PROMES

PROMES Kelas 5 Semester 1 dan 2 K13 Revisi Terbaru

Download PROMES Kelas 5 SD Semester 1 dan 2 K13 Revisi – Menciptakan kegiatan belajar mengajar yang menarik sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan, sudah menjadi tantangan yang harus setiap guru capai. Melakukan hal tersebut pastinya akan membutuhkan persiapan matang.

Persiapan itu guru lakukan dengan merancang perangkat pembelajaran. Bagi kamu, guru mengajar siswa-siswi SD, wajib mempunyai salah satunyayaitu PROMES.

Karena bisa kamu jadikan sebagai alat bantu merancang pengajaran dengan alokasi waktu yang efesien dan efektif. Sehingga siswa kelas 5 belajar tepat sasaran sesuai kebutuhan.

Pembelajaran akan berhasil secara baik apabila seorang guru mengikuti program perencanaan dalam PROMES Kurikulum 2013 dan mampu mengubah pribadi siswa dalam arti luas menumbuh kembangkan keadaan siswa untuk belajar

Sehingga dari pengalaman yang siswa peroleh selama ia mengikuti proses pembelajaran dan merasakan manfaatnya secara langsung bagi perkembangan pribadi siswa.

PROMES K13 Kelas 5 Revisi merupakan suatu sistem yang terdiri dari beberapa komponen yang saling terkait satu dengan yang lainnya untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran.

Mengajar berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi harus mengikuti rencana dalam Program Semester (PROMES), sehingga dapat mempermudah proses belajar mengajar agar lebih bermakna. Guru kelas 5 yang baik akan berusaha sedapat mungkin agar pengajarannya berhasil.

Salah satu faktor yang bisa membawa keberhasilan itu, ialah guru tersebut senantiasa membuat perencanaan PROMES Kelas 5 Semester 2 dan 1 Revisi sebelumnya.

Guru juga harus menyadari bahwa tujuan pengajaran adalah untuk membentuk kepribadian siswa dengan cara membekalinya dengan seperangkat materi pengajaran.

Hal ini menunjukan bahwa guru SD perlu mempersiapkan perangkat pembelajaran seperti PROMES dalam pelaksanaan kegiatan mengajar tematik selama semester 1 dan 2.

Fungsi Program Semester Kurikulum 2013 SD

Adapun fungsi dari PROMES dalam proses belajar mengajar yaitu:

  • Petunjuk arah kegiatan dalam mencapai tujuan
  • Pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang terlibat dalam kegiatan
  • Pedoman guru dan siswa untuk menghasilkan kegiatan belajar mengajar yang efektif
  • Alat ukur efektif tidaknya suatu pekerjaan, sehingga dapat mengetahui ketepatan dan kelemahan kerja
  • Untuk bahan penyusunan data agar terjadi keseimbangan kerja
  • Menghemat waktu, tenaga, alat-alat dan biaya.

Dari berbagai pendapat tersebut dapat kamu simpulkan bahwa fungsi perencanaan pembelajaran adalah pedoman kerja guru sebagai arah melaksanakan tugasnya.

Selain itu perencanaan pembelajaran PROSEM juga berguna sebagai pengawasan terhadap pelaksanaan tugasnya, sehingga tugasnya terarah dan tujuan akan tercapai.

Peran Guru Merancang Program Semester Kelas 5

Kurikulum 2013 Revisi adalah sebuah program yang bertujuan untuk mengintegrasikan dua kerangka besar yaitu kompetensi dan pembelajaran karakter diri. Hal ini berdampak pada kualitas pendidikan di Indonesia mengikuti tren sangat terbatas dalam konteks aspek kognitif dan kuantitatif.

Oleh karena itu dibutuhkan guru yang berfungsi sebagai motivator, stabilisator dan komunikator dalam pembelajaran, sehingga guru bertugas dan bertanggung jawab merencanakan dan melaksanakan pengajaran di sekolah

Dalam proses belajar mengajar guru merupakan komponen yang penting dalam perencanaan dan penyelenggaraan pendidikan. Agar dapat memberikan dampak lebih dalam pengembangan karakter dan kompetensi siswa kelas 5.

Perencangaan pendidikan dapat dimulai dari PROMES Kelas 5 yang sebenarnya berisi perincian lebih detail dari program tahunan (PROTA) agar tujuan pembelajaran mau dicapai oleh siswa selama mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Program semester dibuat berdasarkan pertimbangan alokasi waktu yang tersedia, jumlah pokok bahasan yang ada dalam semester tersebut dan frekuensi ujian yang disesuaikan dengan kalender pendidikan.

Dengan bantuan PROMES dapat meringankan tugas guru dalam menentukan setiap alokasi waktu yang efektif dari pembelajaran yang akan diterapkan.

Pelaksanaan tugas dan tanggung jawab tersebut harus mempunyai sejumlah kompetensi dan kemampuan. Tugas dan tanggung jawab inilah berkaitan erat dengan kemampuan yang menjadi syarat seorang guru.

Setiap tanggung jawab memerlukan sejumlah kompetensi. Guru yang mempunyai kompetensi akan lebih mudah dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

Kompetensi guru berasal dari beberapa hal seperti bakat, pengalaman dan pendidikan guru. Adapun kompetensi guru tersebut berkaitan dengan proses belajar seperti: merencanakan , melaksanakan, dan menilai kemajuan.

Download PROMES K13 Kelas 5 Semester 2 dan 1

Kemampuan guru dalam menyusun program semester dapat meningkatkan kualitas belajar mengajar serta hasil belajar yang akan siswa raih selama semester 1 dan 2.

Guru yang berkompeten akan mampu menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, efektif dan mampu mengelola kelas dengan baik sehingga hasil belajar siswa akan optimal.

Sebab itu, kamu juga harus mempunyai perangkat pembelajaran tersebut. Jika kamu belum punya, silahkan mengunduhnya melalui link ini:

Cover Program SemesterDownload
PROMES Kelas 5 Semester 1 dan 2Download

Merencanakan pengajaran sangat penting karena dapat mempermudah proses belajar mengajar agar lebih bermakna. Guru yang baik akan berusaha sedapat mungkin agar pengajarannya berhasil.

Selanjutnya Apa?

Salah satu faktor yang bisa membawa keberhasilan itu, ialah guru tersebut senantiasa membuat PROMES Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi sebelum mengajar. Guru juga harus mempersiapkan segala perangkat pembelajaran yang mereka butuhkan.

Seperti halnya dengan Silabus Pembelajaran. Kalau kamu belum mempunyainya, kunjungi artikel Silabus K13 Kelas 5 Semester 1 dan 2, silahkan download filenya.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *