Senin, Juni 27, 2022
Home » Silabus » [Format Terbaru] Silabus PAI Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013

[Format Terbaru] Silabus PAI Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013

by Ronny Tobing
0 comment

Silabus PAI Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 – Untuk masa depan yang baik dan menghindari resiko yang muncul, seseorang membutuhkan rencana. Begitu juga dengan guru saat mau mengajarkan pelajaran agama islam kepada siswanya. Memerlukan sebuah perencanaan yang dikenal dengan sebutan perangkat pembelajaran.

Dengan adanya rencana, bisa memberikan visi dari sudut pandang yang berbeda. Sehingga dapat menghasilkan solusi pemecahan masalah terbaik yang lebih efektif dan efisien.

Jika guru mengajarkan ilmu agama islam saat bertatap muka dengan siswa kelas 8. Tentu, selama interaksi tersebut berlangsung akan muncul beberapa masalah, jadi proses pembelajaran menjadi tidak maksimal.

Namun akan berbeda hasilnya, jika sebelumnya sobat telah memikirkan dan menyusun serangkaian kegiatan pengajaran. Jadi setiap tindakan pendidikan dan peserta didik dapat terencana langkah demi tiap langkah demi mencapai tujuan pendidikan.

Dengan demikian, perencanaan Silabus PAI Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi sangat penting kegunaannya. Karena menjadi tonggak pertama dari tindakan pengajar dapat terapkan, untuk memprediksi dan mengukur setiap detail tugas secara terperinci.

Supaya siswa mencapai tujuan tersebut, maka guru perlu merumuskan setiap aspek yang terkait dan menjadi bagian perangkat pembelajaran. Oleh karena itu, silabus kelas 8 bukan hanya sekedar langkah awal, tetapi menjadi tolak ukur atau standar dalam beroperasinya suatu lembaga pendidikan.

Dalam sebuah SMP yang telah mengikuti sistem pendidikan kurikulum 2013, untuk itu pastikan memulai tugas dan tanggung jawab guru sebagai sosok perencana.

Review Silabus K13 SMP

Pengertian silabus menurut wikipedia adalah salah satu komponen perangkat pembelajaran dari rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu, yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan.

Guru mengembangkan perangkat pembelajaran PAI kelas 8 berdasarkan prinsip tertentu. Bahwa peserta didik berada pada posisi sentral untuk meningkatkan keterampilannya.

Supaya mereka menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, cerdas, cakap, cakap, kreatif, mandiri, demokratis dan bertanggung jawab. Dengan demikian, mengembangkan keterampilan siswa yang sesuai dengan potensi lingkungan, perkembangan, kebutuhan, minat, dan kebutuhan siswa.

Posisi sentral yang dimaksud adalah bahwa siswa menjadi pusat proses belajar mengajar. Dengan adanya Silabus PAI Kelas 8 Kurikulum 2013 bertujuan untuk mengembangkan, membina dan memberdayakan siswa.

Sehingga mereka siap untuk belajar, bukan hanya menjadi pelajar di tingkat SMP saja. Tetapi sebagai pelajar sepanjang hayat. Maka mereka akan memahami bahwa nilai-nilai terkandung dalam ajaran agama islam bermanfaat sepanjang hidup mereka.

Pengajaran mata pelajaran PAI Kelas 8 memberikan harapan untuk menghasilkan individu siswa yang mandiri yang bisa mengikuti perkembangan zaman. Sehingga menjadi generasi emas yang memberikan pengaruh baik dalam kehidupan bermasyarakat.

Untuk itu, perlu membina hubungan antara guru dan siswa yang semakin dekat. Maka dapat memberikan mereka pengajaran secara lebih dekat dalam membangun keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia. Sehingga tetap menjaga toleransi dan kerukunan umat beragama lainnya.

Oleh karena itu, yang terkandung dalam Silabus PAI Kelas 8 Semester 1 dan 2 harus mengutamakan penguatan iman, taqwa dan akhlak mulia. Terutama memfokuskan pengembangan pribadi siswa, melalui kegiatan yang terancang dalam RPP.

Maka dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri. Dalam hal ini, sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat masing-masing siswa, sesuai dengan kondisi akademik.

Download Silabus PAI Kelas 8 Semester 1 dan 2

Aktivitas pengembangan pribadi dapat guru lakukan melalui konsultasi tentang kehidupan pribadi dan sosial. Tak ketinggalan, menyisipkannya dalam pengajaran dan pengembangan profesional yang mengadopsi kepemimpinan secara akademik.

Perancangan kegiatan belajar mengajar agama islam bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang memadukan proses fisik dan mental. Terdapat pula interaksi antara siswa, siswa dan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya.

Sehingga diperoleh keterampilan dan pengalaman dasar melalui pengajaran yang berbeda dari biasanya. Kegiatan tersebut harus diperhatikan dalam rancangan silabus kelas 8. Agar pendidik dapat mengelola proses pembelajaran secara profesional.

Serangkaian kegiatan belajar PAI di kelas 8 yang harus dilakukan siswa untuk memperoleh keterampilan dasar. Salah satu kegiatan tersebut harus mengikuti tataran konseptual dan bahan ajar yang sesuai penjelasan guru.

Setidaknya mengandung dua unsur penting yang mencerminkan cara siswa mengalami belajar, yaitu aktivitas mengajar dan topik pelajaran PAI.

Supaya lebih jelas, sobat dapa mendownload bahan referensi perangkat pembelajaran ini. Melalui link tautan berikut:

File Silabus PAI Kelas VIII Kurikulum 2013

Akhir Kata

Silabus dapat sobat rancang secara mandiri atau berkelompok oleh guru satu sekolah atau dengan sekolah lain, yang termasuk dalam kelompok MGMP dan KKG sekitar Dinas Pendidikan setempat.

Karena berbagai alasan, guru mata pelajaran PAI tidak dapat mengembangkan mata pelajaran secara mandiri. SMP/MTs dapat mencoba membuat kelompok guru mata pelajaran untuk mengembangkan Silabus Kelas 8 Kurikulum 2013.

Setelah sobat mendownload bahan referensi penyusun perangkat pembelajaran di atas. Jangan ketinggalan untuk merancang administrasi guru lainnya. Yaitu Pemetaan KD PAI Kelas 8 Semester 1 dan 2.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Artikel Favorit:

Leave a Comment