RPP

RPP 1 Lembar PJOK Kelas 7 Semester 1 dan 2 K13 Revisi Terbaru!

Download RPP 1 Lembar PJOK Kelas 7 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 – Salah satu alasan mengapa pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) belum dapat guru ajarkan dengan baik. Penyebabnya tidak lain oleh kurangnya pengetahuan dan keterampilan dari guru penjas tersebut.

Meskipun banyak guru PJOK Kelas 7 telah mengetahui berbagai metode mengajar, namun jika tidak mampu membuat perencanaan yang baik, itu sama saja. Untuk mengimplementasikannya, guru perlu menetapkan model pembelajaran yang paling cocok untuk topik materi pelajaran.

Salah satu perencanaan tersebut adalah dengan menyusun RPP 1 Lembar PJOK Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi. Sehingga tatap muka untuk semester 1 dan 2 dapat terlaksana secara efesien, efektif, dan berorientasi siswa.

RPP PJOK Kelas 7 yang inovatif adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang mencakup standar model pendekatan ilmiah, penyelidikan, pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis proyek di semua mata pelajaran.

Guru merancang RPP 1 Lembar Kelas 7 untuk memudahkan guru dalam proses belajar mengajar. Agar siswa menjadi lebih antusias dan interaktif untuk mengikuti pembelajaran. Selain daripada itu menjadikan siswa dapat lebih mudah untuk menambah wawasan dan meningkatkan keinginan dalam mengetahui topik pelajaran PJOK.

Review RPP 1 Lembar SMP

Sebagai langkah awal sebelum memulai proses pembelajaran, setiap Guru PJOK Kelas 7 berkewajiban untuk menyusun RPP secara keseluruhan dan sistematis. Sehingga siswa dapat belajar secara interaktif, dalam inspiratif, menyenangkan, menantang dan efisien.

Dalam proses mengembangkan RPP 1 Lembar PJOK Kelas 7 dapat guru susun secara mandiri. Tapi sebaiknya sobat harus mengkoordinasikan prosesnya kepada Kepala Sekolah tempat mengajar. Agar dapat difasilitasi dan disupervisi.

Jika sobat mengalami kesulitan untuk menyelesaikan perangkat pembelajaran penjas kelas 7. Sobat bisa sama-sama menyusunnya melalui MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) atau KKG (Kelompok Kerja Guru). Pengembangan RPP dapat terlaksana jika diberikan izin oleh Dinas Pendidikan setempat.

Namun pada kenyataan saat kegiatan menyusun RPP, guru harus mengerjakannya dengan sangat detail. Dampaknya sangat menghabiskan banyak waktu, sehingga lebih terfokus diri dalam mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri. Selain itu kegunaan RPP lebih kepada administrasi sekolah, administrasi ke penyelia / layanan atau administrasi akreditasi. Bukan untuk meningkatkan proses belajar mengajar.

Setelah tahun 2019, terbitlah Surat Edaran Mendikbud No. 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP. Memberikan angin segar kepada para guru Indonesia. Dampaknya memberikan kemudahan beban administrasi guru dan punya kebebasan lebih untuk menjadi kreatif dan berinovasi dalam merancang RPP 1 Lembar PJOK Kelas VII Semester 1 dan 2.

Prinsip Menyusun RPP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana untuk menerapkan kegiatan belajar tatap muka dengan siswa, baik dalam waktu satu pertemuan atau lebih. Dalam proses merancang dan mengembangkannya, terdapat 3 prinsip yang harus guru PJOK lakukan. Yaitu:

  1. Efisien : Artinya menyusun RPP dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan energi.
  2. Efektif : Hanya berfokus untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  3. Berorientasi Siswa :mempertimbangkan kesiapan, minat, kebutuhan belajar, dan karakteristik siswa kelas 7

Mengutip pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Bahwa “Esensi RPP bukan hanya dari penulisan tetapi tentang proses refleksi guru tentang pembelajaran yang akan terjadi menjadi lebih baik“. Guru bisa merefleksikan setiap kegiatan tersebut, guna memperbaiki beberapa hal yang layak menjadi pertimbangan untuk menciptakan proses belajar mengajar yang lebih baik lagi ke depan.

Download RPP Penjas Kelas 7 Semester 1 dan 2

Gunakan dan manfaatkan waktu terbaik, karena optimal dapat melalui perencanaan kegiatan yang terorganisir dan matang. Dengan manajemen waktu dapat merencanakan RPP PJOK Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi secara lebih efisien, efektif, dan juga berorientasi kepada siswa.

Guru harus pandai mengelola waktu dalam menyusun RPP 1 Lembar, terutama pada 3 komponen inti, yaitu: tujuan pembelajaran, kegiatan, dan penilaian. Jika tidak, akan dapat menyebabkan siswa bosan dan kelelahan sehingga pembelajaran tidak efektif.

Bagi sobat guru yang ingin melihat contoh format RPP Kurikulum 2013 (K13) SMP yang gurusekali.com bagikan. Caranya gampang, hanya perlu mengkilik atau menekan tautan Download dibawah ini.

RPP Penjas Kelas 7 Semester 1Download
RPP Penjas Kelas 7 Semester 2Download

Setiap file Rencana Pelaksanaan Pembelajaran terdiri dari 2 bagian yaitu untuk semester 1 dan 2. Adapun formatnya telah gurusekali.com simpan menggunakan format .doc (dokumen). Sebaiknya gunakan software atau aplikasi Microsoft Word atau Google Doc, untuk membuka dan mengeditnya.

Akhir Kata

Untuk mendidik dan mengajar seluruh anak yang dilakukan di Sekolah Menengah Pertama (SMP, pendidikan harus mencakup kesehatan fisik dan spiritual. Pertumbuhan jiwa dan tubuh harus mendapat tuntutan terhadap harmoni supaya terhindar dari pendidikan yang hanya mengarah pada intelektualisme.

Dengan Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) adalah upaya untuk membuat bangsa Indonesia kuat dan batin. Makanya penting untuk membuat perencanaan yang baik dalam bentuk RPP 1 Lembar PJOK Kelas 7 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi. Setelah sobat mendownloadnya, jangan lupa untuk melengkapi perangkat pembelajaran yang lain.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *