KKM

KKM K13 SD Revisi 2021 Lengkap Kelas 1 2 3 4 5 6

Download KKM K13 SD Revisi 2021 Lengkap Kelas 1 2 3 4 5 6 untuk semester 1 serta 2. Kriteria Ketuntasan Minimal mempermudah anda dalam menentukan kelulusan siswa. Setiap lembaga pendidikan tentu memiliki acuan berupa sistem pembelajaran yang akan digunakan.

Sistem ini dinamakan sebagai Kurikulum. Indonesia sendiri telah banyak mengalami upgrade sistem pendidikan seperti: KBK, KTSP, Kurikulum 2013 Revisi 2018-2021, dan mungkin akan muncul Kurikulum berbasis teknologi.

Apapun Kurikulum yang sekolah terapkan, semuanya bertujuan untuk menciptakan keadaan belajar yang lebih baik sehingga melahirkan siswa-siswi berhasil nantinya.

Pada kurikulum, menyatakan siswa berhasil dalam pelajaran, jika mampu menguasai kompetensi yang telah guru tetapkan sebelumnya. Kompetensi ini akan menjadi Indikator yang bisa mengukur kemampuan dari hasil siswa belajar dalam bentuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Sebelum anda mendownload KKM K13 SD Revisi 2021, ada baiknya anda mengetahui informasi terkait kriteria ketuntasan minimal tersebut.

Pengertian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Guru butuh tolak ukur yang tepat untuk melakukan penilaian hasil belajar siswa. Tolak ukur ini menjadi standar atau batas minimal dalam mengukur capaian siswa. Standar ini sering guru kenal, dengan sebutan Kriteria Ketuntasan Minimal singkatannya KKM.

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah salah satu standar penentu kelulusan siswa yang menjadi prinsip penilaian dalam menerapkan kurikulum apapun yang dapat memberikan perkembangan signifikan terhadap pencapaian siswa.

Kriteria KKM Kurikulum 2013 SD menjadi batas nilai paling rendah yang wajib siswa peroleh agar bisa lulus atau naik kelas. Nilai yang guru gunakan bisa dengan rentan 1 sampai 100 atau 1 sampai 10.

rpp_inspiratif_sd_diskon

Ada baiknya, guru menetapkan nilai KKM sebelum memulai tahun ajaran baru, sehingga bisa memberitahukannya kepada siswa sebelumnya.

Dengan adanya KKM, siswa yang telah berhasil bisa melanjutkan proses belajar untuk meraih kompetensi selanjutnya, jika belum menguasai kompetensi tersebut, maka akan mengikuti yang namanya remedial untuk mengulang pembelajaran kembali.

3 Prinsip Dasar KKM Kurikulum 2013 SD

Tidak sembarangan untuk menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal, jika anda guru perlu mempertimbangkan beberapa ketentuan seperti:

1. Menentukan KKM dengan metode kualitatif atau kuantitatif

Yang dimaksud metode kualitatif, penentuan dari KKM sekolah dilakukan oleh profesional judgement dari seorang guru atau pendidik yang memiliki persyaratan akademik atau pengalaman mengajar mata pelajaran di sekolah.

Sedangkan metode kuantitatif bisanya guru terapkan dengan menggunakan rentang angka yang telah disepakati berdasarkan penetapan kriteria yang disesuaikan

2. Menganalisis Indikator KKM K13 dari setiap Indikator

Guru yang menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal dari setiap kelas atau mata pelajaran perlu melakukan analisis secara menyeluruh dengan memperhatikan komponen Kompleksitas, daya dukung, dan intake dari siswa sesuai standar kompetensi lulusan.

3. KKM Setiap KD adalah hasil nilai rata-rata

Untuk membuat KKM dari setiap mata pelajaran, guru perlu memetakan terlebih dahulu kompetensi dasar yang akan menjadi patokan dalam menentukan kelulusan siswa.

Artinya, setiap KD bidang studi memiliki KKM-nya masing-masing. Hasil dari rata-rata KKM tersebutlah yang menjadi Kriteria Ketuntasan Minimal mata pelajaran yang akan siswa ampu.

Cara Menentukan KKM K13 SD Revisi 2021

Tentu saja, jika anda seorang guru SD perlu harus hati-hati dalam menetapkan KKM K13 SD. Acuan kriteria tersebut tidak bisa membuatnya secara asal-asalan karena akan berdampak langsung bagi siswa dalam menempuh bangku pendidikan sekolah dasar.

KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dari setiap satuan pendidikan ditetapkan oleh hasil musyarawah dari guru mata pelajaran disekitar sekolah atau SD masing-masing yang memiliki kriteria yang hampir sama.

Pertimbangan pengajar dari forum MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) dan juga KKM (Kelompok Kerja Guru) secara akademis menjadi faktor pertimbangan pertama dalam menentukan KKM K13 SD Revisi 2021.

Perhitungan dalam menentukan kriteria ketuntasan minimal (KKM) adalah dengan mempertimbangkan 3 faktor penting seperti:

1. Tingkat Kompleksitas

Indikator pembelajaran tentu memiliki tingkat kerumitan atau kesulitan masing-masing sesuai taraf tertentu. Terdapat 3 jenis kompleksitas indikator yaitu: Kompleksitas Tinggi, Sedang, dan Rendah

2. Tingkat Daya Dukung

Apakah sekolah memiliki sarana dan prasarana memadai sesuai dengan kompetensi dasar yang harus siswa capai seperti: 

  • Perpustakaan memadai
  • Laboratorium
  • Buku Pelajaran
  • Media Pembelajaran
  • Alat dan Bahan lainnya

Selain dari daya dukung tersebut, sekolah juga harus memiliki tenaga pegawai dan guru yang memadai, biaya operasional, manajemen sekolah, visi, misi, tujuan, dan program sekolah sesuai stakeholders.

3. Tingkat Intake

Intake adalah kompetensi awal dari siswa. Untuk menentukan intake dari siswa SD yang duduk pada bangku kelas 1 misalnya, bisa dilakukan dengan melihat nilai rapor mereka saat belajar di TK.

Atau untuk menerapkan KKM intake siswa kelas 5, dengan melihat daftar nilai rapor saat mereka belajar pada kelas 4, dan seterusnya. Dengan memperhatikan kemampuan awal siswa setiap kelas sebelumnya melalui keterkaitan masing-masing indikator kompetensi dasar tersebut.

Langkah-langkah Menetapkan KKM Kurikulum 2013 SD Revisi 2021

Berikut adalah langkah yang harus guru lakukan untuk menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal SD berdasarkan kurikulum 2013.

  1. Buatlah terlebih dahulu Pemetaan KD Kurikulum 2013 SD
  2. Tentukan Indikator dari setiap kompetensi dasar mata pelajaran
  3. Menetapkan KKM dari Indikator
  4. Menetapkan KKM untuk setiap kompetensi dasar melalui hasil rata-rata KKM Indikator
  5. Menentukan KKM dari setiap Mata Pelajaran yang guru peroleh dari hasil rata-rata KKM KD masing-masing.
  6. Hasil Kriteria Ketuntasan Minimal siswa yang kepala sekolah sahkan akan menjadi panduan guru dalam menilai
  7. Mensosialisasikan KKM K13 SD kepada pihak terkait seperti: siswa, orang-tua, atau pihak terkait lainnya.
  8. Mencantumkan KKM dalam daftar nilai rapor sekolah

Download Format KKM K13 SD Revisi 2021

Setiap file aplikasi Kriteria Ketuntasan Minimal SD Kurikulum 2013, kami bagi tersimpan menggunakan format xls. Mewajibkan anda membukanya atau mengeditnya memakai software microsoft excel. Bisa langsung Bapak/Ibu guru print atau edit jika menurut kamu terdapat beberapa bagian yang kurang berkenan.

Berikut adalah Kriteria Ketuntasan Minimal KKM K13 SD Revisi 2021 Lengkap Kelas 1 2 3 4 5 6 yang dapat anda download. Semoga perangkat aplikasi ini dapat mempermudah anda dalam menentukan penilaian hasil belajar siswa

  • COVER KKM

Lihat Juga Kriteria Ketuntasan Minimal Lainnya:

Sebelumnya apa?

Anda pasti sudah tahu bagaimana caranya merancang kritera ketuntasan minimal kurikulum 2013 untuk dijadikan sebagai nilai standar kelayakan siswa untuk lulus. 

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Silahkan mendownload setiap perangkat di artikel berjudul Pemetaan KD Kurikulum 2013 SD Revisi Terbaru 👈.

Jika Anda punya pertanyaan atau pendapat, jangan ragu untuk mencantumkannya pada kolom komentar diakhir artikel kami.

rpp_inspiratif_sd_diskon

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *