Selasa, Juni 28, 2022
Home » Silabus » [Format Terbaru] Silabus PJOK Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi

[Format Terbaru] Silabus PJOK Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi

by Nuel Bs
0 comment

Silabus PJOK Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi – Meningkatkan hasil belajar siswa SMP dengan menciptakan proses mengajar yang terpadu, teratur, dan sistematis. Semua hal tersebut dapat tercapai, kalau guru telah merencanakan aktivitas pengajaran sebelumnya. Yuk, segera persiapkan segala perangkat pembelajaran yang sobat butuhkan untuk mengajar pelajaran Penjas.

Siswa yang berhasil belajar dan mendapatkan nilai tinggi, membuktikan bahwa guru telah sukses melakukan tugasnya. Siapa sih yang tidak menginginkan itu?, namun untuk mencapainya. Karena butuh usaha yang ekstra.

Mengajar PJOK bukan hanya tentang menyampaikan isi topik pelajaran kepada siswa. Banyak sekali faktor yang terlibat, yang bisa menunjang siswa untuk mengerti dan memahami isi materi.

Supaya bisa mendapatkan hasil yang sesuai harapkan kurikulum 2013. Seorang pendidikan sewajarnya membuat perencanaan, sehingga memberikan pengaruh positif dan meningkatkan hasil belajar siswa SMP.

Dalam dunia pendidikan, perencanaan inilah yang di kenal dengan sebutan perangkat pembelajaran. Di mana salah satunya adalah Silabus PJOK Kelas 8 Semester 1 dan 2 yang berguna sebagai panduan untuk menghasilkan perangkat lainnya. Seperti: PROTA, Pemetaan Kompetensi Dasar (KD), PROMES, KKM, dan RPP.

Segala perangkat pembelajaran di atas sangat penting, karena dapat membantu sobat menyusun kegiatan mengajar menjadi efektif dan efisien. Sehingga dapat menentukan metode, pendekatan, atau model pengajaran seperti apa yang cocok untuk tiap-tiap topik bidang studi PJOK.

Review Silabus K13 SMP

Pada dasarnya tugas guru sama dengan tujuan kurikulum 2013, yaitu banyaknya mata pelajaran yang relevan yang dapat sobat transfer dalam proses pembelajaran. Untuk itu, sobat harus memiliki kemampuan dan menerapkan keterampilan perencanaan.

Pada hakikatnya, silabus ini mencakup semua langkah yang dilakukan untuk menyelesaikan proses belajar mengajar. Sehingga dari awal sampai akhir proses, atau dari satu kegiatan ke kegiatan lainnya menjadi lancar.

Banyak proses pembelajaran terhambat oleh pendidik yang tidak memimpin kelas secara efektif. Jika Silabus PJOK Kelas 8 Kurikulum 2013 telah selesai dengan benar. Tetapi jika kelas gagal, itu karena sobat kurang memahami dan gagal menerapkannya secara tepat.

Untuk itulah, kemampuan pedagogik guru juga sangat di perlukan dalam hal ini. Agar dapat memadukan setiap aspek perencanaan silabus kedalam pelaksanaan pengajaran penjas yang terjadi di kelas 8 SMP.

Berhasil atau tidaknya seorang guru dalam proses belajar mengajar sangat tergantung pada kemampuannya dalam memilih dan menerapkan metode pengajaran.

Banyak guru kelas 8 sudah memiliki silabus dan memiliki pengetahuan yang luas terhadap isi materi. Namun karena tidak menguasai metode dan model pembelajaran. Jadi interaksi yang terjadi antara pendidik dan peserta didik menjadi gagal.

Dalam proses belajar mengajar, penting untuk mempelajari metode pembelajaran yang merupakan salah satu prasyarat profesi seorang pendidik. Dapat kita pahami, bahwa guru belum tentu menjadi pendidik jika tidak paham dalam menerapkan Silabus PJOK Kelas 8.

Mengajar itu praktis dan alami, siapa pun dapat melakukannya selama mereka tahu apa yang harus diajarkan. Namun tidak semua bisa menjadi guru, karena harus menguasai metodelogi pengajaran yang harus dikuasai sebagai profesi keguruan.

Hal ini menuntut sobat untuk memperkaya pengetahuan baru dan beradaptasi dengan perkembangan baru bimbingan dan metode pengajaran. Pengajaran yang baik tidak terlepas dari Silabus PJOK yang di dukung oleh metode pengajaran yang baik. Sehingga mencapai hasil yang baik pula.

Download Silabus PJOK Kelas 8 Semester 1 dan 2

Guru harus mengembangkan silabus yang dapat memenuhi standar kinerja dan kompetensi inti. Jadi siwa dapat mempelajari pengetahuan, keterampilan, dan juga terjadi perubahan tingkah laku kearah yang positif. Peran semua sekolah, orang tua, dan masyarakat sangat penting untuk mendukung pencapaian tujuan PJOK.

Karena belajar pada hakekatnya adalah proses interaksi antara siswa dengan lingkungannya, yang mengarah pada perubahan tingkah laku yang lebih baik. Ada banyak faktor yang mempengaruhi, baik internal maupun eksternal.

Salah satu faktor internal tersebut adalah merencanaan kegiatan pengajaran ke dalam format perangkat Silabus Penjas Kelas 8 Kurikulum 2013. Maka rangkaian peristiwa atau kegiatan yang dilakukan menjadi lebih terstruktur dan terencana.

Dengan demikian perancangan silabus ini untuk memastikan bahwa siswa memperoleh keterampilan yang diperlukan. Selain itu, kegiatan semester 1 dan 2 terprogram dalam desain yang ramping. Jadi mudah memahaminya untuk mendorong siswa belajar secara aktif dan menekankan pembelajaran yang lebih baik.

Selengkapnya, sobat dapat mendownloadnya melalui link tautan di bawah ini:

File Silabus Penjas Kelas VIII SMP

Akhir Kata

Setelah sobat mendownload salah satu dari perangkat pembelajaran SMP di atas, kami anjurkan untuk melakukan pengeditan terlebih dulu. Sehingga mendapatkan hasil yang sesuai keinginan dan harapan.

Untuk membuka dan mengeditkan memerlukan software Microsoft Office Word. Karena file Silabus PJOK Kelas 8 Semester 1 dan 2 tersimpan dengan format .doc (document).

Selanjutnya, pastikan untuk melengkapi segala perencanaan yang dibutuhkan untuk memaksimalkan proses pendidikan penjas yang terjadi. Dengan menyusun Pemetaan KD PJOK Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Artikel Favorit:

Leave a Comment