Kimia

Ilmu Kimia : Hakekat dan Peranan

Gurusekali.com akan menjelaskan postingan terkait tentang apa sih hakekat dan peranan ilmu kimia dalam kehidupan kita.

Apakah yang ada didalam pikiran kalian ketika mendengar kata “Kimia” ? Apakah zat- zat yang berbahaya, akan selalu berhubungan dengan racun atau ledakan ?.

Kebanyakan orang pasti berpikiran seperti itu.

Tanpa kita sadari, kimia tidak terlepas dalam kehidupan sehari-hari kita. Contohnya saat kamu mandi pasti akan menggunakan sabun, dan sarapan dengan minum susu .

Yuk, lihat gambar berikut..

Agar kalian lebih memahami ilmu kimia. Berikut gurusekali.com akan menjelaskan secara terperinci hal-hal yang berhubungan dengan pelajaran eksanta ini.

kitapastibisa.iddream.co.id

Hakekat Ilmu Kimia

Kimia (dari bahasa Arab, kimiya = perubahan benda/zat atau bahasa Yunani khemeia).

Kimia adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat serta perubahan. Sedangkan materi adalah segala sesuatu yang memiliki masa dan memiliki volume, atau menempati ruang.

Ilmu Kimia dalam Susunan materi

Susunan materi yang dimaksud adalah tentang unsur, senyawa, dan campuran.

  • Unsur merupakan zat paling sederhana yang sudah tidak bisa terbagi lagi. Contohnya seperti: Na, H, O, Fe, dan C.
  • Senyawa adalah zat yang terbentuk dari gabungan beberapa unsur dengan perbandingan tertentu. Contoh senyawa adalah CO2, H2O, dan CaCO3.
  • Campuran adalah gabungan antara dua zat atau lebih di mana sifat penyusunnya tidak berubah. Contoh campuran adalah larutan gula, susu, air kanji, dan sebagainya

Struktur materi menjelaskan tentang ikatan yang terjadi antaratom sampai terbentuk molekul unsur, molekul senyawa, atau ion. Adapun contoh molekul unsur adalah O2, N2, H2, dan P4. Selain daripada itu ada molekul senyawa seperti CO2, H2O, dan CaCO3. Sedangkan contoh ion adalah Na+, Cl–, dan Ca2+

Sifat materi

Sifat materi yang dimaksud lebih mengarah ke sifat-sifat kimia suatu zat. Misalnya mudah terbakar, mudah mengalami korosi, mudah bereaksi dengan zat lain, dan sebagainya.

Perubahan materi

Bisa kamu bagi menjadi 2 jenis loh, yaitu perubahan fisik dan perubahan kimia.

Perubahan fisika adalah perubahan yang tidak menghasilkan zat baru. Contohnya lilin yang terbakar, selain itu ada es yang mencair, dan sebagainya.

Kalau perubahan kimia adalah perubahan yang menghasilkan zat baru. Ini terhadi karena adanya reaksi kimia. Contohnya besi berkarat, kayu terbakar menjadi abu, dan nasi menjadi basi.

Gambar 1.2 Skema Penggolongan Materi

Hakekat ilmu kimia adalah bahwa benda itu bisa mengalami perubahan bentuk, maupun susunan partikelnya menjadi bentuk yang lain. Sehingga terjadi deformasi, perubahan letak susunan. Tentu saja ini akan mempengaruhi sifat-sifat yang berbeda dengan wujud yang semula. (Sumber: https://dwiveliaaftikasari.wordpress.com/hakikat-ilmu-kimia/)

Peranan Ilmu Kimia

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, baik dalam bidang informasi, komunikasi dan IPTEK.

Secara signifikan perkembangan kimia ditandai dengan digunakannya teori-teori ilmu tersebut kedalam produk-produk yang manusia buat. Seperti : sabun, detergen, pasta gigi, sampo, kosmetik, obat, dan produk-produk yang dibutuhkan lainnya.

Selain itu juga sangat berpengaruh dan memiliki peran yang penting dalam perkembangan ilmu lain, seperti : geologi, pertanian, kesehatan dan dalam menyelesaikan masalah global.

Peranan ilmu kimia sangat membantu pengembangan ilmu lainnya seperti:

Pada bidang geologi, sifat-sifat kimia dari berbagai material bumi dan teknik analisisnya telah mempermudah geolog dalam mempelajari kandungan material bumi baik itu logam maupun minyak bumi.

Pada bidang pertanian, analis kimia mampu memberikan informasi tentang kandungan tanah yang terkait dengan kesuburan tanah. Tentunya dengan data tersebut para petani dapat menetapkan tumbuhan/tanaman yang tepat.

Kekurangan zat-zat yang tanaman perlukan dapat terpenuhi dengan pupuk buatan, demikian pula dengan serangan hama dan penyakit dapat menggunakan pestisida dan Insektisida.

Dalam bidang kesehatan, kimia cukup memberikan kontribusi, contohnya penemuan jalur perombakan makanan seperti karbohidrat, protein dan lipid. Hal ini mempermudah para ahli bidang kesehatan untuk mendiagnosa berbagai penyakit.

Interaksi kimia dalam tubuh manusia dalam sistem pencernaan, pernafasan, sirkulasi, ekskresi, gerak, reproduksi, hormon dan sistem saraf. Selain itu, juga telah mengantarkan penemuan dalam bidang farmasi khususnya penemuan obat-obatan

Dalam bidang hukum, kimia sangat berguna ketika terjadi kejahatan- kejahatan ataupun pembunuhan. Tentunya ini semua memerlukan sample hasil tes DNA, yang menggunakan pengetahuan kimia. (Sumber: brainly.co.id)

Simpulan

  1. Bisa kamu simpulkan bahwa kimia adalah ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, perubahan serta energi yang menyertai perubahan suatu zat atau materi.
  2. Hakekat ilmu kimia adalah bahwa benda itu bisa mengalami perubahan bentuk, maupun susunan partikelnya menjadi bentuk yang lain. Sehingga terjadi deformasi, perubahan letak susunan, ini mempengaruhi sifat-sifat yang berbeda dengan wujud yang semula
  3. Peran kimia sangat penting dalam berbagai bidang seperti: bidang kesehatan, pertanian, industri, biologi, arkeologi, maupun hukum.

Penugasan Mandiri

  • Lengkapi tabel dibawah ini untuk memperdalam pemahaman kalian tentang materi yang dipelajari didalam ilmu kimia !
MateriPengertianContoh
Unsur  
Senyawa  
Campuran Homogen  
Campuran Heterogen  

  • Jelaskan satu contoh penerapan bidang ilmu kimia berikut!
  1. Biologi
  2. Fisika
  3. Teknik
  4. Geologi
  5. Kedokteran
  6. Hukum

Soal Pilihan Berganda

[qsm quiz=1]

Penilaian Diri

Setelah mempelajari kegiatan pembelajaran tentang Pengenalan Ilmu Kimia, berikut diberikan tabel pertanyaan untuk mengukur keberhasilan kalian terhadap penguasaan materi ini.

Pertanyaan Penilaian Diri

  1. Kamu bisa menjelaskan hakekat Ilmu kimia ?
  2. Dapatkah kalian menggolongan materi kedalam zat tunggal dan campuran ?
  3. Mampu menjelaskan peranan Ilmu Kimia dalam kehidupan sehari – hari ?

Bila dalam menjawab pertanyaan di atas masih terdapat jawaban “Tidak”, maka segera lakukan pengulangan pembelajaran, terutama pada bagian yang masih terdapat jawaban “Tidak“.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *