RPP

RPP 1 Lembar Prakarya Kelas 9 Semester 1 dan 2 K13

Download RPP 1 Lembar Prakarya Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 – Kegiatan belajar mengajar adalah salah satu inklusi yang perlu guru kembangkan selama prosesnya. Sehingga, guru memainkan peran aktif dalam mengajar siswa pelajaran Prakarya Kelas 9 SMP.

Dalam proses pembelajaran guru saat ini lebih menuntut siswa. Maka dari itu, perlu perencanaan yang matang untuk membuat siswa lebih termotivasi untuk belajar. Salah satu jawabannya adalah dengan membuat RPP 1 Lembar Prakarya Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru.

Dengan harapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran tersebut, guru dapat menyusun berbagai hal yang menjadi fokus utama. Agar dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan dan keterampilan siswa-siswi dalam mempelajari materi Prakarya Kelas 9.

Review RPP 1 Lembar SMP

Belajar adalah proses psikologis yang terjadi pada seseorang yang menyebabkan perubahan perilaku. Ini berarti bahwa kebutuhan untuk mencapai pencapaian tujuan pendidikan sangat tergantung pada bagaimana siswa mengalami proses pembelajaran. Dalam hal ini guru memainkan peran yang sangat penting dalam perencanaan RPP 1 Lembar Prakarya Kelas 9 Semester 1 dan 2.

Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah salah satu tingkat pendidikan formal yang bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, karakter mulia, dan keterampilan hidup mandiri siswa. Maka mereka dapat dari itu pentingnya RPP K13 Kelas 9 dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi pendidikan mereka.

Sekolah Menengah (SMP) memberikan kemampuan kognitif, emosi, dan psikomotorik untuk mengembangkan kemampuan siswa, fungsi mata pelajaran dalam mengembangkan pengetahuan, keterampilan, kreativitas, dan sikap kerja. Melalui adanya RPP 1 Lembar Prakarya Kelas IX, guru mengharapkan siswa dapat memiliki dan mengembangkan ilmu dan skill mereka.

Mata Pelajaran Prakarya adalah salah satu topik Kurikulum 2013 yang akan guru ajarkan pada siswa SMP. Topik ini didasarkan pada materi Budidaya, Kerajinan, Pengolahan, dan Rekayasa. Agar dapat menumbuhkan kreativitas dengan dibantu oleh teknologi dasar karena sistem kerja spesifik akan menghasilkan keterampilan tingkat tinggi.

Istilah pengerajin dimulai dengan pelaksanaan keterampilan, perawatan dan penciptaan dengan dasar kinerja psikomotorik skill. Dengan demikian adanya RPP 1 Lembar Prakarya Kelas IX SMP yang berisi penyusunan dengan objek inovatif dan fungsional berdasarkan prinsip fungsinya.

Guru telah mendapatkan beberapa kemudahan dalam merancang RPP Kurikulum 2013 (K13) SMP. Penyebabnya adalah munculnya Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim Nomor 14 Tahun 2019 mengenai penyederhanaan rencana pelaksanaan pembelajaran.

Hal tersebut memberikan dampak bagi guru untuk tidak perlu lagi menyusun RPP Prakarya Kelas 9 dengan membutuhkan banyak halaman. Bayangkan saja, sebelumnya saat membuat design pembelajaran perlu kira-kira 10 sampai 16 lembar kertas. Padahal RPP tersebut hanya untuk 1 pertemuan saja.

Keuntungan yang lain yang diperoleh dengan adanya penyederhanaan RPP ini adalah guru lebih bisa mengekspresikan diri dalam merancang kegiatan mengajar belajar yang lebih menarik. Sehingga dapat memupuk rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang sedang mereka pelajari.

Download RPP 1 Lembar Prakarya Kelas 9 Semester 1 dan 2

Adapun RRP yang akan sobat unduh terdiri dari 4 topik pelajaran prakarya, yaitu : Budidaya, Kerajinan, Pengolahan, dan Rekayasa yang telah gurusekali.com padukan menjadi satu kesatuan file.

Untuk format RPP Prakarya berbentuk .doc (document), untuk itu perlu menggunakan aplikasi seperti Microsoft Office atau Google Doc. Jadi pastikan software tersebut telah terinstal sebelumnya pada perangkat laptop, smartphone atau komputer yang sedang sobat gunakan.

Berikut adalah tautan yang dapat sobat klik untuk mendownload setiap file RPP:

RPP Prakarya Kelas IX Semester 1Download
RPP Prakarya Kelas IX Semester 2Download

Ayo Lihat Juga:

Perlu gurusekali.com himbaukan kepada sobat semua, untuk melakukan pengeditan terlebih dahulu dari beberapa bagian RPP tersebut. Sehingga dapat memiliki perencanaan mengajar yang sesuai kebutuhan, kondisi sekolah, dan karakteristik siswa.

Akhir Kata

Tugas guru dalam dunia pendidikan adalah membimbing peserta didik untuk tumbuh menjadi manusia yang berkualitas. Sehingga dapat secara aktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.

Salah satu komponen penting dalam upaya mencapai tujuan tersebut adalah merencanakan kegiatan mengajar dalam bentuk RPP 1 Lembar Prakarya Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru.

Penyelenggaraan pembelajaran seni khususnya Prakarya menuntut guru memiliki keterampilan menerapkan model pembelajaran guna menjembatani kesenjangan, meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran, serta mencapai tujuan pembelajaran.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *