RPP 1 Lembar PJOK Kelas 6 Semester 1 dan 2 K13 [Format Terbaru]
RPP

RPP 1 Lembar PJOK Kelas 6 Semester 1 dan 2 K13 [Format Terbaru]

Tindakan tanpa perencanaan akan menghasilkan kegagalan. Begitu juga saat mengajar, sobat wajib mempersiapkan RPP 1 Lembar PJOK Kelas 6 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi sebelum bertatap muka dengan siswa. Ayo segera unduh setiap file format terbarunya di akhir artikel.

Mengajar dan mendidik siswa kelas 6 memang merupakan tugas utama seorang guru PJOK. Namun, tak melupakan juga bahwa sobat memiliki peranan penting sebagai “sosok perencana”.

Dengan demikian berkewajiban untuk menyusun dan merencanakan setiap kegiatan yang akan terjadi di kelas 6 nantinya. Oleh karena itu, sobat harus ingat betapa pentingnya mengembangkan perangkat pembelajaran seperti RPP PJOK Kelas 6 Semester 1 dan 2.

Tidak hanya menjadi bukti fisik adminstrasi saja, tetapi juga bermanfaat untuk memberikan gambaran yang jelas tentang apa-apa saja paling mungkin terjadi saat mengajar. Supaya dapat meningkatkan aspek penilaian yang mau siswa capai.

Penerapan kurikulum 2013, menggunakan sistem 4 penilaian utama terhadap siswa, yaitu menilai sikap (mencakup spiritual dan sosial), pengetahuan, dan terakhir ialah keterampilan. Jadi mata pelajaran PJOK tidak mendominasi nilai praktek saat menilai siswa.

Maka saat proses transfer ilmu penjas di kelas 6, membutuhkan keterampilan sobat dalam mengkombinasikan pengetahuan aspek pedagogik pengajar. Terutama menggunakan pendekatan pembelajaran, model, metode, media yang bisa memacu motivasi dan minat peserta didik menjadi haus akan ilmu pengetahuan.

Setiap aspek diatas, sobat bisa menyisipkan melalui perencanaan dan pengembangan Kurikulum 2013 Revisi pelajaran PJOK untuk kelas 6 SD semester 1 dan 2.

Review RPP K13 SD

RPP mempunyai arti yang begitu sederhana, menjelaskan suatu kinerja yang guru telah persiapkan tentang berbagai hal yang akan datang saat di kelas. Sehingga sobat dapat penuh keyakinan menjalankan tugas mendidik siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.

RPP 1 Lembar PJOK Kelas 6 menjelaskan secara lebih fleksibel proses apa yang diajarkan guru, apa yang dikerjakan oleh siswa. Selanjutnya, bagaimana sih proses tersebut dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan mencapai tujuan-tujuan tersebut.

Guru yang teladan mampu merencanakan tindakan awal yang akan dia ajarkan bagi anak didiknya. Apakah saat pelaksanaannya memerlukan media?. Perlukan menerapkan demostrasi atau praktek? dan lain sebagainya.

Jadi penyusunan RPP bertujuan menjelaskan tindakan guru dan siswa tersebut. Proses mengerjakan RPP terjadi sebelum pendidik mengajar di depan kelas. Alhasil berfungsi sebagai manajemen penentu pola arahan yang tepat bagi pengajar dalam mengambil keputusan.

Sebagai ujung tombak pendidikan, guru menyadari bahwa pembelajaran olahraga mengandung 3 unsur penting, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Ketiga unsur ini dapat merangkumkannya menjadi RPP PJOK Kelas 6 Kurikulum 2013 yang solid, maka mudah mengurutkan langkah-langkah panduan untuk mengajar.

Saat ini, sejak munculnya penyederhanaan format penulisan RPP. Guru-guru mendapatkan kelegaan yang luar biasa, sebab tidak membutuhkan waktu yang banyak untuk mengerjakannya. Kalau sebelumnya harus menghabiskan 10 sampai 16 halaman kertas, namun sekarang cukup 1 lembar saja.

Keringanan itu memberikan dampak saat perancangannya yang wajib mencantumkan 3 komponen utama, yaitu:

  • Tujuan Pembelajaran
  • Langkah-langkah kegiatan
  • Evaluasi

Selain itu juga memberikan banyak waktu bagi guru untuk memahami karakteristik anak didik mereka. Dengan demikian, bisa memberikan kinerja yang amat luar biasa untuk menghabiskan waktu mengenal dan mengajarkan pelajaran olahraga sesuai kebutuhan tiap-tiap anak.

Download RPP PJOK Kelas 6 Semester 1 dan 2

Saat melaksanakan pendidikan penjas di dalam kelas memerlukan persiapan yang harus dilakukan guru. Dalam hal ini mengacu pada format RPP yang berkaitan dengan kegiatan, metode, sumber daya (media, buku), dan interaksi antara guru dan siswa.

Demi mendukung proses pengajaran PJOK tersebut, tak kalah pentingnya untuk menetapkan tujuan pembelajaran. Untuk semua ini, sobat akan memerlukan RPP 1 Lembar Kelas 6 yang dibuat terlebih dahulu sebelumya.

Proses belajar merupakan proses yang rumit. Artinya, belajar bukan hanya sekedar tentang penyampaian materi, tetapi proses pembentukan tingkah laku siswa. Maka, guru perlu membuat perangkat yang berisi rencana pelaksanaan pembelajaran.

Untuk format RPP, dapat sobat langsung unduh melalui link tautan di bawah ini:

RPP PJOK Kelas 6 SD Semester 1
RPP PJOK Kelas 6 SD Semester 2

Perlu kami ingkatkan bahwa perangkat pembelajaran yang gurusekali.com share kepada sobat. Merupakan contoh yang berguna sebagai bahan referensi saat mengembangkan RPP 1 Lembar Kelas 6 SD.

Setiap filenya terdiri dari 2 bagian yang berguna untuk tahun ajaran semester 1 dan 2. Adapun formatnya, gurusekali.com simpan memakai file .doc (document). Jadi memerlukan perangkat lunak Microsoft Office Word untuk membuka dan mengeditnya.

Kami berharap kepada guru semua, untuk mengembangkan sendiri RPP ini dengan memperhatikan kondisi sekolah tempat mengajar dan karakteristik peserta didik yang diajarkan. Sehingga dapat menghasilkan perangkat yang paling tepat menurut kebutuhan sobat.

Akhir Kata

Saat melaksanakan pengajaran membutuhkan sebuah interaksi, sebab guru tanpa siswa tidak memiliki arti. Dalam hal ini dapat kita simpulkan bahwa proses kerja sama pendidik dan peserta didik terjadi secara harmonis. Jadi di sini sobat dapat melihat pentingnya mengembangkan RPP 1 Lembar PJOK Kelas 6 Semester 1 dan 2.

Setelah sobat memiliki administrasi guru diatas. Ayo segera juga untuk merancang format perencanaan lainnya, yaitu KKM PJOK Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *