Senin, Juni 27, 2022
Home » RPP » RPP 1 Lembar PJOK Kelas 1 Semester 1 & 2 K13 Revisi [Format Terbaru]

RPP 1 Lembar PJOK Kelas 1 Semester 1 & 2 K13 Revisi [Format Terbaru]

by Ronny Tobing
0 comment

Kita sebagai guru penjas bukan hanya bisa mengajar teori dan praktek bagi siswa. Tetapi juga harus mampu menyusun perencanaan pembelajaran RPP 1 Lembar PJOK Kelas 1 Semester 1 dan 2 K13 Revisi. Segera download di akhir artikel format terbarunya.

PJOK adalah singkatan dari Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan suatu proses interaksi antara peserta didik, murid dan pendidik, serta antara siswa dengan sumber belajar lainnya.

Salah satu tema yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran tematik kelas 1 SD adalah PJOK.

Mata pelajaran PJOK merupakan bagian integral dari proses pendidikan, yang menggunakan aktivitas fisik atau aktivitas fisik dalam prosesnya sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Tema Penjas dapat dikembangkan seputar materi pembelajaran melalui permainan edukatif. Sekolah dasar adalah waktu bagi anak-anak untuk bermain dan belajar.

Bermain merupakan topik yang sangat baik dalam pembelajaran mata pelajaran, karena bermain erat kaitannya dengan dunia anak, khususnya murid sekolah dasar.

Adapun tujuannya yaitu untuk memperlancar proses memperoleh pengetahuan melalui kegiatan jasmani.

Maka guru penjas kelas 1 perlu menyusun rencana mengajar menjad lebih terencana secara sistematis. Sehingga terjadi pembentukan sikap dan keyakinan peserta didik serta berkembangnya keterampilan berpikir.

RPP PJOK Kelas 1 Semester 1 dan 2 menjadi jawaban dari perencanaan tersebut. Penyusunan perangkat RPP Kurikulum 2013 SD hanya memerlukan 1 lembar saja untuk tiap pertemuan tatap muka. Jadi lebih simpel dan minimalis, tidak membebani sobat pendidik dalam memberikan kontribusi sebagai sosok perencana.

Sedangkan, isi dari kegiatan belajar mengajar (KBM) lebih mempromosikan pengembangan hidup sehat siswa kelas 1. Dengan demikian, mereka berkembang secara sosial dan berkontribusi pada kesehatan fisik dan mental.

Sebagai poros utama pendukung dalam kegiatan di kelas 1. Oleh karena itu guru PJOK harus mengkaji aspek yang berbeda atau dari perspektif yang berbeda tentang mata pelajaran penjas yang biasanya ada di sekolah dasar (SD).

Review RPP K13 SD

Guru mampu menciptakan proses belajar yang terintegrasi dengan melibatkan kegiatan berpusat kepada siswa. Sehingga sobat harus kreatif mampu mengembangkan RPP PJOK yang membuat siswa lebih aktif menuntut ilmu.

Akibatnya peserta didik menjadi produktif, kreatif, inovatif, dan tidak lupa berkarakter. Karena memperkuat sikap, keterampilan dan pengetahuan yang terintegrasi sesuai dengan pancasila.

Dalam hal ini, proses penyusunan RPP 1 Lembar PJOK Kelas 1 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 menitikberatkan pada mengggali dan menanamkan keterampilan dan karakter peserta didik yang berupa perpaduan antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Sehingga mereka dapat menunjukkan dalam rangka memahami konsep materi pelajaran PJOK dengan pendekatan saintifik. Demikian prosesnya sesuai dengan persyaratan Kurikulum 2013 Revisi.

RPP adalah alat untuk mencapai tujuan dan pedoman pendidikan, yang bermanfaat untuk melaksanakan pembelajaran di semua jenis dan jenjang pendidikan.

Perbaikan yang direncanakan harus sistematis dan tepat sasaran. Jadi komponen RPP yang guru hasilkan merupakan komponen RPP PJOK Kelas 1Semester 2 dan 1 berdasarkan ketergantungan guru sesuai dengan aturan Permendikbud.

Buku Guru Penjas dan Silabus menjadi pedoman bagi sobat dalam mengembangkan proses mengajar 5 M yang menyesuaikannya dengan situasi siswa dan sekolah.

Termasuk penggunaan sumber belajar, alat, bahan dan sumber bahan ajar. Pada saat yang sama, RPP terdapat format penilaian pengetahuan dan keterampilan sesuai aktivitas buku guru pjok.

Semua RPP memuat kompetensi dasar (KD), meliputi pengetahuan (KI 3) dan keterampilan (KI 4) terkait dengan materi pelajaran yang dipelajari pada hari itu.

Jika kita lihat dari KD bidang sikap, yaitu KD KI 1 dan KI 2 yang belum gurusekali.com cantumkan dalam format referensi RPP 1 Lembar PJOK Kelas 1 ini. Namun tertera dalam format Silabus dan Pemetaan KD. Semua Kompetensi Dasar yang tertulis dalam RPP sama dengan yang tertera di buku guru.

Download RPP 1 lembar PJOK Kelas 1 Semester 1 dan 2

Indikator yang tercantum dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sama dengan yang ada di buku guru. Namun RPP tidak mencantumkan tiap indikator KI 1 dan KI 2 dalam garis besar silabus.

Guru tidak bisa hanya menyuruh siswa untuk meringkas pelajaran, sehingga tidak ada penjelasan tentang apa yang siswa pelajari dalam setiap pertemuan. Tetapi, guru dan siswa memulai kegiatan pembelajaran seperti berdoa, memeriksa karakter dan kehadiran siswa.

Dengan demikian, prosesnya sobat dapat mengajar mata pelajaran PJOK dengan melewati tahapan teori pembelajaran yang dapat siswa pahami dengan mudah. Sehingga menfokuskan pada meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani melalui keterampilan motorik dasar dalam berbagai kegiatan olahraga.

Sobat dapat mendownload salah satu perangkat administrasi guru berikut. Pada link di bawah ini:

RPP PJOK Kelas 1 Semester1 TEMA 1
RPP PJOK Kelas 1 Semester1 TEMA 2
Format RPP PJOK Kelas 1 Semester1 TEMA 3
RPP PJOK Kelas 1 Semester1 TEMA 4
RPP PJOK Kelas 1 Semester 2 TEMA 5
Format RPP PJOK Kelas 1 Semester 2 TEMA 6
RPP PJOK Kelas 1 Semester 2 TEMA 7
RPP PJOK Kelas 1 Semester 2 TEMA 8
Klik Link di atas…

Akhir Kata

Guru Penjas selalu menjalin silaturrahmi dengan kegiatan olahraga dalam kegiatan sehari-harinya. Kegiatan olahraga ini akan muncul dalam kegiatan latihan siswa.

Ketika melakukan tugas tindakan dalam proses pembelajaran, peran guru dalam proses pembelajaran PJOK akan menentukan berhasil tidaknya proses belajar mengajar.

Setelah sobat memiliki RPP 1 Lembar SD yang gurusekali.com telah bagikan. Jangan lupa untuk menyusun perangkat lainnya, yaitu KKM PJOK Kelas 1 Semester 1 dan 2.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Artikel Favorit:

Leave a Comment