Silabus

Silabus Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 dan 1 K13 Revisi Terbaru!

Silabus Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 dan 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 – Bahasa Indonesia adalah salah satu mata pelajaran SMP yang wajib siswa pahami dengan baik. Sebab Kurikulum 2013 Revisi menempatkan bidang studi tersebut sebagai penghubung dengan topik mata pelajaran lain.

Tanpa memahami bahasa, seseorang akan tidak mengetahui makna dari apa yang mereka pelajari. Karena demikian Bahasa Indonesia menjadi ujung tombak yang harus berada didepan dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya.

Untuk itu guru harus dengan cermat menyusun perencanaan pembelajaran yang tepat. Agar siswa dapat belajar secara bermakna mempelajari BI. Sehingga mampu menguasai 4 kompetensi utamanya, yaitu: keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis.

Salah satu langkah awal merancang pembelajaran BI yang efektif, efesien, dan tepat sasaran di tingkat SMP adalah dengan membuat Silabus Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 dan 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru.

Sebelum sobat mendownload filenya, mari baca ulasan menarik tentang salah satu administrasi kelas 7 tersebut.

Review Silabus Bahasa Indonesia SMP

Pada kurikulum 2013, siswa kelas 7 belajar Bahasa Indonesia (BI) pada semester 1 dan 2 lebih didominasi oleh pembelajaran berbasis teks. Tapi bukan berarti hanya sekedar dan tentang bahasa tertulis. Namun lebih merujuk kepada ungkapan ekspresi pikiran manusia yang tertuang dalam bentuk teks sesuai situasi dan konteksnya.

rpp_inspiratif_sd_diskon

Jadi rancangan pembelajaran Bahasa Indonesia SMP lebih menekankan kepada siswa untuk mahir dan cermat memahami teks bacaan. Sehingga menuntut siswa untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis.

Supaya lebih jelas, sobat wajib melihat contoh format dibawah ini.

Silabus Bahasa Indonesia Kelas 7 K13 Revisi
Tampilan format administrasi Silabus BI Kelas 7

Literasi menjadi salah satu rancangan kegiatan yang layak untuk guru pertimbangkan dan kembangkan dalam Silabus Bahasa Indonesia Kelas 7. Bagi sobat yang belum mengetahui apa itu literasi. Saya akan menjelaskan sedikit.

Kegiatan Belajar Literasi Bahasa Indonesia

Literasi merupakan suatu proses agar dapat belajar, dengan cara menangkap informasi-informasi penting. Bisa berbentuk sikap, pengetahuan, atau bahkan keterampilan. Kemudian mengolahnya secara kritis sehingga dapat mengkomunikasikannya kepada orang lain.

Cara belajar literasi sangat bermanfaat dalam meningkatkan minat baca siswa. Jika minat mereka untuk mau membaca tinggi, maka mereka akan dapat belajar secara mandiri. Untuk mengisi rasa haus keingintahuan dengan cara membaca.

Beberapa contoh kegiatan pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi 2017, 2018, 2019, 2020, 2021 yang bisa guru terapkan dalam mengembangkan Silabus Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2 dan 1. Yaitu: membaca jadwal pertandingan olahraga, membuat resep makanan/minuman, paham langkah-langkah petunjuk menggunakan obat, merancang CV atau surat lamaran pekerjaan, dan lain sebagainya.

Dari berbagai contoh tersebut. Bisa sobat lihat bahwa kegiatan belajar yang guru dapat terapkan tersebut sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Karena langsung bersinggungan dengan aktivitas pribagi seseorang.

Sedangkan bahan ajar yang cocok guru lengkapi dalam perancangan Silabus Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017, 2018, 2018, 2020, 2021. Seperti: teks bacaan ramalan cuaca, resep-resep dokter, jadwal pertandingan olahraga (koran), contoh CV dan surat lamaran kerja, teks iklan, puisi, cerpen, pantung, dan pastinya masih banyak lagi.

Download Silabus Bahasa Indonesia Kelas 7

Rancangan silabus yang akan sobat unduh terdiri dari 2 bagian. Yaitu format dengan menggunakan 3 kolom dan 8 kolom. Setiap file menggunakan format .doc (dokumen). Jadi, kalau sobat ingin membukanya pastikan terlebih dahulu handphone, laptop, atau komputer telah terinstal aplikasi Microsoft Word atau Google Doc sejenisnya.

Untuk mempermudah proses pengunduhan, file tersusun sesuai tabel dibawah ini. Tekan link download untuk mendapatkan perangkat pembelajarannya.

Silabus Bahasa Indonesia Kelas VII (Format 3 Kolom)Download
Silabus Bahasa Indonesia Kelas VII (Format 8 Kolom)Download

Agar mempunyai perangkat administrasi kelas 7 yang sesuai kebutuhan siswa dan sekolah. Ada baiknya lakukan pengeditkan, sehingga bisa mengembangkan Silabus Pembelajaran Bahasa Indonesia sesuai dengan keinginan masing-masing guru.

Akhir Kata

Silabus memiliki peranan penting yang mana sebagai langkah awal guru merencanakan kegiatan mengajar. Oleh karena itu sangat wajib menyusunnya terlebih dahulu, sehingga bisa menjadi panduan dalam merancang perangkat pembelajaran yang lain.

Sobat sekarang sudah memiliki Silabus Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII. Namun jangan lupa, untuk melengkapi semua administrasi guru SMP lainnya. Silahkan kunjungi postingan artikel gurusekali.com lainnya. Salam.

rpp_inspiratif_sd_diskon

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *