Silabus Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 dan 2 [Format Terbaru]
Silabus

Silabus Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 dan 2 [Format Terbaru]

Pada hakekatnya, mengajar merupakan suatu proses yang harus tertata sesuai arahan dan langkah yang tepat. Salah satu langkahnya adalah dengan mempedomani Silabus Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi.

Guru Bahasa Inggris sangat memerlukan Silabus Kelas 9 sebagai rencana pembelajaran. Karena dapat membantu tenaga pengajar menyiapkan rancangan mengajar untuk jangka panjang secara garis besar.

Bagi guru sendiri, silabus memberikan kemudahan untuk mengatur secara teroganisir setiap langkah tepat untuk mengajar. Sehingga peserta didik mencapai hasil yang sesuai tujuan dan mencapai kompetensi dasar secara efektif.

Dengan pemikiran tersebut, salah satu peran yang harus dilakukan pengawas sekolah adalah bagaimana membimbing guru bidang studi bahasa inggris kelas IX.

Sobat dapat mempersiapkan silabus dengan cermat, agar pengalaman belajar siswa menjadi terencana dan mereka memaknai arti belajar tersebut.

Untuk membantu sobat guru merancang salah satu rencana pembelajaran semester 1 dan 2 ini. Gurusekali.com menerbitkan postingan ini, sobat dapat dengan mudah mendownload Silabus Bahasa Inggris Kelas IX Kurikulum 2013 (K13).

Review Silabus Kelas 9

Silabus merupakan rencana yang pelaksanaannya memerlukan jangka waktu yang cukup lama (satu semester). Jadi bisa sebagai acuan sobat saat menyusun RPP yang merupakan rancangan rencana yang lebih pendek.

Dengan kata lain, silabus menjadi sebuah program umum yang harus guru jabarkan kembali kedalam program pembelajaran yang lebih rinci, yaitu RPP 1 Lembar Bahasa Inggris Kelas 9.

Secara umum, silabus adalah rencana pembelajaran jangka panjang untuk mata pelajaran dengan memfokuskan pada komponen:

  • Standar kompetensi,
  • Kompetensi dasar,
  • Topik/pembelajaran,
  • Kegiatan pembelajaran,
  • Indikator,
  • Penilaian,
  • Alokasi waktu, dan
  • Sumber/ bahan/ alat belajar.

Silabus yang sobat kembangkan dengan baik dan efektif akan sangat mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan pembelajaran.

Komponen-komponen dalam Silabus Bahasa Inggris Kelas 9 harus sobat buat secara sistematis berdasarkan standar kompetensi inti dan kompetensi dasar yang Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah terbitkan.

Tanpa dukungan komponen lain, maka akan memberikan dampak “proses tidak akan berjalan dengan lancar“, karena proses dan komponen pembelajaran saling terkait dan diperlukan.

Komponen silabus bahasa inggris menjadi penting bagi guru kelas IX untuk merencanakan perangkat pembelajaran lain. Rencana pembelajaran tersebut dapat guru realisasikan kepada siswa, sehingga memberikan dampak perubahan.

Mengajar memberikan harapan terjadinya perubahan dalam diri siswa menjadi lebih baik.

Dalam pelaksanaannya mungkin tidak berjalan sesuai dengan yang direncanakan, karena proses pembelajaran itu sendiri dikontekstualisasikan.

Jika rencana telah dipersiapkan dengan matang, proses dan hasil tidak akan menyimpang terlalu jauh dari rencana.

Manfaat Silabus

Jika kita memperhatikan beberapan poin-poin penting diatas. Maka kita simpulkan, silabus adalah acuan utama bagi guru untuk merencanakan kegiatan pembelajaran. Adapun tiga manfaat utamanya adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai pedoman atau acuan untuk pengembangan pembelajaran lebih lanjut seperti penyusunan RPP. Terkait saat pengelolaan kegiatan pembelajaran, penyediaan sumber belajar dan merancang sistem penilaian.
  2. Sebagai ukuran keberhasilan suatu program pembelajaran.
  3. Dokumentasi tertulis menjadi tanggung jawab rencana mengajar.

Setiap rencana selalu berkaitan dengan perkiraan atau prediksi tentang apa yang akan sobat butuhkan. Demikian pula rencana pembelajaran bisa memprediksi tindakan yang akan sobat terapkan pada saat kegiatan pembelajaran terjadi.

Peran guru di sini sangat penting, yaitu guru harus mempersiapkan Silabus Bahasa Inggris Kelas 9. Alhasil sobat akan mempunyai rencana yang mempermudah membuat siswa belajar. Namun sobat juga harus memahani kondisi dan karakteristik siswa

Keberhasilan pelaksanaan proses pembelajaran merupakan salah satu indikator pelaksanaan kurikulum oleh lembaga bimbingan belajar.

Untuk itu, selama proses pembelajaran guru perlu menciptakan suasana belajar yang kondusif, memungkinkan dan mendorong siswa untuk mengembangkan segala kreativitasnya dengan bantuan guru.

Download Silabus Bahasa Inggris Kelas IX Kurikulum 2013 Revisi

Guru menjadi komponen pertama yang sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran. Karena guru memegang peranan yang sangat penting dalam mempersiapkan rencana, materi, menyampaikan dan mengelola seluruh proses belajar mengajar.

Untuk mencapai tujuan tersebut, sobat membutuhkan sebuah rancangan pengajaran berupa Silabus Bahasa Inggris sebagai tolak ukur pencapaian siswa dan landasan persiapan guru untuk mengajar.

Jika sobat ingin memperoleh tambahan sumber referensi yang membantu saat merancang Silabus Kelas 9. Sobat dapat secara langsung mendownloadnya melalui tautan ini:

Akhir Kata

Guru sebagai pendidik harus mampu menyusun dan mengembangkan pembelajaran dengan meningkatkan pengalaman siswa dengan perencanaan dan mengembangkan Silabus Kelas 9.

Oleh karena itu, untuk sobat perlu menambah pengetahuan dan mengasah keterampilan untuk membuat desain pembelajaran yang tertuang kedalam Silabus Bahasa Inggris Kelas 9 Kurikulum 2013 dengan benar.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *