RPP

RPP K13 Kelas 3 Semester 2 Revisi 2021 #1 Lembar

Seorang guru tentu memiliki banyak peran, salah satunya sebagai perencana dalam membuat RPP K13 Kelas 3 Semester 2 Revisi 2021 terbaru hanya 1 lembar. Kamu pastinya lagi sibuk membuat perangkat pembelajaran ini bukan? Silahkan mendownloadnya secara gratis pada akhir artikel.

Bagi kamu yang belum mempunyai perangkat pembelajaran semester sebelumnya. Silahkan kunjungi artikel berjudul RPP Kelas 3 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2021 Terbaru. Untuk mendownload setiap file .doc tematik secara lengkap.

Apa kamu tahu?. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dapat mengembangkan potensi siswanya menjadi manusia yang taat terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, kreaif, mandiri, dan bertanggung jawab.

Guru perlu membuat perencanaan dalam bentuk 1 Lembar, tentunya guru perlu melakukan revisi terhadap setiap Kompetensi Dasar (KD). Rencana tersebutlah yang dikenal dengan sebutan RPP singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

RPP K13 Kelas 3 SD Semester 2 Revisi 2021 merupakan rencana pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan tematik kurikulum 2013 sebagai pemodan dalam melaksanakan interaksi antara guru dan siswa.

Kurikulum 2013 merupakan pengembangan terhadap kurikulum sebelumnya, baik Kurikulum Berbasisi Kompetensi yang dirilis tahun 2004 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada tahun 2006.

Mengembangkan Kurikulum 2013 Revisi 2021

Pengembangan kurikulum 2013 kelas 3 harus sesuai dengan UU Sisdiknas tahun 2003 dengan tema yaitu kurikulum yang dapat menghasilkan insan Indonesia yang Produktif, Kreatif, Inovatif, Afektif melalui penguatan Sikap (spiritual dan sosial), Ketrampilan, dan Pengetahuan yang terintegrasi.

Namun ketercapaiannya dapat dikatakan tidak mungkin tanpa suatu proses yang terencana, terprogram, dan terlaksana dengan efisien, efektif, dan relevan.

Agar rancangan RPP Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 SD Revisi 2021 dapat menjadi serangkaian pengalaman pembelajaran yang relevan, masih memerlukan proses pengembangan lebih lanjut program pembelajaran.

Guru kelas dan mata pelajaran memiliki tanggung jawab dalam melaksanakannya. Untuk itu guru perlu menjadi tenaga pendidik yang benar-benar menguasai:

  • Bidang studi yang menjadi tanggung jawabnya;
  • Karakteristik peserta didik;
  • Berbagai model pembelajaran;
  • Teknologi pendidikan;
  • Sistem evaluasi

Akan tetapi pada kenyataannya bahwa tidak semua guru menguasai kelima jenis pengetahuan tersebut. Guru merancang perangkat pembelajaran RPP Kelas 3 Semester 2 K13 Revisi 2021, harus melakukan beberapa kegiatan berikut:

  • Merancang model pembelajaran yang relevan dengan topik dan tujuan kurikulum;
  • Memilih bahan belajar;
  • Memilih media belajar yang sesuai;
  • Merancang bentuk interaksi belajar antar peserta didik; dan
  • Merancang program evaluasi.

Guru Sebagai Perencana Perangkat Pembelajaran

Guru harus mampu berperan sebagai perencana sesuai dengan panduan RPP K13 Kelas 3 Semester 2, implementor (pelaksana), dan evaluator (penilai) kegiatan pembelajaran.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP), standar prosesnya mencakup:

  • Perencanaan proses pembelajaran,
  • Pelaksanaan proses pembelajaran,
  • Penilaian hasil pembelajaran,
  • Pengawasan proses pembelajaran.

Dari empat aspek pembelajaran dalam standar proses di atas, pada penelitian yang dilakukan, peneliti memfokuskan pada aspek perencanaan pembelajaran.

Karena itu, sangat penting bagi seorang guru untuk membuat perencanaan pembelajaran sebelum mengajar. Perencanaan pembelajaran yang tertuang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

RPP Tematik Kelas 3 adalah rencana pembelajaran yang pengembangannya mengacu pada suatu Kompetensi Dasar (KD) tertentu di dalam kurikulum/silabus.

Pembuatan RPP Kurikulum 2013 SD bertujuan sebagai rangka pedoman guru dalam mengajar sehingga pelaksanaannya bisa lebih terarah, sesuai dengan KD yang telah guru tetapkan.

RPP Tematik Kelas 3 Semester 2 Abad 21

Kamu pasti sejutu, bahwa mengembangkan RPP K13 Revisi 2021 harus berpedoman dari silabus. Sehingga dapat mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Setiap Guru Kelas 3 dan mata pelajaran harus berkewajiban menyusun RPP Tematik Kurikulum 2013 SD secara lengkap dan sistematis. Bertujuan agar pembelajaran yang berlangsung dapat terjadi secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efesien. Sehingga dapat memotivasi siswa-siswi untuk berpartisipasi aktif.

Selain itu juga dapat memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa.

Menyusun RPP Kelas 3 Semester 2 Kurikulum 2013 SD Revisi 2021 harus berdasarkan KD atau subtema yang terlaksana setiap kali pertemuan atau lebih. Oleh karena itu, perlunya kompetensi guru dalam merancang pembelajaran, menuntut guru harus mampu merumuskan sendiri komponen-komponen yang ada dalam RPP.

Namun pada kenyataannya, masih ada banyak guru yang mengalami kesulitan terkait dengan penyusunan RPP Tematik Kelas 3. Dengan adanya perubahan kurikulum, berimbas kepada perubahan susunan komponen dan prinsip-prinsip dalam menyusun perangkat pembejaran tersebut.

Sementara, dalam kurikulum 2013 revisi 2021 memuat adanya pembelajaran abad 21. Pembelajaran abad 21 merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan literasi, kecakapan pengetahuan, ketrampilan, sikap serta penguasaan terhadap teknologi.

Literasi menjadi bagian terpenting dalam sebuah rancangan kegiatan RPP K13 Kelas 3 Semester 2 . Proses pembelajaran akan mulai dari suatu hal yang mudah menuju hal yang sulit. Dengan evaluasi LOTS akan menjadi tangga bagi siswa untuk meningkatkan kompetensi menuju seorang yang memiliki pola pikir kritis (HOTS).

Seseorang yang memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaborasi, dan mampu berkomunikasi dengan baik akan meningkat pula karakternya sehingga keilmuan dan kompetensi yang mereka kuasai akan menjadikannya memiliki sikap/karakter yang bertanggung jawab, bekerja keras, jujur dalam kehidupannya.

Melalui pembelajaran tersebut pada akhirnya dapat menghasilkan lulusan yang berkarakter, kompeten, literasi untuk siap menghadapi tantangan abad 21.

Download RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 2

Bagi kamu yang masih sibuk mau membuat perangkat pembelajaran dalam bentuk RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 2 K13 Revisi 2021. Silahkan mendownloadnya melalui link berikut ini:

RPP Kelas 3 Tema 5Download
RPP Kelas 3 Tema 6Download
RPP Kelas 3 Tema 7Download
RPP Kelas 3 Tema 8Download

Selanjutnya Apa?

Setelah kamu memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kelas 3 Semester 2 tersebut. Perangkat administrasi sekolah yang harus kamu buat adalah Kriteria Ketuntasan Minimal. Silahkan mendownloadnya melalui link berikut: Format KKM Kelas 3 Kurikulum 2013.

Sekian artikel kami mengenai RPP Kurikulum 2013 SD. Jangan lupa untuk menshare dan mensubscribe via email GRATIS untuk terus mendapatkan update terbaru lainnya.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

1 Comment

  1. Khotimah

    Terimakasih, semoga Berkshire dan bisa mempermudah para Guru ūü§≤

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *