IPA

Pengertian Energi, Rumus Usaha, dan Hubungannya

Pengertian Energi dan Rumus Usaha – Mendalami konsep energi sebaiknya sobat mulai dengan menganalisis peristiwa yang ada sekitar kita terlebih dahulu. Contohnya seperti: Memasak air atau nasi dengan kompor gas.

Bagi kehidupan manusia, tentunya energi mempunyai peranan yang sangat penting. Misalnya dapat membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan ringan, sehingga hasilnya lebih efesien dan efektik. Kalau membahas tentang energi, kita tidak bisa juga melupakan tentang bahan baku energi itu sendiri.

Sekarang sobat coba berpikir, kalau misalanya alat yang mempermudah pekerjaan kita tersebut, tidak ada sumber atau bahan baku energinya?

Apakah alat tersebut dapat bekerja dengan baik?

Tentu tidak bukan?

Oleh karenanya memahami konsep energi ini adalah sesuatu yang kompleks, tidak hanya mempelajari konsep energi semata. Akan tetapi para sobat juga harus berpikir bagaimana sumber energi (bahan baku) itu tetap lestari, terjaga dengan baik. Maka tentu konsekuensinya adalah harus menjaga dan merawat lingkungan alam sekitar dengan baik pula.

Pengertian Energi

Penggunaan energi memberikan gambaran secara jelas bahwa kegiatan-kegiatan manusia akan berjalan dengan baik. Jika alat-alat yang manusia gunakan untuk beraktivitasnya tersebut perlu menggunakan energi yang cukup, juga harus menopangnya dengan sumber energi yang cukup pula.

Oleh karenanya dapat kita simpulkan bahwa benda yang memiliki sebuah energi jika benda tersebut dapat melakukan kerja atau usaha secara optimal, dengan kata lain: pengertian energi merupakan kemampuan untuk melakukan kerja. Dalam satuan internasional, energi dinyatakan dalam bentuk joule (J) atau kalori (kal).

Dalam kehidupan kita sehari-hari, Energi selalu melekat bahkan sering kita gunakan.

Sederhananya, pemahaman tentang energi adalah kemampuan suatu objek untuk melakukan bisnis. Objek yang kita nyatakan memiliki energi ketika objek mampu menghasilkan gaya yang dapat bekerja.

Kalian semua, tentu saja, sering mendengar dan memahami istilah energi atau energi, jumlah derivatif yang memiliki satuan joule atau Erg. Kita tahu, bahwa kita dapat melakukan sesuatu karena kita memiliki sejumlah energi tertentu.

Tanpa energi, kita tidak dapat bekerja, bergerak, berpikir dan bahkan, mungkin kita tidak bisa bernafas. Demikian juga makhluk dan benda di alam tidak akan mengalami perubahan jika tidak ada energi.

Oleh karena itu para ahli sains mendefinisikan arti energi sebagai kemampuan untuk melakukan usaha. Setiap materi yang mengalami perubahan, maka materi tersebut dipastikan terkain atau memiliki energi.

Bila materi berubah akan terjadi pula perubahan energi. Maka energi adalah sesuatu yang menyertai perubahan materi.

Eksotermik adalah keadaan jika energi terkandung dalam material sebelum perubahan lebih besar dari setelah itu. Ini akan keluar sejumlah energi.

Sebaliknya endotermik adalah jika energi energi sebelum perubahan lebih kecil dari setelah. Ini akan diserap oleh sejumlah energi.

2 Jenis Sumber Energi

Energi memiliki sumbernya tersendiri seperti energi panas berasal dari matahari, api, atau nyala lilin. Matahari merupakan sumber energi utama bagi kehidupan di Bumi.

Matahari (energi cahaya) berperan pada pembuatan makanan bagi tumbuhan, selanjutnya, tumbuhan merupakan makanan bagi kehidupan makhluk hidup lainnya.

Sumber energi secara umum ada dua yaitu:

  • Pertama Sumber energi yang dapat diperbaharui, contohnya seperti: cahaya matahari, angin, air, dan lainnya
  • Kedua Sumber energi yang tidak dapat diperbaharui, contohnya seperti: bahan bakar minyak dan gas yang didapat dari fosil
Gambar. Sumber energi terbarukan dan tak terbarukan di sekitar kita (Sumber : http://sdwonogiri.blogspot.com/)

Pengertian dan Rumus Usaha

Dalam kehidupan sehari-hari, pernahkah sobat mendorong suatu benda? Apa yang terjadi? Berpindah atau tetap? Jika sobat tilik dari konsep fisika, usaha/kerja tidak lepas dari gaya dan perpindahan.

Bila gaya bekerja pada sebuah benda sehingga benda berpindah selama gaya bekerja, maka gaya tersebut tidak bekerja atau sama dengan NOL.

Dengan kata lain, seandainya pada saat sobat mendorong suatu benda dan benda itu berpindah, maka sobat sudah melakukan usaha.

Akan tetapi jika tidak ada perubahan maka kita simpulkan sobat tidak melakukan usaha.

Apa contohnya?

Misal sobat mendorong tembok rumah, dan tembok tersebut tidak mengalami perpindahan selama ada gaya yang sobat berikan.

Maka usaha sobat tersebut tidak ada, atau sama dengan nol.

Secara matematis rumus usaha dalam persamaan berikut:

W = F.s

Keterangan:

W = usaha (Joule)

F = gaya (Newton)

s = perpidahan benda (meter)

Hubungan Energi dan Usaha

Lalu apa hubungan energi dan usaha? hubungan antara energi dengan usaha dapat tergambar dalam beberapa peristiwa. Sebagai contoh bahan bakar bensin memiliki energi untuk menggerakan kendaraan bermotor. Pada dasarnya usaha itu sama dengan perubahan yang terjadi pada energi

Dalam kehidupan sehari-hari, pengertian usaha sering kita artikan sebagai kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu, menurut fisika usaha tidak terlepas dari gaya dan perpindahan.

Bila gaya bekerja pada sebuah benda sehingga benda berpindah selama gaya bekerja, maka gaya tersebut melakukan usaha. Misal ketika sobat mendorong meja kemudian meja berpindah berarti sobat melakukan usaha.

Keduanya memiliki hubungan, misalnya: pada air, membutuhkan energi untuk menghanyutkan kayu. Sedangkan pada dasarnya usaha sama dengan perubahan energi yang terjadi.

Makanya satuan usaha sama saja dengan satuan energi yaitu joule (J).

Akhir Kata

Pengertian Energi adalah kemampuan melakukan usaha.

Usaha yang kita maksud dalam definisi ini adalah adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan perubahan. Misalnya, perubahan posisi (gerak), perubahan bentuk, perubahan wujud, perubahan struktur kimia, atau perubahan volume. Untuk menghitungnya dapat menggunakan rumus usaha: W = F.s

Dalam berbagai perubahan tersebut energi pun turut mengalami perubahan bentuk tetapi tidak hilang atau berkurang. Hal ini kita kenal dengan hukum kekekalan energi. Tidak adalah makhluk di alam yang dapat memusnahkan atau bahkan menghasilkan energi.

RPP Inspiratif SD 1 Lembar Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *