KKM

KKM Matematika Kelas 6 Semester 1 dan 2 K13

KKM adalah singkatan dari Kriteria Ketuntasan Minimal. Postingan ini, gurusekali.com akan berbagi KKM Matematika Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018. Sehingga dapat kamu pakai pada tahun ajaran baru semester 1 dan 2.

KKM Matematika Kelas 6 merupakan salah satu dari sekian banyak administrasi guru yang harus dipersiapkan sebelum kegiatan belajar mengajar siswa terjadi.

Nilai batas terkecil pelajaran eksakta tersebut mencerminkan berapa nilai yang harus siswa dapatkan. Sehingga dapat berhasil dan lulus dalam penilaian akhir matematika di kelas 6.

Sebelum kamu mendownload perangkat pembelajaran yang guru sekali share untuk para guru semua. Simak dulu informasi terkait Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) berikut:

Apa Sih KKM itu?

KKM dapat dikatakan sebagai kumpulan nilai rata-rata dari berbagai kompetensi dasar (KD) yang menjadi target capaian siswa. Guru bertugas membuat KKM biasanya sebelum dimulainya tahun ajaran baru.

Adapun tujuan pembuatannya adalah untuk menentukan jumlah siswa yang dapat mencapai nilai minimal dari suatu pelajaran. Siswa yang berhasil dinyatakan lulus.

rpp_inspiratif_sd_diskon

Sedangkan yang tidak berhasil, akan mengikuti ujian remedial. Jadi, siswa mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki nilai mereka  yang merah.

Untuk merancang Krieria Ketuntasan Minimal Pelajaran Matematika. Guru akan menetapkannya berdasarkan hasil dari musyawarah dengan guru satuan pendidikan sekolah dasar (SD) lainnya.

Artinya dalam menetapkan nilai KKM Matematika Kelas 6harus mempertimbangkan forum diskusi MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) sekitar SD tempat kamu mengajar.

Merancang Format KKM Matematika Kelas 6

Proses perancangan KKM bidang studi eksakta ini tergolong mudah. Yang menjadi pertimbangan awal adalah dengan melihat setiap kompetensi dasar (KD Matematika Kelas 6).

Setelah KD guru buat, kemudian menerjemahkan KD tersebut menjadi suatu indikator yang menjadi lebih spesifik target capaian siswa kelas 6.

Langkah selanjutnya adalah dengan menentukan nilai KKM dari masing-masing KD dan indikator pelajaran matematika.

Kenali 3 Komponen Penting

Terdapat 3 faktor yang sangat penting untuk kamu ketahui supaya bisa membuat KKM. Adapun factor tersebut adalah:

Pertama Kompleksitas: menunjukkan tingkat kesusahan dari KD dan Indikator pelajaran matematika yang akan guru kelas 6 ajarkan.

Berarti: semakin besar kompleksitasnya, maka nilai KKM Matematika menjadi semakin kecil atau rendah.

Kedua Daya Dukung: Apa saja fasilitas yang dapat sekolah dan guru kelas 6 sediakan. Agar siswa mempelajari matematika menjadi lebih mudah mengertinya.

Sebab akan disediakan berbagai peralatan atau media penunjang proses mengajar guru. Semakin besar daya dukung sekolah, maka nilai KKMnya menjadi lebih tinggi.

Ketiga Intake: Kemampuan awal yang siswa miliki sehingga dapat menunjang pemahaman mereka lebih jauh dari topik materi pelajaran eksakta tersebut.

Jika intake siswa besar, maka nilai KKM Matematika ikut menjadi besar pula.

Download Contoh KKM Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013

Pada link berikut, kamu dapat langsung mengunduh file Kriteria Ketuntasan Minimal Pelajaran Matematika untuk kelas 6 di tahun ajaran semester 1 dan 2.

KKM Matematika Kelas 6Download

Aplikasi KKM tersebut, kami simpan menggunakan format Microsoft excel. Edit terlebih dahulu agar mendapatkan hasil yang lebih sesuai keinginan kamu.

Selanjutnya Apa?

Setelah kamu merancang Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Jangan lupa untuk mendownload Pemetaan KD Matematika Kelas 6 Kurikulum 2013 SD. Kunjungi link tersebut, untuk mendapatkan file lengkapnya.

Bagi kamu, yang ingin mendapatkan update terbaru artikel perangkat pembelajaran SD lainnya. Silahkan subscribe dan share gurusekali.com.

rpp_inspiratif_sd_diskon

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *