PROTA

Download Contoh PROTA K13 SD Revisi 2021 Lengkap

Pada akhir artikel, kamu dapat mendownload PROTA K13 SD Revisi 2021 yang merupakan salah satu perangkat pembelajaran sangat berguna sebagai contoh program tahunan Kurikulum 2013 Terbaru.

Suatu pengajaran akan berhasil secara baik apabila seorang guru mampu mengubah diri siswa dalam arti luas menumbuh kembangkan keadaan siswa untuk belajar. Sehingga, dari pengalaman yang siswa peroleh selama ia mengikuti proses pembelajaran tersebut akan dirasakan manfaatnya secara langsung bagi perkembangan pribadi siswa.

Tentunya, kegiatan mengajar yang akan guru terapkan dapat terlaksana dengan baik, apabila dalam diri siswa terjadi perubahan atau berkembang untuk mau belajar.

Selama kegiatan tersebut, siswa mendapatkan pengalaman yang berguna dan bermanfaat, sehingga mereka dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, guru memerlukan perencanaan yang matang demi mensukseskan proses transfer ilmu yang terjadi selama tatap muka dengan siswa.

PROTA K13 mempunyai tujuan untuk membantu para guru dalam membuat perencanaan yang baik dan matang sebelum melaksanakan proses belajar mengajar. Sebab, siswa dapat dengan mudah mencerna dan memahami pengetahuan yang akan guru berikan.

Sekarang, kita akan membahas yang namanya Program Tahunan. Untuk PROTA K13 Kelas 1, 2, 3,4, 5, 6 Kurikulum 2013 Revisi 2020/2021 sendiri merupakan rencana guru yang berisi alokasi waktu pembelajaran dalam 1 (satu) tahun.

Program Tahunan SD Kurikulum 2013

PROTA K13 SD Revisi 2021 biasanya terdiri dari beberapa komponen seperti: identitas sekolah dasar (SD), tema, sub tema, dan alokasi waktu.

rpp_inspiratif_sd_diskon

Program Tahunan SD Kurikulum 2013 sekarang ini bukan lagi memuat mata pelajaran yang bersifat tunggal seperti pkn, ipa, ips, bahasa indonesia, tetapi perpaduan berbagai bidang studi berdasarkan tema yang sesuai agar dapat meningkatkan pengetahuan siswa secara menyeluruh.

Guru perlu mempersiapkan Program Tahunan (PROTA) sebelum memulai tahun ajaran baru. Sebab, setiap PROTA SD akan selalu bersinkronisasi/berkesinambungan dengan Silabus Kurikulum 2013 SD, RPP, PROMES, Pemetaan KI-KD, dan juga KKM.

PROTA K13 SD adalah

Program Tahunan SD Kurikulum 2013 kepanjagan dari PROTA K13 SD adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD).

Penetapan alokasi waktu perlu karena seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat siswa capai. Menetapkan alokasi waktu memperhatikan jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus siswa kuasai.

Program Tahunan SD adalah sebuah rencana dalam bentuk program umum berbagai bidang studi dari setiap kelas. Adapun isinya tentang pencapaian garis-garis besar silabus dalam satu tahun pelajaran sekolah dasar.

Setelah sahabat guru merancang program tahunan sd, maka akan dapat membuat program semester atau dikenal dengan promes /prosem k13 sd. Untuk isi dari prosem k13 sd dicantumkan lebih rinci lagi dibandingkan dengan prota sd kurikulum 2013 revisi 2021.

Anda dapat menganggap contoh PROTA K13 SD sebagai rencana umum dalam pelaksanaan pembelajaran siswa. Jika, setelah para guru mengetahui Jumlah Jam Mengajar (JJM) efektif sesuai dengan Kalender Akademik (Kaldik).

Fungsi

Tugas guru sebelum mengajar seharusnya ia mempersiapkan diri untuk menyiapkan segala sesuatu untuk kegiatan pembelajaran. Seorang guru sebelum mengajar perlu mempersiapkan perangkat pembelajaran.

Namun dalam hal tersebut, guru harus memiliki Kompetensi atau kemampuan melaksanakan sesuatu yang diperolehnya melalui pembelajaran.

Hal ini harus guru lakukan karena pembelajaran merupakan tugas yang pertama dan utama. Jadi, sudah sepatutnya perlu perencanaan dalam melaksanakannya dengan sebaik-baiknya.

Adapun fungsi dari program tahunan (PROTA) selama kegiatan mengajar guru adalah:

  • Berguna untuk pedoman dalam merancang Program semester, program pelajaran lainnya. Sehingga dapat membantu guru dalam mempersiapkan dan mengorganisir tahapan pelaksanaan kegiatan tatap muka dengan siswa.
  • Sebagai acuan dalam rangka optimalisasi, efisiensi dan efektivitas. Sehingga dapat memakai alokasi waktu belajar menjadi lebih sesuai kondisi

Tujuan

Tujuan perancangan program tahunan ialah untuk menata setiap materi pembelajaran secara logis, sistematis serta hierarki; mendistribusikan alokasi waktu buat tiap pokok bahasan.

Program Tahunan SD (PROTA) dapat mendesak proses pendidikan menjadi efisien dan efektif yang bersumber dari teknologi informasi komunikasi. Selain itu, juga memudahkan guru buat mengenali sasaran kurikulum per pokok bahasan ataupun per bulan. (Wawan S. Suherman, 2001: 120).

Langkah-Langkah Penyusunan

Membuat contoh PROTA K13 SD Revisi 2021 Semester 1 dan 2 menjadi suatu kebutuhan yang wajib guru miliki. Sehingga, program tahunan telah menjadi bagian penting dari perangkat pembelajaran.

Untuk langkah-langkah yang guru lakukan dalam menyusun Program Tahunan SD Kurikulum 2013 ini adalah sebagai berikut:

  1. Memeriksa Kelender Pendidikan dari setiap satuan pendidikan provinsi
  2. Membuat Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 SD
  3. Memindai setiap hari-hari libur pada tahun pembelajaran, minggu efektif, hari-hari libur seperti: jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk juga seperti hari-hari besar nasional.
  4. Melakukan perhitungan Jumlah Minggu Belajar Efektif, untuk menghitungnya guru dapat melakukan hal berikut ini:
  • Pertama menghitung jumlah minggu dalam satu tahun
  • Kedua menentukan jumlah minggu tidak efektif selama tahun ajaran.
  • Ketiga melakukan perhitungan jumlah minggu efektif dengan cara menjumlahkan minggu dalam satu tahun dan mengurangkannya dengan jumlah minggu tidak efektif
  • Terakhir Menghitung jumlah jam efektif dalam setahun mengajar, melakukanya dengan cara mengkalikan minggu efektif dengan jumlah jam pembelajaran perminggu
  1. Merancang setiap alokasi waktu minggu belajar efektif kedalam Kompetensi Dasar. Perlu guru perhatikan, dalam mengalokasi waktu harus mempertimbangkan beberapa hal, seperti: jumlah jam pelajaran, struktur kurikulum 2013, dan tingkat kompleksitas materi yang akan guru ajarkan kepada siswa.

Download Contoh PROTA K13 SD

Oleh karena pentingnya Prota K13 SD/MI dalam proses belajar mengajar siswa. Bapak/Ibu Guru dapat mendownload Program Tahunan ini secara gratis. Jangan khawatir karena Program Tahunan SD lengkap kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6. Kamu dapat mendownloadnya masing-masing melalui link berikut:

Selanjutnya apa?

Setelah anda mengenal dan mengetahui jenis rencana yang akan guru lakukan dalam satu tahun mendatang. Anda juga jangan lupa untuk merancang perencanaan pembelajaran tiap semester atau sebutannya Program Semester.

Silahkan mendapatkan filenya melalui artikel PROMES K13 👈 . Jika Anda punya pendapat mengenai program tahunan yang kami bagikan, jangan sungkan memberikan pertanyaan pada kolom komentar.

rpp_inspiratif_sd_diskon

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *