PROTA

PROTA Kelas 5 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi

PROTA K13 Kelas 5 SD adalah singkatan dari program tahunan yang dijadikan sebagai bagian perangkat Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 dan 2. Oleh karenanya, guru sebagai perencana bertugas dalam menetapkan alokasi waktu dari setiap tema, subtema, dan pembelajaran siswa SD.

Kamu pasti pernah mendengar kata program. Istilah ini sering dihubungkan dengan persiapan, perencanaan, desain, dan rancangan. Desain berasal dari bahasa inggris yaitu decine. Jadi berarti kita dapat melihat desain dari sudut pendidikan adalah bagian dari rencana pembelajaran.

Perencanaan guru menjadi gambaran beberapa kegiatan awal untuk mempermudah melaksanakannya. Maka dari itu, merancang PROTA Kelas 5 Semester 1 dan 2 adalah langkah awal penentu keberhasilan dan menjadi bahan analisis terhadap kinerja guru supaya mengetahui ketepatan pencapaian dari tujuan yang mau dicapai.

Menerapkan kurikulum 2013 Revisi Sekolah Dasar (SD), tentunya memberikan banyak perubahan dalam kegiatan belajar mengajar. Terutama bagian materi pelajaran yang menjadi kesatuan utuh dalam bentuk tematik.

Selain itu, terdapat beberapa perubahan dalam format pembuatan perangkat pembelajaran terutama Program Tahunan Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi.

Adapun bagian-bagian dari Program Tahunan Kelas 5 antara lain:

  • Identitas Sekolah
  • Tema, subtema, dan pembelajaran
  • Alokasi waktu
  • Penanggunjawab (Kepala Sekolah dan Guru Kelas)

Demi menciptakan proses belajar mengajar siswa yang lebih bermakna, guru kelas 5 harus mampu merencanakan pembelajaran. Seorang guru yang baik akan melakukan yang terbaik untuk membuat pengajarannya berhasil.

Hal ini menunjukkan bahwa guru harus siap dengan perangkat yang harus dilaksanakan ketika merencanakan program. Guru merancang program tahunan kelas 5 untuk mengidentifikasi alokasi waktu dalam kurun setahun untuk mencapai kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum.

Sedangkan program semester merupakan rincian secara garis besar mengenai kegiatan pengajaran selama kurun watu satu semester dengan memperhatikan rencana tahunan dan alokasi waktu mingguan.

Review Program Tahunan Kelas 5

Salah satu faktor yang dapat membawa keberhasilan adalah guru selalu membuat rencana pengajaran terlebih dahulu. Guru juga harus menyadari bahwa tujuan pengajaran adalah untuk membentuk kepribadian siswa dengan menyediakan seperangkat materi.

Menyusun PROTA Kelas V dengan tepat berdasarkan KD, rincian tema, subtema, dan rincian minggu efektif. Program ini akan memudahkan setiap guru mata pelajaran untuk belajar secara efektif dan efisien selama satu tahun ajaran.

Penyusunan program tahunan harus mengacu pada kalender pendidikan masing-masing satuan pendidikan yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan untuk menentukan jumlah minggu efektif per bulan.

Kalender pendidikan sering kali mencantumkan hari libur, jadwal ujian tengah semester ganjil, jadwal ujian semester ganjil dan genap, jadwal ujian sekolah (tertulis) dan genap UTS, jadwal ujian praktek dan perkiraan ujian nasional.

Perencanaan kegiatan belajar mengajar merupakan bagian yang tidak bisa pengajar lupakan. Guru perlu mengembangkan rencana untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif.

Fungsi PROTA Kelas 5 SD Semester 1 dan 2 adalah untuk memandu pekerjaan guru sebagai arah pelaksanaan tugas. Selain itu, rencana pembelajaran berfungsi sebagai pengawasan terhadap kinerja tanggung jawab mereka. Sehingga tugas yang berorientasi dan tujuan yang guru telah tetapkan tercapai.

Sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran, sebaiknya guru kelas 5 menyiapkan Program Tahunan (PROTA) sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran.

Dengan kondisi ini, penyiapan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari tugas manajemen guru dan secara langsung mempengaruhi minat belajar.

Oleh karena itu, semakin baik PROTA yang tersusun, semakin baik pula proses pelaksanaan pembelajaran yang akan terjadi. Setiap kegiatan membutuhkan rencana yang baik jika tujuannya ingin mencapainya dengan benar.

Download PROTA Kelas 5 Semester 1 dan 2

Program Tahunan kelas 5 adalah program setiap tematik yang akan guru persiapkan sebelum memulai tahun ajaran.

Perancangan PROTA tersebut perlu karena dapat menjadi acuan menciptakan perangkat pembelajaran lain berupa program semester, program mingguan, dan harian, atau bahkan setiap topik bahasan.

Dari semua hal tersebut dapat simpulkan bahwa PROTA K13 Kelas 5 SD adalah rencana penetapakan dari setiap alokasi waktu 1 tahun ajaran.

Sehingga dalam mencapai tujuan yang berasal dari kompetensi inti dan dasar sesuai kurikulum 2013 revisi.

Kamu pasti sedang membuat salah satu administrasi ini, jika ingin mendownloadnya dapat dilakukan melalui link dibawah:

CoverDownload
Program Tahunan Kelas 5 Semester 1Download
Program Tahunan Kelas 5 Semester 2Download

Selanjutnya Apa?

Guru memiliki peranan yang vital dalam sistem pendidikan. Demi meningkatkan mutu pengajaran, perlu membuat suatu rencana yang matang. Bagian dari perencanaan tersebut salah satunya adalah dengan membuat program tahunan.

Jika kamu sudah memiliki program tahunan yang kami bagi. Silahkan kunjungi link berikut: PROMES Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi, untuk mendapatkan program semester lanjutannya.

Sekian dari kami, selamat mengunduh file perangkat pembelajaran K13 SD.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *