RPP 1 Lembar PJOK Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013
RPP

RPP 1 Lembar PJOK Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013

Download RPP PJOK Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013Demi memaksimalkan apa yang ingin kita capai, perlu sebuah perencanaan yang matang. Hal sama juga berlaku sebagai Guru Orkes Kelas IX SMP/Mts yang bekerja mengajar dan mendidik.

Supaya siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran, guru perlu merencanakan kegiatan apa saja yang akan mereka lakukan. Perencanaan tersebut itu berbentuk perangkat pembelajaran RPP 1 Lembar PJOK Kelas 9 Semester 1 dan 2.

Sebagai salah satu administrasi guru, RPP memiliki peranan penting, terutama dalam memberikan pengaruh yang positif untuk meningkatkan kualitas proses tatap muka yang terjadi saat mengajar.

Guru bidang studi olahraga memiliki banyak peran dan tanggung jawab. Bukan hanya menjadi pengajar, pendidik, motivator. Namun juga sebagai perencana yang menyusun tujuan pembelajaran, kegiatan belajar, dan proses penilaian yang akan siswa-siswi kelas 9 SMP hadapi nantinya.

Pengertian perencanaan secara keseluruhan adalah menentukan berbagai hal yang ingin dicapai dalam tujuan yang akan datang. Maka dari itu, sobat perlu menentukan tahapan-tahapan yang untuk mencapai tujuan tersebut.

Jadi, perencanaan juga dapat mengartikannya sebagai suatu bentuk kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu dan berkoordinasi dalam jangka waktu tertentu.

Oleh karena itu, dalam RPP PJOK Kelas 9, perlu melakukan berbagai kegiatan pengujian di beberapa arah pencapaian. Seperti: menganalisis segala ketidakpastian, mengevaluasi kemampuan, menentukan pencapaian tujuan, dan menentukan langkah-langkah untuk mencapaian kurikulum 2013 revisi terbaru.

Secara sederhana, perencanaan adalah proses berpikir logis dan membuat keputusan rasional sebelum mengambil berbagai tindakan. Ini akan membantu masing-masing guru PJOK dalam merencanakan masa depan generasi penerus bangsa. Sehingga dapat memutuskan cara terbaik untuk menghadapi apa yang akan terjadi saat mengajar.

Ayo download gratis perangkat pembelajaran penjas kelas IX SMP Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013...

Review RPP 1 Lembar SMP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau singkatannya RPP menjadi pedoman bagi guru untuk menentukan jalur pembelajaran selama satu semester kedepan. Dalam proses persiapan, guru dapat menyelesaikannya sendiri (individu) atau dengan KKG (Kelompok Kerja Guru).

Biasanya setelah menyelesaikan KKG, guru-guru akan bekerja sama menghasilkan RPP, namun juga perlu secara matang memperhatikan cakupan dari Pemetaan Kompetensi Dasar (KD).

Khusus untuk RPP 1 Lembar PJOK Kelas 9 Semester 1 dan 2 ini, meskipun banyak format RPP yang sudah tersedia dari berbagai sumber, baik itu dari kemdikbud atau para guru yang menshare melalui blog-blognya.

Namun ternyata masih banyak juga guru yang belum tahu cara mudah menghasilkan RPP 1 Lembar sesuai dengan Surat Edaran Menteri Nadiem Makarim Nomor 14 Tahun 2019.

Penyebabnya karena Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan belum menetapkan format baku secara resmi. Artinya, guru mendapatkan kebebasan dalam menyusun dan merancang RPP 1 Lembar PJOK Kelas IX sesuai inspirasi dan kreativitas masing-masing.

Biasanya, semakin sobat mempersingkat RPP menjadi 1 halaman, semakin bingung sobat. Sebab harus juga memperhatikan 5 komponen penting dalam tatap muka.

RPP 1 Lembar SMP harus menggabungkan kegiatan belajar seperti: Literasi dan Numerasi Abad 21, PPPK, 4C, serta HOTS. Setiap komponen tersebut menjadi bagian penting yang dapat mengasah kemampuan siswa sesuai anjuran PISA (Programme for International Student Assesment).

Menariknya, konsep “merdeka belajar” yang Mendikbud anjurkan tidak serta merta menyederhanakan cara pengajaran. Tetapi lebih kepada mempermudah tugas administrasi guru. Sehingga bisa lebih fokus menghabiskan waktu bersama dengan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Secara garis besar, RPP meliputi Tujuan Pembelajaran, Kegiatan (pendahuluan, inti, penutup), dan Evaluasi. Namun perlu guru ketahui, bahwa format yang lengkap tidak hanya memuat ketiga hal tersebut, tetapi juga harus menyusunnya dengan semua komponen yang mungkin menghabiskan 20 lembar per tatap muka.

Download RPP PJOK Kelas 9 Semester 1 dan 2

Setiap guru pada suatu satuan pendidikan SMP berkewajiban menyusun rencana pengajaran yang lengkap dan sistematis. Supaya pembelajaran menjadi lebih interaktif, inspiratif, menarik, dan menantang.

Sehingga dapat merangsang siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan prakarsa dan kreativitas yang cukup sesuai dengan bakat dan kemandiriannya. Tak ketinggalan memprioritaskan minat, kemampuan, dan perkembangan fisik dan mental peserta didik.

Bagi sobat yang ingin mendownload format lengkapnya, dapat mentelusuri link tautan dibawah ini:

RPP PJOK Kelas IX Semester 1Download
RPP PJOK Kelas IX Semester 2Download

Untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang lebih bagus. Gurusekali.com anjurkan untuk melakukan pengeditan yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan kondisi sekolah masing-masing. Jadi, setiap perencanaan mengajar yang sobat telah hasilkan, dapat terlaksana dengan baik, efektif, efisien, dan berorientasi kepada siswa.

Akhir Kata

Guru Penjas merancang rencana pembelajaran untuk setiap pertemuan dan menyesuaikannya dengan jadwal satuan pendidikan. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah pedoman bagi guru untuk belajar untuk setiap KD saat mengajar di kelas atau praktek di lapangan.

Dalam penyusunannya, guru harus mencantumkan Kompetensi Inti (KI) yang mencakup kompetensi dasar yang akan guru kembangkan. RPP 1 Lembar PJOK Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013, setidaknya harus mencantumkan 3 komponen utama, seperti: tujuan, kegiatan pembelajaran, dan penilaian.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *