Silabus Matematika Kelas 9 Semester 1 dan 2 K13 Revisi Terbaru
Silabus

Silabus Matematika Kelas 9 Semester 1 dan 2 K13 Revisi Terbaru

Silabus Matematika Kelas 9 Semester 1 dan 2 merupakan perangkat administrasi yang wajib guru SMP miliki. Sebab bermanfaat sebagai pedoman dalam meningkatkan kegiatan mengajar Kurikulum 2013 (K13) Revisi menjadi lebih efektif dan efisien.

Kegiatan mengajar adalah sesuatu yang erat kaitannya dengan proses belajar. Dalam prosesnya, perlu adanya penyesuaian suasana belajar bagi siswa.

Guru matematika harus mampu menciptakan suasana yang baik, nyaman dan menarik. Sehingga membuat kegiatan mengajar matematika berjalan dengan lancar, dan meningkatkan semangat untuk mengikuti aktivitas belajar.

Silabus Matematika Kelas 9 Semester 1 dan 2 merupakan upaya untuk menyelenggarakan suatu lingkungan yang memberikan nuansa bagi tumbuh kembangnya suatu program mengajar secara optimal. Oleh karena itu, lingkungan belajar yang baik sangat peserta didik perlukan untuk menunjang kelangsungan belajar.

Sobat dapat memodifikasi aktivitas yang terjadi di kelas IX melalui berbagai strategi, metode dan pendekatan. Maka siswa dapat dengan nyaman untuk belajar matematika, sehingga memperoleh hasil yang terbaik.

Artinya sobat harus mampu mengembangkan berbagai metode pembelajaran, sumber bahan ajar dan berbagai metode komunikasi menjadi sebuah rencana matang berupa Silabus Matematika Kelas 9 Semester 1 dan 2.

Review Silabus K13 SMP

Memperoleh pengetahuan matematika di sekolah berperan dalam membentuk karakteristik, yaitu pola berpikir kritis dan kreatif. Untuk itu, guru kelas 9 perlu memperhatikan imajinasi dan rasa ingin tahu siswa.

Siswa dapat dibiasakan untuk mengajukan beberapa pertanyaan terkait materi yang diajarkan, dan memberikan komentar, sehingga mereka dapat memaknai pembelajaran matematika.

Selain itu juga diperlukan strategi, metode, metode atau model yang memungkinkan peserta didik berpartisipasi aktif dalam Proses Belajar Mengajar (PBL) secara kognitif, psikis, dan sosial.

Perancangan Silabus Kelas 9 yang sobat buat dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) harus bertumpu pada dua hal, yaitu optimalisasi interaksi seluruh unsur kegiatan mengajar dan optimalisasi partisipasi seluruh indera siswa.

Perangkat pembelajaran adalah hal-hal yang pendidik persiapkan untuk melakukan proses kegiatan tatap muka. Persiapan mengajar tersebut dapat mencakup: rencana tahunan, rencana semester, silabus, RPP Matematika Kelas 9 SMP, lembar kerja dan alat penilaian.

Kegiatan belajar matematika pada kurikulum 2013 menekankan pada metode saintifik (ilmiah) dan pembelajaran berbasis penemuan/investigasi (discovery/inquiry learning).

Selain itu, guru merancang rencana mengajar dalam bentuk Silabus Matematika Kelas 9 dengan mengacu pada standar isi. Sehingga dapat berguna untuk menyusun perangkat lainnya seperti: RPP, persiapan media dan sumber bahan ajar, perangkat penilaian, skenario pembelajaran, dll.

Manfaat pengembangan Silabus bagi pendidik antara lain:

  • Memiliki persiapan untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik.
  • Tidak mengandalkan buku teks sebagai bahan ajar, terkadang masalahnya tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri
  • Menambah pengalaman dan pengetahuan guru dalam menyiapkan administrasi keguruan
  • Memperkaya pengetahuan, karena silabus yang guru kembangkan lebih banyak referensinya
  • Dapat menjalin komunikasi yang efektif dengan siswa
  • Meningkatkan angka kredit kerja guru.

Keuntungan mengembangkan Silabus bagi peserta didik adalah memberikan kesempatan kepada mereka untuk membangun pengetahuannya sendiri tanpa bergantung sepenuhnya pada pendidik.

Maka pembelajaran menjadi lebih bermakna, dan memungkinkan untuk memperoleh kemudahan dalam mempelajari setiap kemampuan yang harus mereka kuasai.

Unduh Lengkap Silabus Matematika Kelas 9 Semester 1 dan 2

Pembelajaran matematika berorientasi pada siswa dapat merangsang motivasi dan meningkatkan minat, kreativitas, inspirasi, kemandirian, inisiatif dan semangat mereka untuk menuntut ilmu.

Dengan menerapkan proses pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga bisa menghasilkan pengetahuan dan keterampilan yang berbeda-beda.

Siswa Kelas 8 SMP berada pada tahap operasi formal. Pada tahap ini, aktivitas kognitif matematis seseorang tidak harus menggunakan benda-benda nyata. Kemampuan penalaran abstrak mulai meningkat, sehingga mereka dapat berpikir secara deduktif.

Pada tahap ini, satu orang juga dapat mempertimbangkan beberapa aspek dari suatu situasi secara bersama-sama. Jadi, sobat saat merancang Silabus Matematika Kelas 9 K13 Revisi harus menyesuaikan dengan karakteristik dan tahapan perkembangan kognitif anak didik.

Sedangkan tujuan dari dari pembelajaran yang akan siswa mau capai adalah untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan berpikir matematis.

Bagi sobat yang sedang mencari referensi untuk menyusun Silabus Kelas 9, dapat mengunduhnya pada link berikut:

Silabus Matematika Kelas IX (FORMAT 1)Download
Silabus Matematika Kelas IX (FORMAT 2)Download

Akhir Kata

Pendidik harus mampu mengembangkan Silabus dan menggunakannya di dalam kelas, karena pendidiklah yang paling mengetahui situasi dan kondisi kelas. Silabus adalah susunan kebutuhan yang sobat perlukan untuk menjadi pedoman dalam merancang kegiatan mengajar.

Tujuan penyusunan Silabus antara lain: Pertama: mempermudah dan mempercepat proses pembelajaran, serta meningkatkan hasil belajar mengajar dan Kedua: sobat mampu mengamati, menganalisis, dan memprediksi kegiatan mengajar berdasarkan logika dan rencana.

Pentingnya salah satu perangkat pembelajaran ini menunjukkan bahwa Silabus Matematika Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi sebagai acuan bagi kelangsungan pembelajaran agar dapat beroperasi lebih terarah dan efektif serta efisien.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *