4+ Fakta Menarik Perilaku Individu dan Kebutuhan Manusia
IPS

4+ Fakta Menarik Perilaku Individu dan Kebutuhan Manusia

Fakta Perilaku Individu dan Kebutuhan – Manusia bertindak dengan pikiran dan kehendaknya sendiri. Seseorang melakukan tindakan, kadang kali dipengaruhi oleh pola pikir, sifat, karakter, dan perilaku yang mereka miliki.

Sejak manusia lahir merupakan makhluk individu yang selalu berinteraksi dengan orang lain. Contoh sederhananya: seorang bayi yang baru lahir. Supaya bayi dapat tumbuh berkembang, segala kebutuhannya harus terpenuhi.

Namun, untuk memenuhi kebutuhannya, bayi akan menggunakan tindakan dengan makna tertentu, misalnya menangis untuk bisa berinteraksi dengan Ibunya. Sehingga kebutuhannya dapat terpenuhi.

Fakta Perilaku Individu dan Kebutuhan

Terdapat 2 jenis motivasi yang mempengaruhi perilaku seseorang untuk memenuhi kebutuhannya, yaitu motivasi positif dan motivasi negatif.

Motivasi positif mendorong seseorang untuk mendekati keadaan atau situasi yang ideal. Hal positif tersebut berupa keinginan dan kebutuhan.

Sedangkan motivasi negatif mendorong seseorang untuk menjauhi situasi yang tidak diinginkan atau kondisi yang ditakuti. Motivasi negatif tersebut berupa rasa jijik dan takut.

Maka perilaku manusia mencerminkan tindakan untuk memenuhi tujuan dan kebutuhannya.

Motivasi adalah kekuatan dalam tubuh manusia yang mempengaruhi perilaku kerutinan dan ketekunan. Motivasi berorientasi pada tujuan, motivasi seseorang bukanlah perilaku mereka yang sebenarnya.

Dengan demikian, ketekunan perilaku adalah kondisi pikiran dan emosional yang secara langsung menyebabkan seseorang bertindak. Berikut adalah 4 fakta menarik antara perilaku individu dengan kebutuhannya:

1. Perilaku Individu Mencerminkan Tujuan dan Kebutuhan

Seseorang secara sadar atau tidak, akan menyusun tindakan untuk mencapai tujuan dan kebutuhan. Semua tindakan itu akan memunculkan kebiasaan-kebiasaan yang sama sekali baru, berbeda dari sebelumnya. (Baca Juga: Pengertian dan Prinsip Belajar).

Sehingga menghasilkan perilaku yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan. Jadi perilaku individu merupakan hasil dari keinginan dan kebutuhannya akan motivasi.

2. Kebutuhan Manusia Terus Berubah dan Berkembang

Setiap orang punya kebutuhan yang berbeda satu dengan yang lain. Kebutuhan ini dapat berubah dari waktu ke waktu, tergantung pada keinginan individu, perilaku, interaksi dengan manusia lain dan pengalaman hidup. (Baca Juga: Apa itu Kebutuhan Manusia?)

3. Kebutuhan Mempengaruhi Perkembangan Diri

Manusia merespon tidak hanya terhadap objek dan lingkungan eksternalnya, tetapi juga terhadap dirinya sendiri yaitu pikiran dan perasaan.

Kebutuhan tak jarang menjadi tujuan yang harus terpenuhi. Sehingga dapat menjadi motivasi dan semangat seseorang untuk fokus dan menjadi pribadi yang berkembang.

Dengan deminia, tujuan yang muncul akan mempengaruhi pembentukan perilaku diri. (Baca Juga: Ciri-ciri dan Contoh Prinsip Ekonomi).

4. Kebutuhan Tergantung Situasi, Keadaan, dan Kesadaran

Biasanya, seseorang akan menyembunyikan kebutuhan yang mereka inginkan. Namun sebagian keinginan akan muncul dan mengarah para perilaku individu untuk memenuhi kebutuhan.

Munculnya kondisi tersebut dipengaruhi oleh faktor fisiologis, situasi, keadaan dan pikiran. Pada titik tertentu, seseorang mencapai kesadaran dan mengembangkan keinginan tertentu.

Akhir Kata

Motivasi untuk memenuhi tujuan dan kebutuhan, akan mendorong perilaku dalam diri individu. Karena setiap orang perlu memuaskan dan memenuhi kebutuhannya. Maka daripada itu, setiap individu memiliki sikap dan perilaku yang berbeda.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *