Pemetaan KD

Pemetaan KD Kelas 3 SD Semester 1 dan 2 K13 Revisi Tematik

Pemetaan KD Kelas 3 SD Semester 1 K13 Revisi Tematik adalah salah satu perangkat pembelajaran rancangan guru untuk memetakan setiap Kompetensi Dasar yang akan siswa pelajari selama kegiatan belajar Kurikulum 2013 Revisi untuk tahun ajaran ganjil.

Guru merancang Pemetaan KD Kelas 3 Semester 1 K13 Revisi sebelum memulai materi pelajaran. Adapun kompetensi dasar yang ingin guru petakan biasanya terdapat pada Buku Kurikulum 2013 Revisi terbitan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam Kurikulum KTSP, biasanya anda pasti tahu dengan sebutan “Standart Kompetensi“. Namun semejak bergantinya Standar Pendidikan menjadi Kurikulum 2013, hal tersebut telah berubah.

Istilah “Standart Kompetensi” tidak lagi digunakan, tetapi muncul istilah baru yaitu kompetensi inti.

Jadi muncul istilah kompetensi inti, yang menggambarkan kemampuan utama siswa dalam hal sikap, pengetahuan dan keterampilan (afektif, kognisi, dan psikomotor) yang harus siswa pelajari di sekolah, kelas, dan tingkat mata pelajaran.

Peran guru sebagai pengajar memiliki tugas menyusun Pemetaan KD Kelas 3 dengan tujuan untuk mengkategorikan penyebaran dari karakteristik capaian peserta didiknya. Adapun karakteristik tersebut terbagi menjadi 4 Kompetensi Inti (KI), yaitu:

  • KI-1 dalam aspek sosial
  • KI-2 dalam aspek spiritual
  • KI-3 dalam aspek pengetahuan
  • KI-4 dalam aspek keterampilan

Keempat Kompetensi Inti tersebut menjadi bagian dari tujuan pendidikan indonesia sesuai kurikulum 2013 revisi yang sekolah kamu gunakan.

Tingkat satuan pendidikan sekolah dasar (SD) dalam proses pencapaian KI-1 perlu menerapkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) supaya dapat menanamkan karakter-karakter berbudi luhur pada jati diri siswa.

Selama kegiatan tatap muka belajar mengajar berlangsung. Guru mengharapkan siswa bukan hanya berkembang pada aspek kognitif atau pengetahuan dan psikomotor (keterampilan).

Tetapi juga mencapai perubahan dalam aspek spiritual, seperti: taat dalam beribadah, menunjukkan perilaku syukur, mampu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bersikap toleransi terhadap teman berbeda agama, dan lain-lain.

Review Pemetaan Kompetensi Dasar SD

Kompetensi inti adalah kompetensi yang harus dimiliki siswa untuk setiap kelas melalui pembelajaran. Ruang lingkup rencana pelaksanaan pembelajaran yang paling luas meliputi Pemetaan KD Kelas 3 yang terdiri beberapa indikator. Namun untuk 1 indikator dapat siswa pahami dalam satu atau beberapa pertemuan tatap muka.

Mengembangkan KD adalah salah satu langkah pertama seorang guru dalam merancang perangkat pembelajaran. Namun dalam pelaksanaannya memerlukan tindakan seperti menganalisis minggu efektif dan hari efektif setiap semester dalam satu tahun ajaran.

Adapun fungsi dari analisis minggu efektif dan efektif adalah untuk mengetahui berapa jam efektif yang tersedia dalam proses pembelajaran pada setiap semester dalam satu tahun pelajaran.

Sehingga dapat menentukan alokasi waktu yang tepat bagi siswa untuk mempelajari setiap Pemetaan KD Kelas 3 Semester 1 Kurikulum 2013 dalam pembelajaran tematik.

Hal ini sangat penting untuk menyesuaikan materi yang termasuk dalam Komptensi Inti (KI) yaitu materi minimal yang harus tercapai sesuai dengan rumus yang ditentukan dalam Kompetensi Dasar.

Jadi dapat, kita simpulkan bahwa Kompetensi Dasar sangat penting dalam proses pembelajaran. Karena sangat berkaitan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Jadi, guru harus bijaksana dalam menyusun aktivitas belajar siswa yang telah menyesuaikannya dengan KD dalam bentuk Indikator.

Berdasarkan Buku terbitan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang Implementasi Kurikulum 2013 Revisi. Terdapat beberapa perubahan dalam saat mau menyusun Pemetaan KD yang harus diketahui.

Adapun format dari Pemetaan KD yang akan Anda download, dapat melihatnya pada gambar di bawah ini:

Guru menerapkan pendekatan pembelajaran dengan memakai pendekatan bermodel tematik.

Tematik merupakan penyatuan kegiatan belajar dari mata pelajaran yang diikat menjadi satu kesatuan utuh menggunakan tema tertentu. Agar dapat menyederhanakan konsep tatap muka menjadi lebih sederhana sehingga dapat menarik perhatian dan motivasi siswa.

Download KD Kelas 3 Semester 1 Kurikulum 2013

Pemetaan Kompetensi Dasar SD dapat kamu pakai selama tahun ajaran semester 1 untuk kelas 3 SD. File menggunakan format xls, anda harus membuka dan mengeditnya melalui software Microsoft Excel.

Kamu tidak perlu ragu untuk mengunduh kumpulan KD ini, karena telah sesuai dengan jaringan kompetensi dasar pada buku tematik terbaru yang kamu gunakan

Jika ingin mendapatkan file Pemetaan Kompetensi Dasar, hanya perlu menelusuri link di bawah ini:

Pemetaan KD Kelas 3 Semester 1 Kurikulum 2013Download


Selanjutnya apa?

Setelah anda mengetahui berbagai kompetensi dasar yang akan guru jadikan target pembelajaran oleh siswa pada semester 1. Sebaiknya anda juga harus memiliki perangkat pembelajaran k13 sd untuk satu tahun kedepan. Silahkan mendownloadnya melalui artikel Pemetaan KD Kelas 3 Semester 2.

Sekian artikel gurusekali.com mengenai perangkat pembelajaran guru kurikulum 2013, semoga dapat berguna serta bermanfaat buat kalian semua. 

Jika anda mengalami kebingungan atau punya pertanyaan mengenai KD Kelas 3 Semester 1 Kurikulum 2013. Silahkan cantumkan pendapat anda pada kolom komentar.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *