RPP

RPP 1 Lembar Matematika Kelas 4 Semester 1 dan 2 K13 Revisi 2021

RPP 1 Lembar Matematika Kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2021 telah berpisah dengan pelajaran tematik. Oleh sebab itu guru juga harus merancang RPP 1 halaman sebelum proses belajar mengajar berlangsung.

RPP Matematika Kelas 4 Semester 1 dan 2 merupakan bukti administrasi yang guru rancang berdasarkan pedoman Silabus Pembelajaran yang hanya membutuhkan 1 lembar saja.

Adapun tujuannya adalah demi menciptakan kegiatan belajar mengajar yang kondusif bagi siswa serta menyenangkan, maka perlu sebuah rencana yang mencakup rincian detail proses yang akan terjadi selama kegiatan belajar mengajar.

Review RPP Matematika Kelas 4 Semester 1 dan 2

Penerapan kegiatan mengajar guru SD yang ada pada RPP Matematika Revisi 2017, 2018, 2019, 2020, 2021, biasanya terdiri dari kegiatan awal, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Kegiatan inti mencakup transfer ilmu pengetahuan, penguatan pendidikan karakter, penanaman keterampilan, dan terakhir penutup, melakukan refleksi pribadi dan rangkuman singkat.

Biasanya, guru-guru sekolah dasar akan merancang perangkat pembelajaran secara bersama-sama melalui KKG (kepanjangan dari Kelompok Kerja Guru) dan juga MGMP (singkatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran) sekitar lingkungan sekolah tempat Kamu mengajar.

Ditempat tersebut, para guru kelas 5 dan bidang studi matematika akan berkumpul untuk saling mendiskusikan dan berbagai ide-ide menarik untuk menciptakan kegiatan belajar yang dapat menunjang hasil belajar siswa. Ciptaan tersebut berupa RPP Matematika Kelas 4 Kurikulum 2013 yang menjadi panduan guru untuk mengajar di kelas.

Namun, jika tidak memungkinkan Bapak dan Ibu Guru SD/MI dapat secara langsung mendownloadnya melalui beberapa website yang ada pada internet.

Untuk membantu itu semua, gurusekali.com sudah meringkas beberapa RPP 1 Lembar Matematika Kelas 4 Semester 1 (ganjil) dan 2 (genap) Revisi 2021. Kamu dapat mendownloadnya pada akhir artikel.

Format RPP 1 Lembar Matematika Kelas 4

Pelajaran matematika merupakan bidang studi pokok pada semua jenjang pendidikan mulai dari SD kelas rendah hingga perguruan tinggi. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya peran bidang studi ini dalam kehidupan.

Terutama untuk siswa kelas 4 SD, yang sudah memasuki fase kelas tinggi. Pelajaran matematika yang mereka pelajari menjadi satu disiplin ilmu yang sangat penting dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan sehari-hari.

Guru harus mampu membuat rencana matang dalam RPP Matematika Kelas 4 SD, sehingga siswa memiliki kemampuan pemecah masalah yang baik dalam menyelesaikan persoalan matematika terutama berbasis dengan HOTS

Adapun 4 langkah fase penyelesaian masalah yaitu:

  1. Memahami masalah, pada fase ini siswa memahami tentang hal yang ada
  2. Merencanakan pemecahan masalah yaitu merencakan penyusunan penyelesaian masalah berdasarkan pengalaman siswa. 
  3. Menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana yang telah tersusun. 
  4. Pengecekan kembali semua langkah yang telah selesai.

Namun dalam kenyataan sering kali siswa kelas 4 SD mengalami kesulitan dalam menggunakan metode atau prosedur dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini disebabkan karena RPP 1 Lembar SD Matematika hanya menekankan pada hasil tidak menekankan pada prosesnya.

Menteri Pendidikan Nadiem Makarim telah mengesahkan Permendikbud Nomor 14 Tahun 2019. Menyebabkan perancangngan RPP 1 Lembar Matematika Kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2021 menjadi lebih sederhana. Sekarang para guru lebih mudah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran karena hanya cukup 1 lembar saja.

Ada 3 komponen terpenting yang harus ada dalam format RPP yang akan guru rancang, yaitu:

  • Tujuan Pembelajaran
  • Kegiatan Proses Belajar Mengajar (Pendahuluan, Inti, dan Penutup)
  • Assesment atau penilaian hasil belajar siswa

Apabila kamu sebelumnya sudah mempunyai rancang RPP dengan versi lengkap atau yang sebelumnya. Tidak perlu risau, sebab kamu masih dapat menggunakannya. Dengan catatan setiap rencana kegiatan harus sesuai dengan yang akan dilakukan selama proses belajar mengajar nantinya.

Perangkat Pembelajaran Matematika SD

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam RPP Kelas 4 Revisi 2018 merupakan kegiatan mengaitkan contoh karakter berbudi luhur dalam pengajaran matematika kelas 4 dengan menggunakan contoh-contoh berhubungan kehidupan sehari-hari.

Sehingga siswa dapat tertanamkan sikap mandiri, nasionalisme, religius, percaya diri, gotong-royong, dan integritas tinggi.

Rancangan kegiatan literasi yang ada pada RPP K13 Matematika Kelas 4 Revisi 2018 menerapkan agar terlaksana tindakan dan kegiatan dengan mengarahkan siswa terbiasa melakukan kunjungan ke perpustakaan sekolah. Sehingga dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa-siswi sekolah dasar.

Beberapa kemampuan literasi yang akan guru pupuk perkembangannya seperti: Mencari informasi pelajaran selain dari buku matematika (bisa dari internet/koran/majalah), memahami materi dengan budaya membaca, menciptakan pohon literasi, dll

4C singkatan dari komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis dalam memecahkan masalah, dan inovatif dan kreatif. Susunan pelaksanaan dalam kegiatan RPP Kelas 4 SD telah menggunakan 3 kompetensi dasar puncak dalam taksonomi bloom yaitu kemampuan analisis, evaluasi, dan menciptakan.

Sehingga siswa bukan hanya sekedar menghafal pelajaran matematika, tetapi memahaminya melalui kegiatan tersebut serta memiliki keterampilan abad 21. Sehingga siswa dapat secara langsung menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka miliki dalam memecahkan masalah di kehidupan sehari-hari.

HOTS (Higher Order Thinking Skill). Mengharapkan siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah. Lebih mengajar siswa berpikir kritis menyelesaikan soal-soal yang sesuai dengan indikator dan tersusun secara sistematis dan proporsional. Sehingga siswa terbiasa mengerjakannya. Jadi, matematika adalah pelajaran yang mengutamakan latihan terbimbing,

Download RPP MTK Kelas 4 Semester 1 dan 2

Adapun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan Buku Matematika Revisi 2018 dan format file .doc (dokumen). Kalau kamu mau mengeditnya gunakan software microsoft sejenisnya. Untuk mendapatkan hasil perangkat matematika yang sesuai dengan keinginan kamu.

Sekian informasi artikel mengenai Download RPP MTK Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2021 dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat. Jika kamu menemukan link atau file yang error/corrupt segera laporkan kepada kami melalui kolom komentar.

Link Download:

Sebelumnya apa?

Bapak/Ibu guru pasti telah memiliki file Perangkat Pembelajaran Matematika yang telah kami bagikan. Jangan lupa untuk merancang yang namanya Penyebaran Kompetensi Dasar Capaian Siswa. Kunjungi link artikel Pemetaan KD Matematika Kelas 4 Kurikulum 2013.

Selain itu, jika Kamu belum memiliki RPP Tematik, bisa dapat melalui link berikut: Download RPP Kurikulum 2013 SD Lengkap Semua Kelas. Sekian artikel ini kami bagikan untuk Kamu semua. Jangan lupa untuk share dan subscribe kami agar tidak ketinggalan update terbaru lainnya.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

7 Comments

  1. Hory

    Terima kasih untuk rpp matematik kelas 4

  2. Fiona

    Cocok sekali perangkat pembelajaran rpp matematika kelas iv dengan buku kurikulum 2013 yang saya gunakan. Terima kasih sudah berbagi administrasi guru ini. Salam guru dari kalimantan

    1. guru malas

      terima kasih sudah mengunduh file .doc rpp

  3. Tobira

    Terima kasih berbagi rpp mtk kelas 4 semester 1 dan 2. sangat berguna untuk mamak saya yang seorang guru mau pensiun

  4. Desi Trina

    Thanks untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Kelas 4 yang Anda bagikan. Saya sudah download perangkat administrasi guru lainnya. Sangat sesuai, terima kasih sudah sharinggg

  5. Warno

    sangat sesuai rpp mtk kelas 4, terima kasih

    1. guru malas

      sama-sama. Makasih sudah mampir, jangan lupa mendownload perangkat mtk lainnya

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *