Senin, Juni 27, 2022
Home » RPP » RPP 1 Lembar PJOK Kelas 4 Semester 1 dan 2 K13 [Format Terbaru]

RPP 1 Lembar PJOK Kelas 4 Semester 1 dan 2 K13 [Format Terbaru]

by Ronny Tobing
2 comments

Mengajar tanpa punya rencana, bisa dipastikan bahwa hasilnya akan tidak sesuai yang diharapkan. Maka dari itu, sobat perlu mengembangkan kegiatan pembelajaran, dengan mendownload RPP 1 Lembar PJOK Kelas 4 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru ini. Semoga memberikan manfaat sebagai bahan referensi saat menyusun perangkat administrasi guru.

Dalam mengajarkan pelajaran PJOK Kelas 4 SD Kurikulum 2013, menekankan pada 3 tujuan hasil pembelajaran, yaitu: pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Oleh karena itu guru harus bijaksana untuk menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mencakup keseluruhan aspek tersebut. Sebab Kurikulum 2013 merupakan standar pelaksanaan pendidikan yang mengutamakan pemahaman, keterampilan, dan karakter.

Sehingga membuat siswa harus memahami materi, berpartisipasi aktif dalam diskusi dan mencapai hasil, serta memiliki tata krama dan disiplin yang baik. Makanya sangat penting mengembangkan RPP PJOK Kelas 4 Semester 1 dan 2. Dengan demikian, proses belajar mengajar menjadi lebih terarah, efektif, dan berpusat kepada siswa.

Sebagai tenaga pengajar PJOK, guru harus mengikuti perubahan perkembangan dunia pendidik. Terutama dalam mendesain RPP. Karena terakhir kali, Menteri Pendidikan Nadiem Makarim telah menyederkanakan proses penyusunan menjadi lebih simpel dan minimalis.

Guru hanya perlu menuliskan RPP 1 Lembar PJOK Kelas 4 dengan mengikuti perubahan kurikulum 2013. Selain itu, proses penerapan pengajaran wajib menggunakan metode saintifik untuk mengevaluasi RPP yang sesuai dengan situasi dan kondisi karakteristik siswa.

Namun, dalam kenyataannya sangat mengecewakan, malah banyak guru PJOK masih mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan kurikulum 2013, terutama dalam penyusunan RPP dan evaluasi pembelajaran.

Untuk itu, gurusekali.com menerbitkan postingan ini. Sehingga sobat dapat mendownload secara gratis RPP PJOK Kelas IV Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013. Namun perlu kami ingatkan, bahwa perangkat ini hanya sebatas sebagai bahan referensi yang bisa menambah wawasan sobat saat menyusunnya.

RPP PJOK adalah rencana kegiatan pembelajaran yang memuat tujuan pengajaran, buku teks guru dan siswa, metode pengajaran, sumber belajar, dan evaluasi hasil belajar dari mata pelajaran.

Riview RPP Kurikulum 2013 SD

Sebagai guru mempunyai tugas dan kewajiban untuk menjelaskan secara rinci sebelum memulai proses belajar mengajar. Hal ini berguna sebagai pedoman tentang kegiatan apa saja yang akan terlaksana nantinya, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai oleh siswa.

Selama ini, kebanyakan guru masih menyusun RPP PJOK Kelas 4 Semester 1 dan 2 yang masih penggunaannya sangat sederhana. Sehingga proses yang terjadi tidak terlalu menarik bagi siswa.

Ini akan mengakibatkan banyak siswa yang tidak memperdulikan dan mementingkan untuk belajar penjas. Ujung-ujungnya motivasi mereka akan merosot turun. Hal ini penyebabnya, karena guru penjas kurang kreativitas dan inovasi dalam pendidikan jasmani, dan siswa menjadi bosan.

Pendidik perlu memunculkan beberapa metode pembelajaran yang positif dan menarik agar proses belajar mengajar tidak monoton dalam format kegiatan RPP Kelas 4.

Sedangkan, alasan lainnya adalah guru terlalu malas merancang RPP, karena membutuhkan waktu yang lama. Apalagi saat menyusunnya harus mencantumkan keseluruhan komponen RPP. Jika merancangnya bisa-bisa menghabiskan 10-15 halaman untuk tiap pertemuan.

Format RPP 1 Lembar

Namun sejak munculnya Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Sobat dapat mengembangkan RPP menjadi lebih mudah, karena hanya perlu 1 lembar saja.

Adapun formatnya, minimal memuat 3 komponen berikut:

  • Tujuan pembelajaran : rumusannya berasal dari KD dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat mengamati dan mengukurnya. Seperti kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.
  • Kegiatan pembelajaran terbagi menjadi tahap awal, tahap inti dan penutup.
  • Evaluasi hasil belajar.

Sehingga mempermudah peran penting guru sebagai sarana untuk mempromosikan nilai-nilai positif, disiplin, sikap positif dan kecepatan dalam merancang RPP 1 Lembar SD.

Sobat juga dapat memfokuskan diri untuk menumbuh kembangkan sikap kejujuran, menjunjung tinggi integritas, menghargai sesama dan lingkungan belajar siswa. Jadi pelajaran PJOK dapat menyesuaikan dengan perkembangan manusia di masa depan sesuai dengan potensi dan karakteristik siswa.

Tujuan pendidikan jasmani adalah untuk menumbuhkan kebugaran jasmani, keterampilan motorik, keterampilan berpikir kritis, keterampilan sosial, keterampilan menalar, dan kestabilan emosi bagi masyarakat melalui aktivitas jasmani.

Artinya, tanpa pendidikan jasmani, pendidikan tidak lengkap. Permasalahan yang muncul adalah guru kurang cermat mempersiapkan proses pengajaran, karena sekolah kekurangan sarana dan prasarana pembelajaran, serta terbatasnya kuantitas dan kualitas.

Dampak lainnya adalah kurangnya kreativitas, dan inovasi pendidik sebagai perencana untuk membuat RPP 1 Lembar PJOK Kelas 4. Akibatnya apa? Bidang studi PJOK tidak berkembang dengan baik, dan banyak pendidik tidak dapat secara efektif menggunakan waktu yang tersedia dalam proses mengajar.

Download RPP PJOK Kelas 4 Semester 1 dan 2

Banyak siswa menunggu giliran untuk melakukan tindakan yang diberikan oleh guru. Akibatnya, siswa menjadi acuh tak acuh, kurang motivasi belajar, dan pasif berolahraga.

Supaya potensi siswa menjadi lebih berkembang. Oleh karena itu, menyusun RPP PJOK Kelas 4 Kurikulum 2013. Sehingga dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas kegiatan belajar agar tujuan pendidikan dapat tercapai secara optimal.

Sobat dapat mendownload contoh format RPP di bawah ini, sebagai bahan tambah referensi saat mengembangkan perangkat pembelajaran.

RPP PJOK Kelas 4 Semester 1
RPP PJOK Kelas 4 Semester 2

Setelah sobat mendownload perangkat pembelajaran di atas. Maka sobat mengetahui betapa pentingnya pengembangan RPP Kurikulum 2013 SD. Karena berkaitan erat dengan seluruh komponen olahraga, olahraga dan kesehatan yaitu bidang psikomotorik, emosi dan kognisi.

Akhir Kata

Pengajaran anak yang efektif tidak lepas dari peran pendidik, karena pendidik anak adalah pengelola lingkungan belajar yang menarik dan terlibat langsung dalam proses pendidikan sekolah dasar (SD).

Oleh karena itu sobat harus kompeten dalam tugas-tugas yang harus diselesaikan dan bekerja untuk mengelolanya dengan baik dan benar. Setelah itu, jangan lupa untuk menyusun administrasi guru lainnya, dengan merancang KKM PJOK Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Artikel Favorit:

2 comments

Avatar
Turnanto -

Semoga menjadi berkah karna saling membantu guru mengusun rpp pjok. Terima kasih

Reply
Avatar
dendi sugira -

Sangat membatu, terima kasih berbagi rpp pjok kelas 5. Sangat sesuai dengan buku kurikulum 2013 semester 1 dan 2 yang saya pakai.

Reply

Leave a Comment