KKM

KKM Matematika Kelas 5 Semester 1 dan 2 K13 Revisi Terbaru

KKM Matematika Kelas 5 adalah Kriteria Ketuntasan Minimal yang harus siswa peroleh agar bisa berhasil pada bidang studi matematika. Sebab, jika tidak lulus, maka akan mengikuti yang namanya remedial. Atau pengulangan ujian.

KKM Matematika Kelas 5 K13 merupakan salah satu dari berbagai banyak perangkat pembelajaran yang harus guru rancang untuk menopang kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan program pendidikan kurikulum 2013 revisi.

Artikel kami kali ini, akan membagikan contoh format yang dapat guru-guru pakai sebagai bahan pertimbangan dalam melengkapi perangkat administrasi dalam bentuk KKM. Tapi, sebelumnya ayo simak informasi terkait tentang batas nilai terendah mata pelajaran kelas 5 SD.

Kenali Faktor Penting Merancang KKM

Sudah menjadi tugas seorang guru untuk mengajar dan mendidik siswanya. Untuk memaksimalkan kegiatan yang terjadi selama belajar. Guru perlu merancang perencanaan pembelajaran, sehingga tahu apa saja yang akan guru lakukan nanti saat tatap muka dengan siswa.

KKM Pelajaran Matematika merupakan bentuk perencanaan yang guru kelas 5 buat. Adapun tujuannya agar dapat menentukan batas nilai terendah yang akan siswa capai selama proses belajar mengajar kelas 5.

Membuat format aplikasi KKM dengan menggunakan software Microsoft Excel dapat saya katakan tergolong mudah. Karena untuk membuat rancangannya hanya membutuhkan rincian kompetenti dasar  pelajaran matematika kelas 5.

rpp_inspiratif_sd_diskon

Jadi, sebelumnya kamu harus mempersiapkan Pemetaan Kompetensi Dasar Matematika terlebih dahulu. Atau jika kamu tidak mau repot-repot merancangnya.

Untuk menambah pemahaman kamu dalam mengolah penilaian siswa. Ayo kenali beberapa hal yang penting dalam merancang Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Secara umum format membuat KKM Kelas 5 SD Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:         

  1. Identitas satuan pendidikan: Biasanya berisi informasi terkait dengan sekolah, kelas, mata pelajaran, semester, dan tahun ajaran.
  2. Kompetensi Inti: Merupakan kumpulan dari 4 kompetensi inti (KI) kurikulum 2013. Keempat KI tersebut adalah: kompetensi dari aspek agama, sosial, pengetahuan, dan keterampilan.
  3. Kompetensi Dasar Pelajaran Matematika
  4. Indikator dari berbagai KD yang guru tetapkan (jika diperlukan)
  5. 3 Faktor Penentu Nilai KKM, yaitu:
  6. Kompleksitas: adalah Menentukan KKM berdasarkan tingkat kesukaran dari beberapa kompetensi dasar yang menjadi target pengetahuan dan keterampilan siswa
  7. Daya dukung: Terdiri dari kemampuan guru dan sekolah dalam memfasilitasi siswa untuk mempermudah dalam mengikuti pelajaran matematika kelas 5
  8. Intake: Kemampuan awal siswa merupakan tingkat pemahaman siswa terhadap topik materi pelajaran sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator yang harus siswa raih nantinya.
  9. Tanda tangan mensahkan KKM: terdapat tanda tangan guru kelas 5 dan kepala sekolah.

Download Contoh Format KKM Matematika Kelas 5

Kamu dapat melengkapi perangkat pembelajaran matematika SD dengan mendownload format yang gurusekali.com bagikan buat kamu. Bagi kamu yang belum mempunyai KKM Tematik Kelas 5, kunjungi link tersebut untuk mengunduh file aplikasi excelnya.

Adapun Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Matematika Kurikulum 2013 Revisi 2018 berikut merupakan contoh aplikasi yang bisa dijadikan sebagai referensi. Kami harapkan kamu melakukan pengeditan untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

CoverDownload
KKM Matematika Kelas 5Download

Selanjutnya Apa?

Terima kasih sudah mengunjungi website kami untuk melengkapi perangkat pembelajaran kamu. Bagi kamu yang sudah mengunduh KKM SD diatas. Jangan lupa untuk merancang Pemetaan Kompetensi Dasar Matematika Kelas 5.

Telusuri link artikel berikut yang berjudul “KD Matematika Kelas 5“. Untuk mendapatkan setiap file microsoft excelnya secara lengkap.

Bagi kamu yang menyukai postingan kali ini. Silahkan subscribe gratis dan share artikel gurusekali.com untuk berbagi dengan teman guru lainnya.

rpp_inspiratif_sd_diskon

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *