PROTA

PROTA Matematika Kelas 6, 5, 4 Kurikulum 2013 Semester 2 dan 1

Download PROTA Matematika SD Kelas 6, 5, 4 Kurikulum 2013 (K13) Semester 2 dan 1– Matematika adalah salah bidang studi penting pada sekolah dasar (SD). Apalagi merupakan pelajaran yang diujikan secara nasional dan sangat berkaitan erat terasa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Terjadinya perubahan kurikulum 2013 dengan adanya standar pendidikan baru bertujuan memajukan pendidikan Indonesia melalui berbagai bidang, tak kecuali pada pendidikan matematika.

Sejak munculnya Kurikulum 2013 Revisi 2018, terjadinya perubahan struktur mengajar guru sekolah dasar (SD). Terpisahnya pelajaran matematika dari pembelajaran buku tematik pada kelas 4, 5, dan 6 adalah salah satu penyebabnya.

Perubahan lain bisa kamu lihat dari berkurangnya jam belajar dan kompetensi dasar (KD) matematika, menyebabkan guru memiliki keleluasaan lebih dalam merancang perangkat administrasi kelas 4, 5, 6 seperti PROTA K13 Matematika SD.

Melalui penyesuaian program pendidikan dengan kurikulum tahun 2013, guru harus memperhatikan setiap aspek. Perencanaan pembelajaran berupa merancang PROTA Matematika Kelas 6, 5, 4 Semester 2 dan 1 adalah salah satu aspek penting tersebut.

rpp_inspiratif_sd_diskon

Defenisi Program Tahunan (PROTA) Matematika Kurikulum 2013 SD

PROTA Matematika Kelas 6, 5, 4 Kurikulum 2013 Revisi adalah singkatan dari program tahunan yang menjadi bagian dari perencanaan guru menciptakan kegiatan belajar mengajar efektif dan sesuai target siswa dengan menggunakan pendidikan berbasis kurikulum 2013 revisi.

Para guru akan sibuk memilah setiap kompetensi dasar (KD) dari Permendikbud untuk merancang program tahunan pelajaran matematika untuk kelas 6, 5, dan 4.

Bagaimana guru mengalokasikan waktu 1 tahun pembelajaran kurikulum 2013 matematika, agar siswa dapat mencapai setiap kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) melalui pedoman kalender akademik merupakan awal dari terciptanya program tahunan kelas 6, 5, dan 4.

Program tahunan mempunyai peran penting, sebab menjadi landasan dasar guru merancang perangkat pembelajaran matematika kelas 4, 5, 6 lainnya seperti:

  • PROMES Matematika SD
  • Silabus Matematika SD
  • KKM Matematika Kelas 4 5 6
  • RPP Matematika SD Kurikulum 2013

Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013 Revisi 2018

Peran guru banyak berubah terutama dalam pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan Kurikulum 2013 Revisi 2018. Kalau kamu lihat dari administratif, sebenarnya kemdikbud sudah menyediakan perangkat pembelajaran matematika yang hanya perlu sedikit penyesuaian oleh guru masing-masing.

Namun secara fungsional guru harus punya peran aktif menjadi motivator dan fasilitator selama pelaksanaan pembelajaran matematika SD dan siswa kelas 4, 5, dan 6 sebagai pusat belajar.

Guru adalah pekerjaan yang membutuhkan pengetahuan khusus. Tugas meliputi mendidik, mengajar dan melatih. Mendidik artinya memahami nilai kehidupan . Mengajar terkait ilmu pengetahuan dan teknologi. Sedangkan melatih lebih kearah mengasah keterampilan.

Tentunya selama penerapan PROTA Matematika Kelas 6 5 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018 mengharapkan dapat terciptanya proses belajar mengajar interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran (Permendikbud nomor 22 tahun 2016).

Peran Guru Merancang Program Tahunan Matematika SD

Kemampuan Guru SD dalam menguasai pelajaran serta kemampuan dalam pedagogi adalah tuntutan yang harus kamu penuhi selama pelaksanaan pembelajaran matematika.

Proses pembelajaran berkaitan erat dengan kompetensi guru, siswa, kurikulum dan sarana dan prasarana. Guru adalah sosok penting dalam proses pembelajaran tersebut. Guru yang menentukan, strategi model dan metode pembelajaran yang akan berguna dalam kelas.

Kurikulum 2013 Revisi 2018 memperhatikan penilaian dari 4 aspek seperti spritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Tentu hal tersebut menjadi kendala bagi beberapa guru yang tidak punya kompetensi.

Mereka harus siap melaksanakan tugas sebagai perencana pembelajaran (PROTA Matematika Kelas 4, 5, 6) selama menerapkan kurikulum 2013 revisi 2018.

Mencapai harapan ini, bukan perkara gampang halnya membalikkan telapak tangan. Permasalahan utama yang harus diselesaikan adalah merubah pola pikir guru. Bukan asal kerja dan mengajar tetapi lebih membimbing siswa menjadi aktif dan produktif.

Selama pelaksanaan PROTA K13 Matematika Kelas 6, 5, 4 Revisi 2018. Buku guru dan siswa berasal dari pusat kemdikbud. Namun, guru harus mampu merancang bahan ajar yang menarik dan berorientasi pada penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan berdasarkan Pemetaan KD Kurikulum 2013 SD.

Download PROTA Pelajaran Matematika Kelas 4, 5, 6 Semester 2 dan 1

PROTA Matematika Kelas 6 5 4 adalah program tahunan berisi kumpulan alokasi waktu pembelajaran selama satu tahun dari setiap kompetensi dasar (KD) yang akan siswa capai.

PROTA Matematika SD Kurikulum 2013 berperan penting sebagai dasar perancangan perangkat pembelajaran lain. Bagi kamu yang belum mempunyai administrasi kelas 4 5 6 ini. Silahkan mengunduhnya melalui link berikut:

PROTA Matematika Kelas 4Download
PROTA Matematika Kelas 5Download
PROTA Matematika Kelas 6Download

Selanjutnya Apa?

Setelah kamu merancang program tahunan (PROTA) sebagai rencana awal membuat kegiatan belajar yang proaktif. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah merancang Program Semester.

Kunjungi artikel PROMES Matematika Kurikulum 2013 SD Kelas 4 5 6, untuk kamu yang belum punya.

rpp_inspiratif_sd_diskon

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *