Guru Pembatik

Guru Pembatik: Pemanfaatan Pembelajaran TIK dengan Pendekatan TPACK

Sahabat tentu telah mengenal beragam TIK baik yang bersifat luring maupun daring yang dapat memakainya untuk pembelajaran. Karakteristik berbagai TIK tersebut juga telah Sahabat pelajari, baik kelebihan maupun keterbatasannya.

Selanjutnya, bagaimana apabila Sahabat ingin memanfaatkan TIK di kelas? Yang artinya ada perbedaan kondisi lingkungan belajar, karakteristik peserta didik, dan sebagainya.

Untuk menggunakan TIK secara optimal dalam pembelajaran sehingga memperoleh hasil dan dampak sesuai dengan yang Sahabat rencanakan, tentu memerlukan kemampuan yang lebih.

Pada level pemanfaatan (implementasi), tidak hanya kemampuan internal guru sebagai pengguna TIK yang berpengaruh, melainkan ada pula faktor-faktor eksternal yang perlu kamu pertimbangan.

Contohnya kebijakan dan regulasi TIK yang berlaku, kondisi lingkungan sosial dan fisik, karakteristik peserta didik, dan sebagainya.

Pengertian TIK

Definisi TIK adalah: Beragam perangkat dan sumber daya teknologi yang berguna untuk mengirimkan, menyimpan, membuat, berbagi, atau bertukar informasi dan meningkatkan komunikasi. Alat dan sumber daya teknologi ini termasuk komputer, Internet (situs web, blog, dan email), teknologi penyiaran langsung (radio, televisi, dan webcasting), teknologi penyiaran yang direkam (podcasting, pemutar audio dan video, dan perangkat penyimpanan) dan telepon (tetap atau seluler, satelit, visio / konferensi video, dll.) (UNESCO, uis.unesco.org).

rpp_inspiratif_sd_diskon

Jadi, pembelajaran TIK tidak hanya berupa komputer dan internet ya…

Penggunaan TIK oleh guru meliputi:

  1. Penggunaan TIK secara profesional
  2. Peran TIK dalam integrasi sosial dengan peserta didik
  3. TIK sebagai penerapan teknologi pembelajaran
  4. Penggunaan TIK dalam manajemen dan pengembangan sekolah
  5. Penggunaan TIK yang efektif melalui analisis pribadi, organisasi, dan kelembagaan

Menurut Anderson (2010) ada empat tahapan dalam mengadopsi dan menggunakan TIK yang diawali dengan literasi teknologi, yaitu: 

Tahapan Pembelajaran TIK

Penerapan TIK untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran dalam berbagai teori pembelajaran: behavioristik, kognitivistik, dan konstruktivisme. Simak penjelasannya melalui tabel berikut: 

Perspektif teori pembelajaranPembelajaran dengan integrasi TIKJenis TIK pendukung
BehavioristikTIK digunakan untuk menyesuaikan diri dengan lebih baik dengan karakteristik individu pelajarAplikasi drill-and-practice serta tutorial sederhana, agar peserta didik menguasai pengetahuan dan keterampilan (rutin) dengan kecepatannya sendiri
KognitivistikTIK membantu belajar tentang konsep dan keterampilan yang kompleksAplikasi tutorial kompleks untuk belajar penalaran dan terpadu
KonstruktivistikPembelajaran harus partisipatif aktif dan kolaboratif, maka penggunaan TIK selaras dengan kompetensi masyarakat pengetahuanAplikasi pengolah kata dan angka, situs web, multimedia, forum diskusi, blog

Apa itu Pendekatan TPACK?

Seiring dengan berjalannya waktu, pendekatan pemanfaatan TIK juga mengalami perkembangan. Ruang lingkup pendekatan pemanfaatan TIK menjadi lebih personal yakni pada diri guru dan berkaitan dengan kompetensinya. Pendekatan guru dalam memanfaatkan TIK untuk pembelajaran yang dibahas dalam modul ini adalah model TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge). 

Siklus Pendekatan TPACK

TPACK juga merupakan pendekatan pembelajaran yang sangat relevan di masa pembelajaran daring saat ini. Hal ini, karena pendekatan TPACK memadukan aspek pengetahuan (Knowledge/K), cara membelajarkan (Pedagogy/P), penguasaan materi pembelajaran sesuai bidang (Content/C) dengan TIK (Technology/T).

Pendekatan TPACK merupakan pendekatan yang dikembangkan dari pendekatan Pedagogy Content Knowledge (PCK) yang pertama kali dikenalkan oleh Shulman pada tahun 1986.

Namun, pendekatan PCK tidak sekedar irisan atau gabungan pengetahuan tentang pedagogi dan penguasaan materi namun diperkuat oleh pengalaman-pengalaman guru. Pada dasarnya, konsep pendekatan pembelajaran TPACK melibatkan 7 domain pengetahuan.

rpp_inspiratif_sd_diskon

Related posts

Tinggalkan Balasan

Required fields are marked *