Silabus

Silabus K13 SD Revisi 2021 (Semua Kelas) Format 8 Kolom

Download Silabus K13 SD Revisi 2021 lengkap untuk kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 untuk membuat perangkat pembelajaran semester 2 dan 1. Setiap tema dan subtema menggunakan format 8 kolom dapat juga anda pakai untuk Revisi 2018, 2019. 2020 .

Silabus SD merupakan salah satu bentuk wahana guru dalam membimbing siswa dalam aspek sikap sosial, spiritual, pengetahuan (knowledge transmission), dan keterampilan kepada siswa-nya. Jadi wahana tersebut menjadi bentuk perencanaan secara ketat yang harus menerapkan sesuai urutan dari materi pelajaran yang akan siswa pelajari.

Silabus K13 Revisi 2021 adalah penyempurnaan dari wujud nyata kurikulum 2013 tentang rincian garis besar mencapai keberhasilan kegiatan pendidikan sekolah dasar (SD).

Silabus K13 SD merupakan langkah awal guru melakukan kewajibannya. Jadi, sebagai pendidik yang berkecimpung dalam dunia pendidikan tentu membutuhkan rencana supaya bisa menuntaskan pekerjaannya. Karena salah satu kewajiban seorang guru adalah merancang perangkat pembelajaran yang sesuai dengan situasi, kondisi, dan kebutuhan siswa. (wikipedia.org)

Setiap sekolah dasar (SD) tentu mempunyai berbagai masalah masing-masing. Bisa dari segi sarana, prasarana, sumber daya siswa, guru sendiri dan pengaruh lingkungan sekitar. Karena faktor ini menjadi problem dasar rendahnya kualitas pengajaran yang terjadi dalam kelas.

Oleh karena itu, Guru butuh perencanaan matang dalam mengambil tindakan supaya siswa mampu meraih standar kompetensi lulusan tetap sekolah. Jadi, untuk mengembangkan Silabus Kurikulum 2013 SD Revisi 2021 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 menjadi start awal menciptakan kegiatan pembelajaran menarik bagi siswa-siswi.

Contoh Format Silabus Kurikulum 2013

Perangkat Pembelajaran K13 SD Format 8 Kolom

Secara keseluruhan selama kegiatan kelas tatap muka, sebuah Silabus K13 Revisi 2021 SD memberikan gambaran rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berupa garis besar tindakan yang perlu guru lakukan agar siswanya mampu meraih kompetensi yang menjadi target mereka.

Agar dapat berguna dengan baik, Silabus K13 SD pada pembelajaran tematik tiap semester-nya mempunyai beberapa komponen, yuk kita lihat satu persatu.

  • Identitas sekolah
  • KI atau Kompetensi Inti
  • Mata Pelajaran
  • KD (Kompetensi Dasar)
  • Indikator pencapaian siswa
  • Materi Pembelajaran
  • Kegiatan kelas
  • Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
  • Penilaian guru lakukan
  • Alokasi waktu
  • Sumber Belajar

Bagaimana cara mengembangkan Silabus Kurikulum 2013?

Terdapat 3 faktor penting yang dapat mempengaruhi proses pembuatan Silabus K13 setiap kelas, yaitu karakteristik siswa, kondisi SD, dan lingkungan sekolah. Oleh karenanya, jika ingin mengembangkan perangkat pembelajaran, guru harus mengenali setiap faktor tersebut.

Guru memiliki 2 pilihan agar dapat merancang Silabus K13 SD.

rpp_inspiratif_sd_diskon
  1. Menyusun-nya secara mandiri oleh guru sekolah yang bersangkutan. Baik kepala sekolah, guru kelas, dan guru bidang studi ikut ambil bagian dalam proses pengembangan
  2. Ikut ambil bagian dalam kegiatan forum KKG (Kelompok Kerja Guru) atau MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) sekitar lingkungan setempat. Karena pada dasarnya sekolah sekitar akan menghadapi masalah yang sama dalam membuat perangkat pembelajaran.

Langkah-langkah mengolah Silabus Kurikulum 2013 SD

Mengisi Kolom Identitas Sekolah

Berisi informasi dasar tentang sekolah tempat anda mengajar, seperti: nama satuan pendidikan, kelas/semester, tema, subtema, dan alokasi waktu yang perlu sesuai kebutuhan.

Mengkaji Kompetensi Inti

Silabus K13 mempunyai 4 aspek kompetensi inti yang mau siswa capai.

  • KI-1 Sosial
  • KI-2 Spiritual
  • KI-3 Pengetahuan
  • KI-4 Keterampilan

Membuat Pemetaan KD

Kompetensi dasar adalah penjabaran dari kompetensi inti, merupakan kemampuan atau pun keahlian yang harus siswa punya, agar berhasil dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan kata lain, anda dapat melihat setiap jenis kompetensi tersebut dalam buku guru kurikulum 2013.

Menetapkan Indikator Silabus K13

Indikator adalah tanda dari pencapaian siswa dalam memahami kompetensi dasar mata pelajaran. Untuk merumuskan indikator biasanya perlu penyesuaian lebih jauh dengan karakteristik siswa dan satuan pendidikan. Penting untuk anda ketahui, bahwa setiap indikator menggunakan kata kerja operasional sesuai taksonomi bloom.

Mencantumkan Materi Pelajaran

Berisi topik-topik penting dari setiap materi bidang studi dalam yang akan siswa pelajari nantinya.

Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran bertujuan untuk mengali potensi siswa dengan memberikan interaksi pengalaman berhubungan aktivitas sehari-hari, karena dapat membuat siswa lebih mudah mengerti. Namun demikian, akan lebih bagus lagi jika kegiatan belajar menggunakan satu atau dua model pembelajaran yang guru paling kuasai.

Menentukan Teknik Penilaian

Penilaian bisa memakai Tes tertulis dalam bentuk soal isian, pilihan ganda, menggabungkan kata, tabel, teka-teki silang, analisis gambar, dan lain-lan. Selain itu, anda juga dapat menggunakan penilaian non tes seperti: menjawab pertanyaan secara langsung dan observasi.

Menentukan Alokasi Waktu

Penentuan alokasi waktu pada pembelajaran Silabus K13 SD Semua Tematik tergolong mudah, karena setiap 1 pembelajaran guru wajib menuntaskannya dalam 1 hari pertemuan. Sedangkan, alokasi waktu KD harus sesuai dengan jumlah jam minggu efektif guru masing-masing.

Menentukan Sumber Belajar

Apa saja objek atau benda yang guru perlukan dalam mengajar, apakah harus memakai media pembelajaran. Semuanya perlu perencanaan melalui Silabus SD, supaya guru lebih leluasa dalam melakukan tugas mengajarnya.

8 Prinsip Pengembangan Silabus Kurikulum 2013

  • Ilmiah: Setiap materi serta seluruh kegiatan yang terkandung dalam Silabus SD harus dapat secara benar dipertanggungjawabkan.
  • Relevan: Tingkat kesukaran baik materi pelajaran, dan soal-soal yang digunakan dalam rancangan Silabus SD Revisi Kurikulum 2013 harus sama dengan tingkat perkembangan fisik, emosional, sosial, spritual, dan intelektual dari siswa.
  • Sistematis: Untuk membuat suatu kompetensi yang tepat, setiap komponen Silabus Kurikulum 2013 SD harus memiliki keterkaitan fungsional.
  • Konsisten: Kompetensi dasar, materi pokok pelajaran, kompetensi dasar, kegiatan pembelajaran, penilaian, sumber belajar harus saling berkaitan satu sama lain.
  • Fleksibel: Artinya Silabus K13 Tematik dapat mengakomodasi perubahan yang terjadi pada peserta didik dan lingkungan pendidikan di sekolah
  • Menyeluruh: Membahas semua kompetensi siswa seperti aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.
  • Memadai: Komponen ini dapat memacu setiap kompetensi dasar yang akan dicapai oleh peserta didik.
  • Aktual dan Kontekstual: Silabus SD/MI Kurikulum 2013 dapat berkembang sesuai dengan perubahan yang dapat terjadi dari segi ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Download Silabus K13 SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 2 dan 1

Setiap format Silabus K13 SD Revisi 2021 menggunakan file winrar, jadi anda perlu mengekstrak lebih dahulu untuk membukanya. Untuk mengedit perangkat pembelajaran kurikulum 2013. Anda dapat mengunakan microsoft office atau sejenisnya, karena file tersimpan dalam bentuk .doc (dokumen)

Silabus K13 Revisi 2021 SD dapat berguna sebagai format perangkat pembelajaran Kurikulum 2013 untuk setiap tematik yang ada dan terdiri dari berbagai jenis mata pelajaran seperti misalnya: IPS, Bahasa Indonesia, Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), IPA, dan Matematika.

Silahkan telusuri lebih detail sesuai kelas masing-masing.

Download Silabus Pelajaran Matematika SD Kelas 4 5 6

Untuk sekolah dasar dimulai dari kelas 4, 5, dan 6. Pelajaran matematika telah di pisah dari pembelajaran tematik. Artinya anda juga harus memiliki Silabus SD khusus untuk pelajaran matematika. Anda dapat langsung mendownloadnya melalui link berikut.

BONUS: SILABUS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SD SEMUA KELAS

Selanjutnya apa?

Setelah anda merancang perangkat pembelajaran silabus untuk tiap kelas masing-masing. Selanjutnya langkah yang dapat Anda lakukan adalah: Merancang administrasi sekolah berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Silahkan mendownload perangkat tersebut dalam artikel berjudul RPP Kurikulum 2013 SD Lengkap 👈.

Jika anda punya pendapat atau pertanyaan mengenai format silabus kurikulum 2013 sd, Berikan komentar pada kolom dibawah ini.

rpp_inspiratif_sd_diskon

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *