol, dan terkendali. Sehingga bisa memprediksi hasil yang mau dicapai.

Hal yang sama berlaku saat proses belajar mengajar. Supaya pelaksanaan pembelajaran terjadi dengan benar. Dengan demikian, perlu rencana mengajar yang baik untuk sobat sebagai pedoman saat melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Sobat saat mengajar dapat berimprovisasi menggunakan strategi pembelajaran yang berbeda, namun harus memperhatikan karakteristik siswa.

Jadi guru perlu merumuskan rencana pelajaran untuk memandu realisasi pencapaian kompetensi bidang studi PJOK dengan strategi yang tepat.

Alhasil, silabus kurikulum 2013 revisi berkembang menjadi perangkat pembelajaran. Oleh karena itu, Silabus PJOK Kelas 9 Semester 1 dan 2 gurusekali.com bagikan, mencakup standar kompetensi, kompetensi inti, dasar, indikator yang menjadi acuan menyusun RPP.

Namun, untuk komponen alokasi waktu, penilaian, sumber belajar. Perlu sobat sesuaikan kembali berdasarkan karakteristik siswa dan sekolah tempat sobat bekerja.

Untuk memperoleh setiap file silabus, sobat bisa mendownloadnya melalui link berikut:

Akhir Kata

Silabus adalah administrasi kelas yang tak dapat terpisahkan bagi guru profesional dalam menyelesaikan tindakan perencanaan mengajar.

Oleh karena itu, silabus telah menjadi pedoman dan pemandu guru pjok kelas 9 untuk menyusun perangkat pembelajaran SMP lainnya.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

2 Comments

  1. Avatar
    Eni Helwita

    Format silabus pjok kelas 9 bisa dipakai untuk referensi merancang perangkat pembelajaran

  2. Avatar
    Haposan

    Terima kasih telah berbagi silabus pjok kelas 9. Perangkat pembelajaran ini memang sangat penting bagi guru

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *