KKM

KKM Kelas 6 Semester 1 dan 2 K13 Revisi Terbaru

Kamu pasti lagi sibuk mempersiapkan segala perangkat pembelajaran tahun ajaran baru. Salah satunya adalah KKM Kelas 6 Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru.

KKM K13 Kelas 6 adalah batas nilai kecil yang harus siswa kelas 6 raih agar mereka lulus selama kegiatan proses belajar mengajar guru lakukan dengan program pendidikan kurikulum 2013.

Pada proses penilaiannya memperhatikan 4 aspek seperti: spiritual, sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dengan mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia, PPKN, Matematika, IPA, IPS, SBdP, dan PJOK.

Pendidikan pada sekolah dasar (SD) adalah landasan awal memupuk generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa. Oleh karena itu, para guru sebaiknya bersikap profesional dalam melaksanakan tugas mendidik siswa-siswi terutama berada tingkat kelas 6.

Review KKM K13 Kelas 6

Guru butuh rencana matang dalam mempersiapkan segala hal demi menciptakan kegiatan belajar mengajar yang menarik dan tepat sasaran. Membuat perangkat pembelajaran seperti KKM Kelas 6 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 SD Revisi Terbaru adalah salah satu rencana tersebut.

Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal akan membuat siswa terbiasa dan sadar bahwa untuk meraih sesuatu membutuhkan target yang harus mereka capai.

rpp_inspiratif_sd_diskon

Belajar bukan hanya sekedar tahu tentang materi pelajaran. Tetapi juga tentang mengasah motivasi tinggi untuk mendapatkan sesuatu sesuai tujuan yang telah guru tetapkan sebelumnya.

Mengapa KKM Penting?

Kualitas pendidikan ditentukan oleh kemampuan satuan pendidikan dalam mengelola proses pembelajaran. Penilaian dengan memperhatikan KKM Kelas 6 semester 2 dan 1 merupakan bagian penting dari pembelajaran.

Dengan melakukan penilaian tingkat SD, guru kelas 6 sebagai manajemen kegiatan belajar dapat menentukan kemampuan siswa, akurasi metode mengajar, dan keberhasilan siswa dalam memperoleh kompetensi pembelajaran.

Dengan bantuan penilaian hasil belajar siswa, guru dapat membuat langkah apa saja yang harus mereka lakukan. Hasil penilaian juga dapat memberikan motivasi bagi siswa untuk melakukan penilaian yang lebih baik dalam kegiatan belajar Kurikulum 2013 Revisi 2018, 2019, 2020, 2021 dengan menjadikannya sebagai bahan referensi.

Artinya, hasil yang dicapai peserta didik akan dibandingkan dengan nilai KKM Kelas 6 Semester 2 dan 1 yang ditetapkan. Namun jika siswa telah mencapai standar ketentuan tersebut, mereka dapat melanjut ke materi tingkat tinggi atau dinyatakan lulus pembelajaran.

Jika siswa kelas 6 belum mencapai standar, ia harus mengikuti kegiatan remedial / perbaikan sehingga mencapai target kompetensi.

Dalam standar penilaian Kurikulum 2013 Revisi Terbaru, para pendidik yang berkerja pada satuan sekolah dasar (SD) mempunyai kewajiban dalam merancang Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Kelas 6 sebelum memulai tahun ajaran baru dari masing-masing kompetensi dasar (KD) mata pelajaran.

Menentukan KKM K13 Kelas 6 Revisi perlu melalui analisis indikator dengan memperhatikan karakteristik siswa-siswi (kemampuan rata-rata / intake), karakteristik masing-masing indikator (kesulitan / kerumitan atau kompleksitas), dan kondisi satuan pendidikan yang merupakan daya dukung seperti kompetensi guru, sarana dan prasarana.

Faktor Penentu KKM

Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal Kurikulum 2013 Revisi Kelas 6 memerlukan beberapa kriteria penting, yaitu:

  • Tingkat kompleksitas, kesulitan atau kompleksitas masing-masing indikator, kompetensi dasar dan standar kompetensi yang harus siswa capai,
  • Kemampuan sumber daya pendukung dalam kegiatan belajar masing – masing sekolah,
  • Tingkat kemampuan (Intake) rata-rata siswa sekolah dasar.

JIka indikator mempunyai kompleksitas tinggi, maka dalam memerlukan hal berikut untuk mencapai kompetensi:

  1. Guru memahami kompetensi yang harus siswa peroleh
  2. Guru kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran
  3. Waktu yang cukup lama untuk memahami materi karena memiliki tingkat kesulitan dan kompleksitas yang tinggi, sehingga dalam proses pembelajaranya membutuhkan pengulangan atau pelatihan
  4. Tingkat kemampuan dan akurasi yang tinggi penalaran

Download KKM Kelas 6 Semester 2 dan 1

Langkah awal guru mengembangkan Kurikulum 2013 Revisi dapat kamu lakukan dengan menetapkan standar nilai minimal dalam bentuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuannya adalah menilai hasil belajar siswa secara objektif.

Bagi kamu yang lagi merancang perangkat pembelajaran tersebut, silahkan mengunduhnya melalui link berikut

Cover KKMDownload
KKM Kelas 6 Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2Download

Selanjutnya Apa?

Setelah kamu merancang salah satu administrasi kelas 6 dalam bentuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), langkah selanjutnya adalah membuat penyebaran kompetensi dasar bidang studi.

Coba lihat artikel Pemetaan KD Kelas 6 Kurikulum 2013, untuk dapat mendownload setiap file tematik dari semester 1 dan 2 secara lengkap.

rpp_inspiratif_sd_diskon

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *