Silabus Matematika Kelas 7 Semester 2 dan 1 K13 Revisi Terbaru
Silabus

Silabus Matematika Kelas 7 Semester 2 dan 1 K13 Revisi Terbaru

Lelah rasanya, harus menyusun berbagai jenis perangkat pembelajaran SMP, salah satunya yang terpenting adalah Silabus Matematika Kelas 7 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru. Namun sobat tidak perlu ambil pusing. Mengapa? Sebab di akhir artikel dapat mendownloadnya secara gratis.

Sebagai guru matematika kelas 7, silabus sudah menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan bagi guru. Apa lagi terutama untuk menyusun setiap administrasi kegiatan mengajar.

Administrasi guru tersebut telah menjadi rutinitas sehari-hari yang harus menyelesaikannya sebelum Proses Belajar Mengajar (PBL) terjadi. Mengapa hal itu menjadi penting?.

Karena merupakan perencanaan dari tindakan guru untuk menciptakan aktivitas menarik yang bisa menunjang siswa untuk lebih giat lagi dalam menuntut ilmu.

Sehingga dapat meningkatkan sikap sosial, spiritual, pengetahuan, dan keterampilan siswa yang sesuai dengan tujuan pembelajaran mau mereka capai.

Mengajar pelajaran matematika kelas 7 pada dasarnya adalah proses komunikasi, dalam proses ini akan terjadi transformasi pengetahuan, nilai, dan keterampilan sepanjang hayat baik di dalam maupun di luar sekolah.

Permasalahan yang muncul dalam dunia pendidikan semakin lama semakin kompleks. Sehingga menuntut kemajuan manusia, khususnya pendidik untuk mengolah cara berpikir sistematis untuk mengatasi permasalahan yang muncul dengan menciptakan perencanaan terbaik dalam bentuk Silabus Matematika Kelas 7.

Lalu, apa sih sebenarnya salah satu perangkat pembelajaran matematika kelas 7 ini?. Seperti apa contoh dan formatnya?. Apakah memiliki kegunaan bagi guru? Ayo simak lebih jelasnya..

Review Silabus Kurikulum 2013 SMP

Sebagai guru SMP yang profesional perlu untuk terus menerus mengembangkan pemahaman tentang pendidikan dan pembelajaran.

Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam proses kehidupan dan kemajuan manusia. Dengan berkembangnya peradaban manusia, isi, bentuk dan proses penyelenggaraan pendidikan terus berkembang.

Guru matematika perlu melakukan penyesuaikan kegiatan mengajar yang baik berdasarkan kurikulum 2013 yang sekolah mereka gunakan. Reformasi kurikulum ini bertujuan untuk meningkatkan penyelenggaraan pendidikan di Indonesia.

Sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 1 Republik Indonesia. Pasal 36 Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengatur bahwa guru dalam mengembangkan Silabus Matematika Kelas 7 harus sesuai dengan standar untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Beberapa unsur perubahan tercantum dalam kurikulum 2013, salah satunya adalah standar kompetensi lulusan. Standar kompetensi lulusan yang digunakan sebagai pedoman penilaian untuk menentukan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Proses pembelajaran di kelas melibatkan siswa dengan karakteristik yang berbeda-beda. Jika pembelajaran dapat memenuhi kebutuhan khusus siswa, maka pembelajaran tersebut dikatakan efektif. Perbedaan individu menjelaskan bagaimana orang berpikir, merasa, dan bertindak dengan cara yang berbeda pula.

Sesuai dengan profil kemampuan lulusan dalam kurikulum 2013, untuk memenuhi persyaratan kemampuan. Makanya guru harus memiliki kemampuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran siswa di kelas.

Keberagaman karakteristik siswa menuntut guru untuk lebih kreatif dalam menentukan strategi dan perangkat pembelajaran yang akan digunakan agar siswa dapat menguasai materi yang diajarkan.

Setiap guru harus mengembangkan perangkat pembelajaran Silabus Matematika Kelas VII. Jika guru tidak memiliki kemampuan untuk mengembangkan bagaimana caranya untuk mengajar yang lebih baik.

Mungkin, guru akan terjerumus ke dalam situasi pembelajaran yang monoton dan membuat siswa bosan. Peran guru sebagai perencana menjadi salah satu faktor terpenting siswa untuk berhasil mencapai tujuan pembelajaran.

Sebagai pendidik, guru bukan satu-satunya sumber belajar. Jadi siswa tidak hanya mendengarkan segala sesuatu yang guru ajarkan.

Download Format Silabus Matematika Kelas 7 Semester 1 dan 2

Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang “Standar Nasional Pendidikan” yang terdapat dalam Pasal 19 menyatakan bahwa guru dipandang perlu untuk menciptakan pembelajaran.

Supaya dapat memberikan ruang yang cukup bagi perkembangan siswa dalam hal prakarsa, kreativitas, dan kemandirian siswa berdasarkan bakat, minat, dan fisik serta mental.

Dalam ketentuan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, perencanaan mengajar meliputi penyusunan Silabus, RPP, penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran.

Sobat menyusun Silabus sebagai pendamping buku kurikulum 2013 SMP. Adapun penyusunannya bertujuan untuk membantu guru sebagai pelaksana pembelajaran matematika di kelas 7, terutama dalam menyampaikan materi kepada siswa pada semester 1 dan 2.

Format silabus haruslah fleksibel, sehingga guru dapat menyesuaikan dengan keadaan dan kondisi sekolah masing-masing. Sehingga silabus dapat berguna sebagai metode alternatif untuk memudahkan guru dalam penyusunan RPP Matematika Kelas 7 SMP.

Maka dari itu, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dapat memberikan gambaran pada guru tentang proses mengajar dari awal kegiatan hingga akhir.

Berikut adalah link tautan yang dapat sobat telusuri untuk mendapatkan salah satu perangkat pembelajaran guru sesuai Kurikulum 2013 SMP.

Format Silabus Matematika Kelas VIIDownload

Akhir Kata

Sobat dapat mengubah contoh format evaluasi dan alokasi waktu yang tersedia sesuai dengan kebutuhan guru, dengan melihat langsung kondisi siswa, sekolah dan lingkungan sekitar.

Gurusekali.com menyadari bahwa silabus ini masih memiliki banyak kekurangan. Oleh karena itu, sobat dapat melakukan perbaikan dengan mengedit sesuai kondisi dan kebutuhan siswa sekolah masing-masing.

Semoga dengan mendownload contoh format perangkat pembelajaran ini dapat menjadi alternatif bagi pihak guru dalam merancang Silabus K13 Matematika Kelas 7 Semester 1 dan 2.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *