RPP

RPP 1 Lembar IPS Kelas 9 Semester 2 dan 1 K13 Revisi Terbaru

Jika sobat mengunjungi artikel ini, pasti lagi mencari referensi perangkat pembelajaran, Ayo buruan download RPP 1 Lembar IPS Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru pada akhir postingan.

Saat bertatap muka langsung dengan siswa-siswinya, guru memerlukan strategi yang tepat untuk mengajar. Strategi adalah perangkat yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Perlunya sebuah strategi pembelajaran aktif dalam desain RPP 1 Lembar IPS untuk menciptakan suasana belajar yang merangsang keterlibatan siswa kelas 9 secara aktif dalam proses pembelajaran. Sehingga siswa memiliki sikap mandiri, dapat berpikir kritis, dan kreatif.

Oleh karena itu pendidik harus kreatif untuk melakukan berbagai strategi yang sesuai dengan bahan dan dengan harapan siswa dapat menerimanya secara mudah. Salah satu caranya adalah dengan menyusun RPP 1 Lembar IPS Kelas 9 Semester 1 dan 2.

Review RPP IPS Kelas 9

Ilmu Pengetahuan Sosial (singkatannya IPS) merupakan salah satu disiplin ilmu yang akan guru ajarkan pada tingkat satuan pendidikan SMP/MTs. Pelaksanaan mata pelajaran IPS bertujuan untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan kemampuan praktis, memungkinkan mereka untuk mengkaji, mempelajari dan menganalisis fenomena dan masalah yang ada di sekitarnya.

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) bertujuan untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir, sikap dan nilai siswa sebagai individu dan sosial budaya. Kemudian juga mengembangkan sikap dan keterampilan siswa, berpikir kritis dan kreatif siswa tentang hubungan antara manusia, manusia dan lingkungan, dan manusia dengan penciptanya, serta pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotor siswa.

rpp_inspiratif_sd_diskon

Guru perlu bekerja keras agar tujuan tersebut dapat tercapai oleh siswa dengan maksimal. Oleh sebab itu, guru wajib memiliki rencana yang matang sebelum bertatap muka dengan siswa. Bagian dari perencanaan tersebut adalah RPP 1 Lembar IPS Kelas 9. Sehingga proses belajar mengajar semester 1 dan 2 dapat terlaksana dengan sesuai dengan apa yang telah guru rencanakan.

Sebagai seorang guru harus kreatif dan inovatif dalam memberikan materi IPS. Agar siswa dapat memahami materi pelajaran IPS dengan baik, sehingga tidak membuat mereka merasa membosankan dan monoton.

Di antara sekian banyak strategi dan model pembelajaran yang ada saat ini. Salah satu strategi yang dapat guru pakai adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif yang merupakan anjuran dari Kurikulum 2013. Sehingga proses belajar dapat terjadi dengan efektif, efisien, dan berpusat kepada siswa.

Selama proses pencapaian tujuan pembelajaran yang telah guru tetapkan tersebut. Pendidik tidak hanya menguasai materi yang ingin mereka sampaikan. Akan tetapi juga harus mampu menerapkan model pembelajaran yang ideal sesuai topik materi yang akan mereka ajarkan.

Jadi semua hal yang guru butuhkan tersebut harus terencana dengan matang dalam bentuk RPP IPS Kelas 9 Semester 1 dan 2

Format RPP 1 Lembar SMP

RPP IPS Kelas 9 merupakan rancangan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka. RPP akan guru kembangkan untuk satu atau lebih kegiatan tatap muka. Misalnya, untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, menyusun RPP untuk 2-6 pertemuan tatap muka berdasarkan luas dan kedalaman Kompetensi Dasar (KD).

Acuan yang guru gunakan untuk menyusun RPP adalah silabus. Tujuan penyusunan RPP adalah agar kegiatan belajar mengajar yang akan terjadi benar-benar mencapai Kompetensi Dasar (KD) yang telah Kemdikbud keluarkan.

Untuk menciptakan pembelajaran yang terbaik, maka perlu rencana pelaksanaan pembelajaran yang baik. Oleh karena itu, penyusunan dan perumusan RPP harus terlaksana secara cermat dengan memperhatikan prinsip-prinsip yang telah ada.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) IPS yang baik adalah sebuah rencana pengajaran guru yang dapat membuat siswa belajar secara efektif, efisien, dan mereka dapat aktif untuk menggali ilmu. Selain itu, selama pelaksanaan guru juga menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan materi Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 SMP.

Semenjak Menteri Pendidikan Kebudayaan yaitu Nadiem Makarim mencetuskan Permendikbud terbaru yang mengatur pembuatan RPP menjadi lebih sederhana. Para guru memiliki keleluasaan dalam menulis RPP yang hanya cukup 1 halaman saja.

Padahal sebelumnya untuk merancang RPP IPS Kelas 9 harus mencantumkan semua komponen yang ada seperti: identitas sekolah, mata pelajaran, materi pokok, alokasi waktu, kompetensi dasar, indikator, materi, metode, dan model pembelajaran, sumber bahan ajar, media, dan terakhir penilaian.

Komponen RPP 1 Lembar Kemdikbud

Namun sekarang sobat guru hanya wajib membuat RPP 1 Lembar IPS Kelas IX SMP Semester 2 dan 1 hanya dengan 3 komponen penting, yaitu:

Pertama : Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang siswa harapkan untuk dicapai berdasarkan kemampuan dasarnya.

Kedua adalah Kegiatan Pembelajaran yang terdiri dari:

  • Kegiatan Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam konferensi pembelajaran, yang bertujuan untuk merangsang semangat siswa dan memusatkan perhatiannya untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
  • Sedangkan kegiatan inti adalah mewujudkan proses pembelajaran KD. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran ini harus secara interaktif, inspiratif, menarik, dan menantang, menginspirasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi untuk belajar secara kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan mental, minat, dan bakat siswa.
  • Bagian penutup adalah kegiatan yang guru terapkan untuk mengakhiri suatu kegiatan mengajar. Adapun bentuk pelaksanaanya dapat berupa evaluasi, refleksi, rangkuman, umpan balik, kesimpulan dan tindak lanjut.

Terakhir Ketiga : Penilaian merupakan menentukan skor/nilai siswa dengan indikator tertentu sebagai hasil belajar.

Download RPP 1 Lembar IPS Kelas 9 Semester 1 dan 2

Belajar harus memiliki dampak dan tujuan keberhasilan, oleh karena itu seorang guru harus merencanakan setiap pembelajaran dan membuat rencana tersebut. Perencanaan pembelajaran adalah peran penting dalam pedoman dan tugas guru sebagai seorang pendidik.

Bagi sobat yang ingin mendownload bagian dari perencanaan guru tersebut. Silahkan klik tautan dibawah ini:

RPP 1 Lembar IPS Kelas IX Semester 1Download
RPP 1 Lembar IPS Kelas IX Semester 2Download

Setiap file perangkat pembelajaran tersebut telah saya simpan dengan memakai format .doc (document). Jadi jika sobat ingin membuka untuk melakukan pengeditan. Maka pastikan lebih dulu bahwa laptop/ komputer/ smartphone sobat telah memiliki aplikasi Google Doc atau software Microsoft Office.

Akhir Kata

Seorang guru memiliki hak untuk mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai dengan kemampuan dan kreativitasnya. Selama pengembangannya guru juga harus mengikuti prinsip-prinsip menyusun RPP Kurikulum 2013 yang disesuaikan dengan kondisi sekolah dan kebutuhan siswa.

Oleh karena itu, RPP 1 Lembar IPS Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi harus sesuai dengan prinsip-prinsip yang harus diperhatikan dalam proses pengembangan perangkat rencana pembelajaran.

Selain itu, agar guru dapat mempersiapkan mengajar secara efektif, guru perlu memahami semua aspek yang berkaitan dengan persiapan mengajar, termasuk sifat, fungsi, prinsip dan prosedur persiapan mengajar, serta mengukur efek mengajar.

rpp_inspiratif_sd_diskon

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *