RPP 1 Lembar Seni Budaya Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013
RPP

RPP 1 Lembar Seni Budaya Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013

Guru SBdP merupakan penjaga garis depan pendidikan yang memiliki kewajiban untuk menyusun RPP 1 Lembar Seni Budaya Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013. Bagi sobat yang sedang mencari referensi perangkat pembelajaran, tidak perlu risau. Sebab dapat mendownloadnya secara gratis pada akhir postingan ini.

Seni Budaya adalah salah satu mata pelajaran yang siswa pelajari selama duduk di bangku kelas 9 SMP. Bidang studi ini biasanya terdiri dari 4 topik yang akan guru ajarkan, yaitu : Seni Musik, Teater, Rupa, dan Tari. Setiap topik tersebut wajib guru persiapkan perangkat pembelajaran. Sehingga dapat menciptakan proses belajar mengajar yang efektif, efisien, dan berpusat kepada siswa.

Guru adalah pendidik yang membekali siswa dengan banyak ilmu di sekolah, dan guru adalah yang paling cakap dalam profesinya. Dengan ilmu tersebut, dia bisa menjadikan siswa yang tidak tahu menjadi orang yang tahu.

Sebelum menjadi seorang guru, sobat tentu memiliki kepribadiannya masing-masing sesuai dengan latar belakang kehidupannya. Kepribadian tersebut memberikan pengaruh sebagai aspek yang tidak dapat sobat kesampingkan dalam rangka keberhasilan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Terutama dalam membimbing siswa menjadi manusia yang berilmu dan berkepribadian. Kepribadian seperti inilah yang mempengaruhi model kepemimpinan dan perencanaan mengajar RPP Seni Budaya Kelas 9 Semester 1 dan 2 yang akan sobat terapkan dalam kegiatan tatap muka.

Review RPP 1 Lembar SMP

Pandangan sobat terhadap siswa akan mempengaruhi aktivitas mengajar di kelas. Seorang guru yang melihat siswa sebagai eksistensi individu dengan segala perbedaan dan persamaannya akan berbeda dengan seorang guru yang melihat mereka sebagai eksistensi sosial yang membutuhkan metode yang bijaksana.

Melihat perbedaan pandangan terhadap siswa tersebut akan menghasilkan RPP 1 Lembar Seni Budaya Kelas 9 yang berbeda, dan tentunya hasil dari proses belajar mengajar juga berbeda.

Oleh karena itu, guru perlu mempelajari dunia seni khususnya seni budaya secara utuh sebagai prasyarat pendidikan. Seperti yang kita ketahui bersama, siswa SMP berada pada tahap pengembangan diri dalam perkembangan dan kecerdasan.

Pengaruh perkembangan tersebut membuat rasa ingin tahu siswa lebih kritis dan realistis, bahkan percaya pada hal-hal yang lebih rasional, secara psikologis meningkatkan kehidupan sosial mereka. Sehingga mereka akan lebih sadar akan lingkungannya. Maka dari itu, semua aspek perkembangan ini bertujuan untuk anak didik.

Guru terlebih dahulu memperhatikan isi yang terdapat pada materi mata pelajaran Seni Musik, Tari, Teater, dan Rupa. Apakah itu gambar atau kata-kata, kemudian menjelaskan dan mendemonstrasikan sesuai tema yang menjadi materi pembelajaran. Kemudian peserta didik mempraktekkan materi tersebut secara berkelompok serta individu.

Selanjutnya ada juga sumber belajar yang dapat sobat cantumkan dalam RPP Seni Budaya Kelas 9 Semester 1 dan 2, sumber tersebut sebenarnya banyak terdapat di lingkungan sekitar siswa. Jadi, sumber belajar tersebut dapat membedakannya menjadi: manusia, buku, perpustakaan, media massa, lingkungan alam dan media pendidikan itu sendiri.

Oleh karena itu, sumber belajar adalah segala segala hal yang dapat guru SBdP jadikan sebagai bahan penunjang kegiatan RPP Kelas 9. Salah satunya adalah media pendidikan dapat membantu agar memperkaya wawasan siswa. Jadi, sobat harus bijak dalam menggunakan media pembelajaran yang dapat menunjang peningkatan pembelajaran.

Download RPP Seni Budaya Kelas 9 Semester 1 dan 2

Untuk mencapai tujuan atau kemampuan belajar yang diharapkan, maka harus guru perlu menyusun RPP Seni Budaya Kelas 9 sebelum terlaksananya proses belajar mengajar dengan siswa. Setiap tujuan pembelajaran tersebut dapat diidentifikasi dan dipahami dengan konsistensinya berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan dalam silabus.

Bagi sobat yang sudah memiliki perangkat pembelajaran lainnya seperti: Silabus, Kompetensi Dasar (KD), PROTA, PROMES, KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum), ada baiknya sobat mendownload RPP yang gurusekali.com akan bagikan.

Setiap file perangkat pembelajaran yang akan sobat download, telah gurusekali.com simpan menggunakan format .doc (dokumen). Oleh karena itu, jika ingin mengedit filenya wajib memiliki software Microsoft Office Word atau sejenisnya.

Gurusekali.com juga berharap kepada sobat semua untuk menyusun RPP sesuai dengan kebutuhan sekolah dan karakteristik siswa. Sehingga menghasilkan perencanaan yang lebih baik lagi dalam mengajar.

Silahkan tekan tautan dibawah ini, untuk mengunduh file Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

RPP Seni Budaya Kelas IX Semester 1Download
RPP Seni Budaya Kelas IX Semester 2Download

Akhir Kata

Bidang studi seni budaya memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan siswa, terutama menumbuhkan kearifan moral secara kompetitif, dengan latar belakang sebagai berikut, yaitu isi budaya dan seni yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan

Selain itu, tidak terbatas pada satu mata pelajaran saja, karena kebudayaan itu sendiri mencakup semua aspek kehidupan. Seni Budaya merupakan mata pelajaran yang bukan hanya sekedar mempelajari tentang seni, tetapi juga memperhatikan kepaduannya dengan budaya indonesia.

Oleh karena itu, mata pelajaran budaya dan seni pada dasarnya adalah pendidikan budaya. Beberapa topik penting tersebut antara lain: seni rupa, musik, tari dan teater yang memiliki berbagai ciri khas tersendiri sesuai dengan kaidah keilmuannya masing-masing.

Kegiatan seni harus beradaptasi dengan kekhasan tersebut, jadi guru juga perlu memperhatikannya dalam pengembangan RPP 1 Lembar Seni Budaya Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

1 Comment

  1. Gorlinta

    Sangat bermanfaat. Terima kasih rpp 1 lembarnya

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *