Pemetaan KD

Pemetaan KD Kelas 2 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013

Pemetaan KD Kelas 2 Semester 1 merupakan tugas awal seorang guru untuk merancang desain pembelajaran yang sesuai berdasarkan Kurikulum 2013 yang sekolah gunakan dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan.

Setiap guru kelas 2 sekolah dasar dituntut untuk merancang kompetensi dasar yang mau dicapai siswa secara sistematis untuk memungkinkan proses belajar berlangsung dalam interaksi yang baik.

Sehingga mampu memberikan inspirasi, kesenangan, rangsangan, dan dorongan, memungkinkan siswa untuk berpartisipasi aktif. Sehingga dapat berinisiatif dan memiliki kreativitas yang cukup berdasarkan bakat, minat, dan kemampuan fisik dan psikologisnya.

Implementasi kurikulum 2013 lebih menitikberatkan pada aktivitas siswa kelas 2, dan pendidik harus menyiapkan perangkat pembelajaran sebelum melanjutkan ke proses mengajar.

Maka siswa dapat belajar sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD). Jika Pemetaan KD Kelas 2 dapat tercapai dengan benar, maka proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.

Guru perlu mendukung siswa untuk berhasil mencapai Kompetensi Dasar sekolah, dengan memberikan perencanaan yang matang saat proses belajar mengajar.

KD Kelas 2 Semester 1 menjadi dasar pokok panduan membuat Silabus K13 SD. Menguraikan setiap Kompetensi Inti (KI) dari pelajaran Sekolah Dasar menjadi bentuk tujuan berupa Kompetensi Dasar (KD) berkarakteristik dengan cara mengurutkannya sesuai tematik tertentu.

Review Format KI dan KD Kurikulum 2013 SD

Belajar dapat dilihat dalam dua aspek. Pertama-tama, pembelajaran dapat kita anggap sebagai sistem yang terdiri dari sejumlah elemen yang saling terkait.

Elemen tersebut termasuk: KI, KD, tujuan belajar, media, pengorganisasian, penilain, dan tindak lanjut (perbaikan dan pengayaan).

Kedua, pembelajaran dapat menganggapnya sebagai proses yang merupakan serangkaian pendidik dalam kerangka kerja untuk siswa yang memahami persiapan, implementasi, dan tindak lanjut.

Inti dari kegiatan mengajar adalah proses pilihan, penerapan, pengembangan, pendekatan, model dan teknik belajar, memberikan materi pendidikan.

Selain itu dapat memberikan pengalaman belajar yang signifikan dan pengukuran tingkat keberhasilan proses. Sehingga dapat mencapai hasil pencapaian hasil belajar sesuai dengan KI dan KD Kurikulum 2013.

Kompetensi Inti (KI) adalah tingkat kemampuan umum yang akan menjadi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) tingkat satuan pendidikan. Khusu untuk KI bersumber dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan Kurikulum 2013.

Guru kemudian akan menjabarkan Kompetensi Inti tersebut menjadi beberapa kumpulan kompetensi dasar SD untuk menganalisis perancangkan desain pembelajaran yang tepat bagi siswa-siswi.

Adapun format Pemetaan KD Kelas 2 yang harus guru buat adalah seperti di bawah ini:

Kompetensi Dasar selanjutnya menjabarkannya menjadi beberapa Indikator mata pelajaran sehingga siswa mempunyai tujuan pembelajaran yang akan mau mereka capai selama proses kegiatan pembelajaran kurikulum 2013.

KD Kelas 2 merupakan tanda dari pencapaian siswa. Keberhasilan siswa dalam belajar bisa terlihat melalui kegiatan penilaian harian, bulanan, tengah semester, dan akhir semester 1.

Melalui KD Kelas 2, guru dapat langsung mengetahui apa-apa saja sebenarnya yang siswa ketahui. Jika terdapat ketidakberhasilan siswa dalam belajar. Dapat langsung melakukan perbaikan dalam bentuk remedial.

Download KD Kelas 2 Semester 1

Salah satu faktor utama dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan menyusun Pemetaan KI dan KD. Gurusekali.com mengharapkan untuk keprofesionalisme guru dalam mempersiapkan salah satu Administrasi Kelas 2 ini yang merupakan tugas utama guru sebagai perencana.

Berkenaan dengan hal tersebut, seorang pendidik harus dapat memahami dan mengimplementasikan beberapa perangkat pembelajaran sebelum proses mengajar mereka laksanakan.

Sehingga tujuan pembelajaran yang mencerminkan tiap-tiap Kompetensi Dasar (KD) dapat tercapai siswa dengan benar. Pemetaan KD Kelas 2 ini, kami bagikan dalam format excel. Sehingga mudah melakukan pengeditan terlebih dahulu pada sebagian komponen yang menurut Anda kurang.

Isi ringkas dari file terdiri dari:

  • Pemetaan KD KI-1 Aspek Spiritual (pada pelajaran Agama)
  • KD KI-2 Aspek Sosial (pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan)
  • Pemetaan KD KI-3 Aspek Pengetahuan
  • Pemetaan KD KI-4 Aspek Keterampilan

Untuk mendownload file format Pemetaan Kompetensi Dasar Kelas 2 Semester 1 dapat melakukannya melalui tombol link berikut:

KD Kelas 2 Semester 1Download

Selanjutnya apa?

Sekarang anda pasti sudah mempunyai perangkat pembelajaran diatas. Langkah kedua yang harus guru lakukan adalah merancang Kompetensi Dasar untuk semester selanjutnya.

Anda bisa langsung mendownload filenya pada artikel Pemetaan KD Kelas 2 Semester 2 Kurikulum 2013.

Silahkan berikan masukan atau pendapat mengenai KI-KD untuk Kelas 2 pada kolom komentar. Terima kasih telah sedia membaca sampai akhir.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *