KKM

KKM Kelas 2 Semester 2 dan 1 K13 Revisi Tematik Terbaru

Indikator menyatakan bahwa siswa telah menguasai tujuan pembelajaran. Sehingga terlihat dari kemampuan hasil belajar siswa dalam mencapai KKM Kelas 2 Semester 1 dan 2 yang telah guru rancang, atau bahkan harus melampauinya

Saat ini, kurikulum yang banyak sekolah-sekolah gunakan adalah kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013. Kedua kurikulum tersebut mementingkan penilaian berbasis kompetensi siswa.

Dalam Kurikulum 2013 Revisi, menyatakan siswa kelas 2 berhasil atau lulus. Jika telah menguasai kompetensi tertentu yang guru tetapkan sesuai dengan nilai KKM.

Melalui pencapaian KKM K13 Kelas 2 Semester 1 dan 2 tersebut, siswa yang telah berhasil untuk dapat terus belajar dalam menguasai kompetensi berikutnya, dan yang belum menguasai dapat memperdalam pengetahuan dan keterampilan melalui kegiatan remedial.

Hal ini menunjukkan pentingnya Kriteria Ketuntasan Minimal dalam menentukan standar kompetensi lulusan siswa kelas 2 SD

Permasalahan Standar Penilaian Siswa

Tentu guru dalam menentukan KKM Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi dengan menggunakan beberapa kebijakan dan persyaratan. Misalnya pada ujian nasional (UN), namun demi tumbuh respon masyarakat penuh dengan kecemasan dan kegelisahan, dan batas ini terlalu tinggi untuk siswa capai.

Pada sekolah negeri ataupun swasta menentukan kelengkapan KKM Kurikulum 2013 Revisi cukup tinggi dalam menentukan berhasil atau tidaknya nilai ulangan atau tes, misalnya, 75. Nilai ini guru tetapkan berdasarkan intake kemampuan siswa, kompleksitas, dan daya dukung sekolah.

Penentuan KKM Kelas 2 Semester 1 dan 2 tidak hanya berdasarkan kebijakan pemerintah seperti kriteria kelulusan dalam ujian nasional atau dengan memperhatikan asupan intake, kompleksitas, dan sumber daya dalam mendukung pendidikan sekolah.

Menetapkan batas-batas lulus lain, dapat menggunakan tes berbasis berbasis dan alat-alat pengukuran atau perangkat tes peserta. Penentuan kriteria ketuntasan minimal siswa dan alat ukur untuk ini masih belum banyak penerapannya.

Validitas Nilai KKM

Memastikan validitasi nilai KKM Kelas 2 setiap sekolah mengalami bias atau tidak sesuai, karena tidak dapat mewakili penilaian siswa secara lokal atau berdasarkan kabupaten/kota.

Kemampuan guru, siswa, dan kelengkapan sekolah mempengaruhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal tersebut.

Terkait hal ini, perlu pemeriksaan dalam menentukan KKM siswa selama pembelajaran semester 2 dan 1 dengan menggunakan perangkat tes yang ada.

Sehingga untuk menentukan Kriterita Ketuntasan Minimal KKM) yang tepat sasaran dalam menentukan keberhasilan tujuan pembelajaran siswa.

Pada artikel ini kita akan berbagi kriteria ketuntasan minimal menentukan format berdasarkan siswa dan perangkat tes, yang mendukung pelaksanaan evaluasi yang terlaksana oleh pendidik atau sekolah menentukan keberhasilan pendidikan.

Menentukan KKM K13 SD Semester 2 dan 1

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) setiap subjek adalah salah satu faktor penting pendidikan Kurikulum 2013 Revisi. Terutama jenjang SD, telah menjadi referensi umum antara pendidik, siswa, dan orang tua siswa.

Sehingga pihak terkait penilaian memiliki hak untuk tahu berapa KKM Kelas 2 yang harus mereka raih dan capai. Perlunya sosialisasi dan transparansi informasi sehingga setiap pihak yang terlibat mudah mengetahuinya.

Intake, Daya Dukung, dan Kompleksitas

Kriteria Ketuntasan Minimal Kurikulum 2013 Kelas 2 guru rancang pada setiap awal tahun ajaran. Guru menetapkan KKM dari berbagai bidang studi dengan melihat 3 aspek penting. Yaitu, seperti kemampuan siswa (Intake), daya dukung dari sekolah, dan kompleksitas dari materi pelajaran.

Dari ketiga aspek tersebut, kemudia akan guru beri skor sekitar 0-100. Kemudian melakukan perhitungan rata-rata nilai setiap kompetensi dasar dan indikator.

Kemampuan seorang guru dalam memahami materi topik mata pelajaran sangat mempengaruhi dalam menentukan nilai yang tepat untuk aspek kompleksitas.

Namun pada kenyataannya yang terjadi, banyak guru yang memiliki kompetensi yang rendah.

Begitu juga dalam penentuan daya dukung, sebagian besar guru masih sulit untuk menentukan. Karena sangat sulit untuk menilai kondisi aktual sekolah.

Sementara akhir-akhir ini, setelah kebijakan kelulusan mereka hampir semua kepala sekolah menginstruksikan para guru untuk meningkatkan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal Kelas 2.

Oleh karena itu, mau tidak mau guru harus meningkatkan daya dukung untuk meningkatkan kriteria nilai minimum.

Sedangkan di sekolah tidak memenuhi kapasitasnya sarana dan prasarana lengkap. Misalnya laboratorium, ruang musik yang tidak ada, namun masih menetapkan KKM untuk tiap semester 1 dan 2 yang masih tinggi.

Sedangkan dalam menentukan nilai kemampuan (intake), terutama kemampuan awal siswa baru sangat sulit untuk menetapkannya. Sebab, harus mencari dan melihat nilai raport padai sekolah sebelumnya.

Guru yang tidak kenal dengan kemampuan siswanya, tindakan ini sangat sulit untuk dilakukan. Apalagi jika siswa tidak memiliki nilai raport sebelumnya.

Untuk mempermudah, kebanyakan guru hanya memperkirakan nilai kemampuan (intake) siswa baru sehingga nilai kemampuan siswa, khususnya pada siswa baru tidak valid.

Bahkan, tidak jarang KKM Kelas 2 Semester 2 dan 1 yang guru tetapkan tidak dapat terpenuhi karena persiapan dan adopsi tidak benar.

Guru juga harus menggolongkan setiap keriteria nilai dengan berbagai golongan seperti nilai tinggi, sedang, dan rendah.

Download Format KKM K13 Kelas 2 Semester 2 dan 1

Kebanyakan guru memberikan penilaian raport siswa yang tidak lulus sesuai dengan nilai batas. Sehingga terlihat memaksakan agar siswa tersebut dinyatakan naik kelas/ lulus.

Banyak beranggapan, bahwa menetapkan batas minimal hanya dengan menambah pekerjaan saja atau tidak penting.

KKM Kelas 2 adalah nilai batas minimal yang harus dicapai oleh siswa sehingga dapat melanjutkan pendidikan mempelajari materi yang lebih tinggi.

Oleh sebab itu, sangat penting seorang guru dalam memberikan nilai batas yang tepat sasaran sesuai realita di sekolah masing-masing.

Bagi kamu yang ingin membuat perangkat pembelajaran ini, dapat mengunduhnya melalui link dibawah:

CoverDownload
KKM Kelas 2 Semester 1 dan 2Download

Selanjutnya Apa?

Setelah kamu merancang nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebagai bagian dari administrasi sekolah, jangan lupa juga kamu untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk tiap tematik.

Silahkan mengunjungi artikel Pemetaan KD Kurikulum 2013 SD Revisi Terbaru untuk mendownload setiap file secara lengkap. Sekian artikel perangkat pembelajaran kami bagikan buat kamu semua. Semoga bermanfaat.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *