RPP

RPP 1 Lembar PAI Kelas 9 Semester 2 dan 2 K13 Revisi

Halo sobat gurusekali.com, sedang menyusun perangkat pembelajaran? postingan ini akan membagikan RPP 1 Lembar PAI Kelas 9 SMP Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru. Setiap file tersebut, dapat sobat download secara langsung dan gratis di akhir artikel.

Kegiatan pembelajaran merupakan interaksi antara guru dan siswa untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Tujuan yang ingin dicapai melalui interaksi pada dasarnya adalah untuk meningkatkan pengalaman siswa dalam teori dan praktek. Selanjutnya juga untuk mengubah perilaku mereka menjadi lebih berkarakter dan bermoral sesuai ajaran agama.

Sebagai Guru Agama Islam yang profesional, kita harus dapat mampu menyusun perencanaan yang matang sebelum mengajar. Salah satu rencana tersebut seperti RPP PAI Kelas 9 menjadi alat bantu guru untuk secara efektif melaksanakan kegiatan pembelajaran tersebut.

Namun, untuk dapat merancang RPP membutuhkan keahlian yang didapat dari pengalaman, pelatihan, dan juga kerja sama dengan guru lainnya. Apalagi jika mendapatkan umpan balik (feedback) dari siswa yang dapat membantu membangun skil pedagogik sobat.

Untuk itu, gurusekali.com berharap pada sobat semua dapat menggunakan contoh format RPP PAI Kelas IX Semester 1 dan 2 ini, sebagai bahan referensi dalam menciptakan kondisi belajar mengajar yang lebih baik lagi.

Review RPP 1 Lembar PAI Kelas 9

RPP merupakan sebuah program yang guru agama islam gunakan untuk melakukan proses pembelajaran semester 1 dan 2. Sebagai proses pengembangan pengajaran yang sistematis, RPP menggunakan teori mengajar untuk menjamin kualitas pembelajaran.

rpp_inspiratif_sd_diskon

Penyusunan rencana mengajar tersebut harus sesuai dengan konsep kurikulum 2013 revisi terbaru. RPP merupakan rancangan dalam proses pembelajaran, sehingga kegiatan mengajar guru dapat menghasilkan lulusan yang kreatif, aktif, dan imajinatif sesuai jalur pembelajaran.

Oleh karenanya RPP PAI Kelas 9 Semester 2 dan 1 berarti rencana pengajaran yang menggunakan pendekatan sistematis, atau pengajaran dianggap sebagai suatu sistem yang terdiri dari komponen-komponen yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan.

Jika salah satu komponen tidak berfungsi, maka seluruh sistem akan terganggu, dan tujuan yang telah guru tetapkan tidak akan tercapai sesuai harapan.

Setelah Nadiem Makarim mensahkan Permendikbud Nomor 14 tahun 2019. Menyebabkan kita sebagai guru mendapatkan keleluasaan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hal ini terjadi karena bisa menulisnya hanya perlu 1 lembar saja.

Guru tidak perlu ribet dan pusing saat merancang RPP 1 Lembar PAI Kelas 9. Apalagi harus mencatumkan semua komponennya, hal tersebut tidak perlu guru lakukan lagi. Tetapi cukup membuat 3 komponen utama saat mengerjakannya.

Adapun komponen yang terdapat dalam RPP 1 Halaman adalah:

  1. Identitas Sekolah menjelaskan tentang topik pelajaran yang akan guru ajarkan
  2. Tujuan Pembelajaran merupakan hasil dari penjabaran Kompetensi Dasar (KD) Pendidikan Agama Islam Kelas 9
  3. Kegiatan Mengajar dan alokasi waktu proses pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal, inti, dan penutup.
  4. Penilaian bertujuan untuk mengukur kompetensi kelayakan siswa setelah belajar.

Komponen tersebutlah yang wajib guru cantumkan dalam menyusun rancangan mengajar. Sedangkan komponen yang lain menjadi tambahan. Selain itu, guru juga bisa menyederhanakan RPP Format Lama menjadi sebuah RPP yang sama sekali baru sesuai permendikbud tersebut.

Format RPP yang Baik

Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah kegiatan atau usaha sadar yang guru terapkan untuk menanamkan kepada peserta didik ajaran Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah. Maka dari itu, untuk mensukseskan kegiatan mengajar, guru perlu menyusun RPP dengan format terbaik yang memberikan dampak positif bagi siswa.

Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) harus memperhatikan karakteristik dan kebutuhan siswa. Sehingga proses pengajaran semester 1 dan 2 yang guru berikan dapat lebih efektif, efisien, dan berpusat kepada siswa.

Oleh karena itu RPP 1 Lembar PAI Kelas 9 yang guru buat merupakan hasil perencanaan yang terbaik dapat guru berikan. Untuk RPP tersebut setidaknya memiliki kedelapan ciri-ciri berikut.

Adapun ciri-cirinya adalah: Pertama: Dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melalui RPP, termasuk desain informasi pembelajaran. Kedua: Rancangannya dengan menggunakan metode yang sistematis,

Ketiga: Penyusunan rencana berdasarkan pada pengetahuan bagaimana seseorang belajar. Sedangkan Keempat: RPP menfokuskan pada kebutuhan siswa atau peserta pembelajaran.

Selanjutnya Kelima adalah Hasil belajar harus benar-benar mencerminkan kemampuan siswa tersebut. Keenam: Tujuan akhir dari desain pembelajaran adalah untuk mempromosikan proses pembelajaran. Ketujuh: Rencana kurikulum berfokus pada semua variabel yang mempengaruhi kegiatan pembelajaran.

Terakhir kedelapan: Inti dari rencana kurikulum adalah untuk menentukan metode pembelajaran terbaik untuk mencapai tujuan.

Download RPP PAI Kelas 9 SMP Kurikulum 2013

Salah satu upaya untuk melaksanakan pendidikan karakter adalah dengan memasukkan muatan pendidikan karakter ke dalam pendidikan formal (SMP/ MTs). Proses awal mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam pembelajaran adalah melalui RPP 1 Lembar PAI Kelas IX.

Dalam tema Pendidikan Agama Islam (PAI), pendidikan karakter harus menjadi fokus utama. Oleh karena itu, guru perlu mengembangkan perangkat pembelajaran yang mencakup penanaman karakter dan meningkatkan moralitas siswa.

Bagi sobat yang ingin mendownload salah satu perangkat pembelajaran tersebut. Silahkan tekan link tautan dibawah ini:

RPP 1 Lembar PAI Kelas IX Semester 1Download
RPP 1 Lembar PAI Kelas IX Semester 2 Download

Untuk format file yang telah sobat unduh, gurusekali.com simpan dalam format .doc (document). Maka dari itu, jika sobat ingin mengembangkan dengan cara mengeditnya, pastikan laptop atau komputer telah terdapat software Microsoft Office Word sejenisnya.

Akhir Kata

Cara sederhana untuk mengembangkan RPP 1 Lembar PAI Kelas 9 Semester 1 dan 2 sebagai bagian bahan ajar pendidikan karakter adalah dengan menyesuaikan kegiatan pembelajaran dengan kegiatan sehari-hari.

Sehingga dengan menambahkan dan menyesuaikan kegiatan pembelajaran lebih mengutamakan pengenalan nilai kesadaran akan pentingnya nilai ajaran agama islam.

rpp_inspiratif_sd_diskon

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *