Pemetaan KD

Pemetaan KD Matematika Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013

Download Pemetaan KD Matematika Kelas 4 Semester 1 sesuai dengan Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 Revisi Terbaru. Contoh format bisa Anda gunakan untuk merancang administrasi perangkat pembelajaran.

Pemetaan Kompetensi Dasar Matematika Kelas 4 Semester 1 adalah hasil dari pengumpulan data untuk setiap topik pelajaran yang akan siswa pelajari saat mengikuti program belajar.

Kompetensi Dasar memiliki prinsip belajar dari bidang studi dalam setiap pertemuan sehingga mampu memperkuat kemampuan matematis siswa selama pembelajaran kurikulum 2013. 

Tujuan siswa untuk menempuh pendidikan agar dapat naik ke tingkat selanjutnya. Syarat seorang siswa berhasil lulus, maka mereka harus mempunyai keahlian atau pun kemampuan yang sesuai dengan persyaratan.

Oleh karena KD yang berasal dari penjabaran KI telah menjadi syarat tersebut. Semuanya tertuang dalam Pemetaan Kompetensi Dasar Matematika SD Kelas 4 Semester 1. Sehingga dapat guru pakai dalam menetapkan tujuan pembelajaran.

Sedangkan KI pada penerapan kurikulum 2013 terbagi menjadi 4. Sehingga setiap bagian menunjukkan persyaratan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang memiliki karakteristik unik tertentu. Adapun Kompetensi Inti (KI) Matematika Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi adalah:

  • KI-1 mengembangkan sikap spiritual siswa
  • KI-2 menumbuh kembangkan sikap sosial siswa dalam kehidupan sehari-hari.
  • KI-3 mengharapkan siswa kelas 4 meningkatkan kategori pengetahuan (kognitif)
  • KI-4 tentang pengasahan keterampilan.

Review Pemetaan Kompetensi Dasar SD

Keberhasilan belajar mengajar pelajran matematika pada dasarnya merupakan perubahan positif selama dan setelah pelaksanaan pembelajaran. Keberhasilan ini dapat dilihat dari partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran.

Sehingga menunjukkan hasil positif yang siswa peroleh selama kegiatan di kelas. Partisipasi siswa tersebut tidak hanya tercermin secara langsung saat kegiatan belajar matematika.

Tetapi lebih penting dalam aspek intelektual dan emosional dari kegiatan mengajar. Siswa mengalami perubahan secara sadar atau sadar setelah mengalami proses pengajaran. Jadi, guru harus jeli dalam melihat dan menilai perubahan positif yang telah terjadi dalam diri anak didiknya.

Untuk mengetahui hasil belajar tersebut, maka diperlukanlah sebuah tes evaluasi yang disusun berdasarkan tiap-tiap KD Matematika Kelas 4 yang menjadi patokan dalam menentukan tujuan pembelajaran.

Selanjutnya mengevaluasi hasil pembelajaran, dan memantau peningkatan proses, kemajuan dan hasil dalam bentuk ulangan harian dan UTS. UAS, dan tes kenaikan pangkat.

Penilaian guru sangat bermanfaat untuk menilai pencapaian kemampuan siswa, menyiapkan bahan laporan kemajuan hasil belajar, dan untuk meningkatkan proses pembelajaran.

Pada kurikulum 2013 Revisi Terbaru, pelajaran matematika masih terintegrasi dengan bidang studi lainnya dalam bentuk pembelajaran tematik.

Tetapi setelah munculnya buku terbaru matematika k13 revisi, bidang studi matematika telah berpisah dan menjadi satu unit pelajaran utuh.

Oleh karena itu, perancangan administrasi guru seperti perangkat pembelajaran matematika juga harus terpisah, baik seperti Silabus K13, Prota, Promes, dan yang paling utama adalah Pemetaan Kompetensi Dasar SD.

Sedangkan untuk format kompetensi dasar, terdiri dari beberapa komponen berikut:

  • Judul Pemetaan
  • Identitas Sekolah, Pelajaran, dan tahun ajaran
  • Topik Matematika serta ruang lingkup
  • Kompetensi Inti Pengetahuan dan Keterampilan
  • KD Matematika, dan
  • Indikator

Anda bisa melihatnya format pemetaan kd sd matematika dari gambar di bawah ini:

Rincian Kompetensi Dasar Pelajaran Matematika Kelas 4 Semester 1

Download Pemetaan KD Matematika Kelas 4 Semester 1

Gurusekali.com membagikan Pemetaan KD yang tersimpan dengan format xls. Jadi bapak dan ibu guru harus memakai aplikasi microsoft excel supaya bisa membuka dan mengedit.

Pada semester 1, matematika mempunyai 3 topik pelajaran, dari materi Pecahan, KPK dan FPB, serta Aproksimasi (Pembulatan bilangan). Kumpulan Kompetensi Dasar (KD) K13 Revisi telah sesuai Buku Kurikulum 2013 keluaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemdikbud.

Silahkan mendownload file lengkap kompetensi pengetahuan (KI-3) dan keterampilan (KI-4) berikut:

Pemetaan KD Matematika Kelas 4 Semester 1Download

Baca Juga Artikel : RPP Matematika Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi

Selanjutnya apa?

Setelah Anda mendownload perangkat pembelajaran untuk semester 1 tersebut, Anda juga harus melengkapi administrasi kompetensi dasar untuk semester selanjutnya.

Silahkan lihat dan dapatkan filenya melalui artikel berjudul KD Matematika Kelas 4 Semester 2. Kalau anda punya pendapat mengenai pemetaan kompetensi pelajaran matematika, berikan pertanyaan di kolom komentar dibawah

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *