Pemetaan KD

Pemetaan KD Kelas 1 Semester 2 K13 Revisi [Format Baru]

Pemetaan KD Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi adalah salah satu peran guru sebagai perencana lakukan dalam memilah kompetensi dasar pada Buku Guru dan Siswa agar mempermudah tugas selanjutnya merancang Silabus Kelas 1.

Pada postingan sebelunya, anda pasti sudah memiliki salah satu perangkat pembelajaran yang wajib guru miliki, yaitu Pemetaan KD Kelas 1 Semester 1. Kompetensi inilah yang menjadi bagian dari tujuan dari setiap tema dan subtemanya.

Kita akan membahas mengenai Pemetaan KD Kelas 1 Semester 2 K13 Revisi yang memberikan manfaat kepada pendidik untuk membuat penilaian kurikulum 2013 yang tepat sesuai dengan harian, bulanan, tengah semester, dan penilaian akhir nantinya.

Tugas utama guru dalam melaksanakan proses mentransfer ilmu adalah (1) menyiapkan perangkat pembelajaran, (2) mengajar dan mendidik siswa, dan (3) evaluasi hasil belajar.

Ketiga tugas itu telah menjadi satu kesatuan, saling bergantung dan saling mempengaruhi, serta mempunyai kepentingan yang sama satu dengan yang lainnya untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Merencanakan, melaksanakan dan evaluasi merupakan bagian penting dari proses kegiatan belajar mengajar. Sehingga saat pelaksanaannya harus sesuai standar nasional dan mengharuskan guru memiliki kemampuan untuk menerapkannya.

Guru harus memiliki pengetahuan dan keterampilan mengajar, pengetahuan evaluasi, yang merupakan kondisi sangat perlu untuk menunjukkan efek keberhasilan siswa mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Review Kompetensi Dasar SD

KD Kelas 1 Semester 2 merupakan suatu kegiatan yang tidak dapat memisahkannya dari kegiatan mengajar secara keseluruhan. Sehingga guru akan melakukan pemetaan kd terhadap siswa kelas 1. Sehingga dapat mengetahui kemajuan dari mereka dalam suatu pelajaran berdasarkan Indikator pencapaian.

Sedangkan indikator tersebut berasal dari Kompetensi Dasar (KD) yang telah guru jabarkan. Sehingga dapat menentukan tujuan pembelajaran dari setiap topik pelajaran.

Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) harus guru kelas 1 petakan sebelum memulai proses mengajar. Tujuannya adalah untuk mengetahui penyebaran dari target belajar bagi siswa pada semester 2.

Pelaksanaan mengajar harus berdasarkan Kurikulum 2013 telah menerapkan sistem penilaian empat aspek kompetensi siswa yaitu: Sosial, Spiritual, Pengetahuan, dan Keterampilan.

Proses belajar mengajar untuk kelas 1 pada tahun ajaran semester 2 menggunakan bahan ajar berupa 4 jenis buku tematik untuk mempermudah pengajaran berlangsung. Adapun tema tersebut yaitu:

  • Tema 5 Pengalaman ku, terbagi menjadi sub tematik Pengalaman Masa Kecil, Pengalaman Bersama Teman, Pengalaman di Sekolah, dan Pengalaman yang Berkesan
  • Tematik 6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri, terbagi menjadi sub tematik: Lingkungan Rumahku, Lingkungan Sekitar Rumahku, Lingkungan Sekolahku, dan Bekerja sama Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan
  • Tema 7 Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitar ku, terbagi menjadi sub tematik: Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitar Kita, Hewan di Sekitar ku, Tanaman di Sekitar ku, Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda.
  • Tema 8 Peristiwa Alam, terbagi menjadi sub tematik: Peristiwa Siang dan Malam, Kemarau, Penghujan, dan Bencana Alam

Sebelum mengajar, anda wajib terlebih dahulu menyiapkan RPP. Supaya selalu berpedoman pada RPP selama proses pembelajaran. Anda saat menyampaikan dan mentransfer isi materi kepada siswa dapat tepat sasaran, karena dalam prosesnya, anda sudah menyampaikan materi yang sesuai dengan isi KD.

Keberhasilan penyampaian materi pelajaran dapat melihatnya jika anda menyesuaikan langkah-langkah kegiatan yang dilakukan sesuai KI, KD, indikator dan tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, pentingnya kompetensi dasar bagi guru selama proses belajar mengajar (PBM).

Download KD Kelas 1 Semester 2 K13 Revisi

Jika keseluruhan soal evaluasi sesuai dengan isi KD per mata pelajaran. Maka dapat dinilai standar soal tes dari soal tersebut tinggi, dan jika ada beberapa soal yang tidak sesuai dengan isi KD. Maka standar soal tesnya rendah.

Oleh karena itu, guru menggunakan permasalahan evaluasi untuk mengetahui hasil belajar. Jika soal yang digunakan dapat dikatakan tidak memiliki standar yang baik. Penyebanya kemungkinan karena tidak memenuhi KI, KD dan indikator yang tercermin dalam isi rencana pengajaran.

Pemetaan KD Sekolah Dasar sangat penting untuk membuat berbagai perangkat administrasi kelas 1 yang ada. Supaya siswa-siswi dapat mengetahui target acuan pengajaran apa yang harus diraih.

Karena hal inilah kami akan berbagi Kompetensi Dasar Kelas 1 Semester 2 untuk setiap kompetensi. Adapun KD yang akan kamu download dalam format excel sehingga memudahkan Anda dalam proses pengeditan.

Cakupan Pemetaan Kompetensi Dasar terdiri dari

  • Pemetaan KD Pengetahuan (KI-3)
  • Pemetaan KD Keterampilan (KI-4)

Untuk unduh file lakukan melalui link berikut:

Pemetaan KD Kelas 1 Semester 2Download

Selanjutnya apa?

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan setelah memiliki pemetaan kompetensi dasar kelas 1 selama satu tahun pembelajaran. Merancang yang namanya Program Tahunan. Jika ingin mendownloadnya, bisa langsung cek pada artikel berjudul PROTA Kelas 1 Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Jika punya pendapat berbeda atau pertanyaan mengenai Kompetensi Dasar Kelas 1 Semester 2, segera berikan pada kolom komentar.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *