KKM

KKM Kelas 3 Semester 1 dan 2 K13 Revisi Terbaru

KKM K13 Kelas 3 SD adalah bagian dari perangkat pembelajaran guru rancang untuk mempermudah proses penilaian kelulusan siswa selama berlangsungnya pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 dan 2.

Guru yang profesional adalah guru dengan pengetahuan yang sesuai pedagogi, sikap. Selain itum guru juga membutuhkan keterampilan untuk mengajar dan mendidik siswa-siswi mereka.

Punya kemampuan dalam pelaksanaan fungsi dan tugas profesinya sebagai seorang guru dengan termotivasi, kreatif, inovatif yang selalu dapat mengembangkan perangkat pembelajaran seperti Kriteria Ketuntasan Minimal.

Standar penilaian pendidikan mewajibkan guru untuk menentukan kriteria ketuntasan minimal (KKM) dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran, dan kondisi satuan pendidikan. (Permendiknas no. 20 tahun 2007). Sumber: docplayer.info.

Oleh karena itu, langkah awal guru bertindak sebagai perencana dalam pengembangan Kurikulum 2013 Revisi adalah dengan menetapkan sedini mungkin batas nilai minimal untuk Kelas 3.

Maka kurikulum berbasis kompetensi yang menggunakan acuan kriteria dalam penilaian, mengharuskan guru mampu menetapkan KKM per mata pelajaran dengan analisis dan memperhatikan mekanisme. Selain itu, juga harus mempertimbangkan kemampuan rata-rata siswa, kompleksitas dan sumber daya pendukung .

Kemampuan analisis dan mekanisme guru perlukan dalam mengikuti acuan kriteria dalam menilai kompetensi Kurikulum 2013 Revisi. Memperhitungkan nilai KKM Kelas 3, perlu memperhatikan kompetensi siswa, kompleksitas serta terakhir daya dukung sekolah.

Namun banyak juga guru menetapkan KKM hanya dengan perkiraan tanpa mengikuti prosedur yang benar. Hal ini menyebabkan rendahnya kapasitas guru menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal Kelas 3.

Pengertian KKM

KKM adalah singkatan Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu kriteria minimum untuk mengesahkan siswa mencapai penguasaan dari materi pembelajaran yang guru ajarkan.

Jadi dalam menetapkan KKM harus pada awal tahun ajaran. Sehingga para guru dapat melakukannya melalui kegiatan MGMP kepanjangan dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran atau KKG (Kelompok Kerja Guru). Kegiatan forum akademik ini sangat bermanfaat terutama dalam menghitung KKM Kelas 3 untuk siswa sekitar lingkungan yang sama.

Fungsi KKM

Beberapa fungsinya adalah:

  • Sebagai referensi bagi guru kelas 3 untuk menilai kemampuan, keterampilan dasar topik yang relevan siswa ikuti.
  • Sebagai referensi, untuk mempersiapkan siswa dalam mengikuti penilaian mata pelajaran. Setiap kompetensi dasar (KD) dan guru menetapkan nilai KKM berdasarkan perancangan indikator dari setiap mata pelajaran.
  • Dapat berguna sebagai bagian dari komponen untuk mengevaluasi program pembelajaran yang sekolah laksanakan.
  • Merupakan kontrak pendagogik antara guru dan siswa dari satuan pendidikan dengan masyarakat. Pencapaian KKM merupakan upaya yang harus tercapai dengan kerja sama antara para pendidik, siswa, kepala unit pengajaran dan orang tua.
  • Target dari unit pengajaran dalam perwujudan setiap objek dari satuan pendidikan harus melakukan segala kemungkinan untuk melebihi KKM yang ada.

Faktor Mempengaruhi

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi dalam menentukan KKM K13 SD Revisi 2017, 2018, 2019, 2020 Semester 2 dan 1 yaitu:

  • Tingkat kompleksitas, kesulitan / kerumitan setiap indikator kompetensi dasar, dan standar kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik.
  • Kemampuan untuk sumber daya dukungan dalam organisasi pembelajaran di setiap sekolah.
  • Tingkat kapasitas (supply) rata-rata, siswa di sekolah

Download KKM Kelas 3 Kurikulum 2013 Semester 2 dan 1

Tentu memberikan standar nilai layak atau tidaknya siswa naik kelas/ lulus tidaklah sembarangan, bagi kamu yang ingin mendapatkan format KKM K13 SD agar dapat mempermudah dalam melakukan perancangan. Silahkan mendownloadnya melalui link berikut:

Cover KKMDownload
KKM Kelas 3 Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2Download

Selanjutnya Apa?

Dalam mengembangkan standar pendidikan di sekolah, tidak hanya sebatas membuat Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) saja. Tetapi juga harus merancang yang namanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat terarah dengan baik dan benar.

Bagi kamu yang belum mempunyai pemetaan setiap kompetensi dasar, dapat mengunjungi arikel Pemetaan KD Kelas 3 Semester 1 untuk mendownload setiap file tematik secara lengkap.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *