Pemetaan KD

Pemetaan KD Kelas 1 Semester 1 dan 2 K13 Revisi [Format Baru]

Pemetaan KD Kelas 1 SD Semester 1 K13 Revisi adalah langkah awal guru dalam membuat desain pembelajaran Kurikulum 2013 dengan mengorganisir Kompetensi Dasar dari target pembelajaran agar dapat merancang Silabus Kurikulum 2013 SD.

Pemetaan KD Kelas 1 adalah salah satu bagian dari desain pembelajaran untuk memetakan Kompetensi Inti aspek spritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan, menjadi persyaratan untuk dianggap telah mampu menyelesaikan segala permasalahan atau tugas-tugas sesuai bidangnya.

Standar Kompetensi Lulusan Kelas 1

Berdasarkan Permendiknas No. 22 Tahun 2006, Standar Isi (SI) menjadi sebagai lingkup materi tingkatan kompetensi dalam mencerminkan standar lulusan setiap jenjang pendidikan.

Standar ini menjadi landasan kerangka utama terhadap struktur Kurikulum 2013 Revisi yang setiap lembaga pendidikan formal gunakan.

Standar kompetensi lulusan adalah syarat siswa-siswi dinyatakan lulus dari berbagai aspek penilaian pembelajaran. Gambaran tersebut akan Anda rancang secara keseluruhan melalui kompetensi dasar, indikator, dan tujuan pembelajaran kelas.

Secara keseluruhan KD Kelas 1 Semester 1 dan 2 yang tingkat pencapaian siswa masih rendah berhubungan dengan rendahnya kemampuan siswa dalam memahami materi yang guru berikan.

Karena masih kurangnya pengetahuan siswa kelas 1 terhadap kemampuan menulis dan membaca. Sehingga siswa terkendala untuk menerima pelajaran yang telah diajarkan. Makanya, sangat penting terlebih selama kegiatan belajar memprioritaskan aspek membaca, menulis, dan berhitung. Agar siswa-siswi dapat menuntaskan capaian kompetensi dasar (KD) yang terkandung dari setiap bidang studi.

Selain itu, hal tersebut terjadi karena hilangnya materi pembelajaran terstruktur dari silabus. Sementara dilain pihak siswa dituntut untuk dapat memahami dan menggunakan tata bahasa yang baik dan benar pada saat berbicara maupun menulis.

Permasalahan yang lainnya adalah Anda belum sepenuhnya menggunakan silabus, RPP, maupun LKS yang Sekolah Dasar (SD) pakai sesuai dengan tuntutan pengembangan Kurikulum 2013 Revisi.

Paling parahnya lagi karena kurangnya pelatihan mengenai cara pembuatan perangkat pembelajaran yang benar, sehingga Anda masih kurang terampil dalam membuat perangkat pembelajaran

Review KD Kelas 1 Semester 1

Menyusun dan memetakan segala kompetensi dasar menjadi start awal dalam melakukan rancangan pembelajaran tersebut. Anda tentunya merancang kompetensi dasar setiap mata pelajaran sebelum mulai tahun ajaran baru.

Merancang Pemetaan Kompetensi Dasar yang baik dan benar merupakan acuan sekolah dalam melakukan perbaikan pendidikan sumber daya manusia sehingga dapat menciptakan mutu pendidikan yang lebih baik nantinya.

Pemetaan KD adalah gambaran dari diagram tulang ikan (fish bone), pertama sekali disebut oleh Kaoru Ishikawa di Jepang sekitar tahun 1960-an. Dari diagram itulah dapat mengungkapkan bahwa semua kemungkinan penyebab dari permasalahan yang siswa mengalami kesulitan belajar.

Sehingga, Anda mampu berperan aktif sebagai katalisator dan fasilitator sesuai amanat Kurikulum 2013, menciptakan kegiatan belajar mengajar yang efektif, efisien, dan menarik.

Tetapi jika guru masih terpaku kepada kurikulum lama yang cenderung kaku, karena lebih memperhatikan keberhasilan hasil belajar siswa saja, tidak memandang keberhasilan proses, maka nilai akhir pembelajaran tidak akan terciptanya kemajuan kualitas pendidikan.

Sebelum Anda mendownload Pemetaan KD Kelas 1, ada baiknya membaca beberapa informasi berikut, guna menambah pemahaman mengenai Kompetensi Dasar SD.

Supaya teman guru, lebih paham dan mengerti dalam merancang administrasi pendidikan yang kamu perlukan sesuai kebutuhkan sekolah masing-masing.

Manfaat Kompetensi Dasar

Selama proses pendidikan yang terjadi pada Sekolah Dasar( SD). Alokasi waktu guru untuk mengajar sebanyak 35 menit per pertemuan. Selain mengajar, guru juga harus berperan sebagai perencana dalam membuat sesuatu pemetaan dari kompetensi dasar( KD) yang hendak menjadi sasaran oleh setiap siswa.

Selama awal proses mulainya tahun ajaran baru. Teman guru pastinta wajib menuntaskan rancangan administrasi pendidikan sekolah. Salah satu dari perangkat administrasi tersebut tidak lain merupakan Pemetaan KD SD.

Banyak kegunaan yang dapat guru rasakan dengan memanfaatkan Pemetaan KD Kelas 1 semester 1. Salah satunya adalah sebagai bahan dasar dari pembuatan silabus pembelajaran kurikulum 2013 Revisi SD

Metode termudah untuk merancang kompetensi inti dan dasar adalah dengan menggunakan buku Guru Kurikulum 2013. Pada buku tersebut, setiap kompetensi dasar yang ingin siswa capai, sudah terpetakan dengan tepat.

Buku guru Kurikulum 2013 Revisi terbagi menjadi 4 tema. Setiap tema mewakili 4 sub tema, serta 1 sub tema terdiri atas 6 pendidikan. Menggunakan Buku guru sebagaik acuan dalam merancang perangkat KI dan KD bukanlah tugas yang gampang.

Karena Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar K13 SD tersebut telah setimpal dengan standar pembelajaran nasional yang kemdikbud berlakukan sendiri.

Cara memetakan KI-KD Kurikulum 2013 SD

KD Kelas 1 Kurikulum 2013 yang telah terdapat, bisa kamu analisis. Supaya KI- KD tersebut sesuai dengan kemampuan siswa tanpa mengurangi standar pembelajaran nasional yang ada.

Proses analisis kompetensi dasar inilah yang dinamakan dengan” pemetaan“, dengan tujuan hasil sepanjang proses belajar mengajar jadi lebih optimal.

Kompetensi Dasar( KD) bergantung dari sebagian perihal yang wajib kamu pertimbangkan, antara lain:

  • Relevansi kemampuan siswa dengan tingkatan pertumbuhan raga, intelektual, emosional, sosial, serta spritual siswa-siswi.
  • Kebermanfaatan untuk siswa dalam struktur aktualitas, kedalaman, serta keluasan modul
  • Relevansi pembelajaran dengan kebutuhan pendidik serta tuntutan lingkungan alokasi waktu yang tersedia .

Jadi bisa disimpulkan didalam isi pemetaan kd buat tiap sekolah bisa sama maupun berbeda. Perbandingan KD bisa terjalin pada biasanya diakibatkan sebab tingkatan kemampuan partisipan didik tiap sekolah berbeda pula.

Tetapi buat memudahkan teman guru dalam melaksanakan analisis pemetaan kompetensi dasar yang terjadi pada kurikulum 2013 Revisi. Kami hendak menshare pemetaan kd tersebut dalam format excel.

Download Pemetaan KD Kelas 1 Semester 1

Pemetaan Kompetensi Dasar untuk kelas 1 SD pada semester 1 terdiri dari 4 tema yang tersimpan dalam format .excel. Butuh software microsoft office sejenisnya untuk membuka dan melakukan pengeditan.

Mudah- mudahankumpulan kompetensi dasar untuk kelas 1 SD ini bisa berguna buat teman guru.

Untuk unduh file, anda dapat melakukannya melalui link berikut:

Pemetaan KD Kelas 1 Semester 1Download

Selanjutnya apa?

Pastinya Anda sudah memiliki kompetensi dasar untuk kelas 1 selama satu semester. Jangan lupa juga untuk melengkapi KD Kelas 1 Semester 2, dapat mendownloadnya melalui link tersebut.

Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Jika punya pendapat berbeda atau pertanyaan mengenai Pemetaan Kompetensi Dasar Kelas 1 Semester 1, segera berikan pada kolom komentar.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *